Kelarutan Garam dan Contoh Soal | Kimia Kelas XI - Latiseducation

Kelarutan Garam dan Contoh Soal | Kimia Kelas XI

Konsep Pelajaran 1K views

Kelarutan Garam dan Contoh Soal | Kimia Kelas XI

Kelarutan Garam dan Contoh Soal | Kimia Kelas XI

Pergeseran Kesetimbangan

Suatu sistem dalam keadaan setinbang cenderung mempertahankan kesetimbangannya, sehingga bila ada pengaruh dari luar maka sistem tersebut akan berubah sedemikian rupa agar segera diperoleh keadaan kesetimbangan lagi. Dalam hal ini dikenal dengan azas Le Chatelier yaitu, jika dalam suatu sistem kesetimbangan diberikan aksi, maka sistem akan berubah sedemikian rupa sehingga pengaruh aksi itu sekecil mungkin. Beberapa aksi yang dapat menimbulkan perubahan pada sistem kesetimbangan antara lain, 

1. Perubahan Konsentrasi 

JIka dalam suatu sistem kesetimbangan konsentrasi salah satu komponen dalam sistem ditambah maka kesetimbangan akan bergeser dari arah penambahan itu, dan jika salah satu komponen dikurangi maka kesetimbangan akan bergeser ke arah pengurangan itu. 

2. Perubahan Volume/Tekanan

Antara volume dan tekanan berbanding terbalik,jika volume diperbesar maka tekanan diperkecil begitu juga sebaliknya. Jika dalam suatu sistem kesetimbangan volume diperbesar/tekanan diperkecil maka kesetimbangan akan bergeser ke arah koefisien zat yang lebih besar dan jika volumenya diperkecil/tekanan diperbesar maka kesetimbangan akan bergeser ke arah koefisien yang lebih kecil. 

3. Perubahan Suhu 

Menurut Azas Le Chatelier , jika sistem dalam sistem kesetimbangan terjadi kenaikan suhu, maka akan terjadi pergeseran kesetimbangan ke arah reaksi yang menyerap kalor (ΔH positif/endoterm) dan sebaliknya jika dalam sistem penurunan suhu maka akan terjadi pergeseran kesetimbangan ke arah reaksi yang melepaskan kalor ( ∆H negative/eksoterm) 

Contoh Soal

  1. Reaksi kesetimbangan 2NO(g) + O2(g) ⇌ 2NO2(g) ∆H = –27 kJ Jika volume diperbesar, kesetimbangan akan bergeser ke ….
    A. kanan, gas NO2 berkurang
    B. kanan, gas NO2 bertambah
    C. kanan, gas NO bertambah
    D. kiri, gas NO bertambah
    E. kiri, gas NO berkurang

Jawab: D, kiri, gas NO bertambah
Karena yang diubah adalah faktor volume diperbesar maka sistem kesetimbangan reaksi soal ini akan bergeser ke sisi di mana jumlah molekulnya lebih besar (dalam hal ini ke sisi pereaksi ~ kiri) dan gas NO menjadi bertambah.

  1. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan suatu reaksi reversibel, kecuali………..
    A. Suhu
    B. Volume
    C. Tekanan
    D. Konsentrasi
    E. Katalisator 

Jawab: E. katalisator
Faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan yaitu suhu, konsentrasi, tekanan, dan volume

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran kimia kelas sebelas tentang kelarutan garam. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

Sumber: Repositori Kemdikbud



Beri Komentar

wa