Sumber Energi: Pengertian dan Contoh Soal | Fisika Kelas XII - Latiseducation

Sumber Energi: Pengertian dan Contoh Soal | Fisika Kelas XII

Konsep Pelajaran 9.7K views

Sumber Energi: Pengertian dan Contoh Soal | Fisika Kelas XII

Halo sahabat Latis, tahukah kamu tentang sumber energi, pengertian dan aplikasinya? Yuk, hari ini kita pelajari materi fisika tentang sumber energi!

Pengertian Energi

Energi dibutuhkan diantaranya untuk menggerakkan mobil, untuk memanaskan dan mendinginkan ruangan, dan menjalankan komputer. Matahari merupakan sumber energi; energi matahari diperlukan antara lain untuk pertumbuhan tanaman dan proses siklus air. Energi yang terdapat dalam makanan menghasilkan energi bagi manusia, baik berjalan, olah raga, bernyanyi, bekerja, belajar, berpikir, saat melamun, bahkan saat tidur pun memerlukan energi.

Berdasarkan contoh di atas terlihat bahwa energi dan kerja merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Artinya, jika pada suatu benda diberikan energi sehingga benda bergeser, dikatakan pada benda tersebut terjadi kerja atau usaha. Sebagai gambaran untuk memahami lebih jauh pengertian energi dan bagaimana kaitannya dengan kerja atau usaha, dapat kita rasakan pada saat melaksanakan puasa. Pada saat berpuasa badan terasa lemas kurang bertenaga, sedangkan jika tidak berpuasa badan terasa segar. 

Energi dan Usaha

Energi yang digunakan manusia, hewan, dan tumbuhan berasal dari berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Mesin-mesin dan alat elektronik dapat beroperasi jika ada energi yang menggerakkannya. Energi yang digunakan mesin mobil berasal dari bahan bakar berupa bensin, solar, atau dapat juga berupa bahan bakar bentuk lainnya; sedangkan alat elektronik dapat beroperasi jika ada sumber energi listrik.

Energi yang dimiliki mesin digunakan untuk melakukan usaha, misalkan mesin mobil digunakan untuk menggerakkan roda sehingga mobil dapat bergerak. Mobil dapat bergerak karena adanya perubahan energi, yaitu dari energi kimia yang berasal dari bahan bakar berubah menjadi energi gerak yang dihasilkan oleh mesin. 

Energi dan usaha dalam IPA adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Sedangkan usaha didefinisikan dengan gaya kali jarak perpindahan yang dikenai gaya.

Rumus Usaha

Besarnya kerja atau usaha yang bekerja pada benda dapat ditentukan dengan persamaan :

W = F x s

dimana: 

W = kerja atau usaha (joule) 

F = gaya (newton) 

S = jarak perpindahan (meter)

Selanjutnya, untuk menentukan kerja atau usaha pada benda dapat kita gunakan persamaan:

W = F cosθ x s

Dimana : 

W = kerja atau usaha (joule) 

F cos  = gaya efektif (newton) 

S = jarak perpindahan (meter) 

Satuan internasional untuk energi adalah joule. Satuan joule merupakan satuan yang diturunkan dari satuan gaya dan satuan jarak dalam sistem MKS, yaitu newton dan meter.

Bentuk-Bentuk Energi

Energi dan Usaha, bentuk-bentuk energi

Energi yang dimiliki oleh suatu benda bisa bermacam-macam bentuk, diantaranya energi kinetik, energi potensial, energi mekanik, energi panas, energi listrik, energi kimia, dan energi nuklir. 

Energi Kinetik

Energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak disebut energi kinetik. Besar kecilnya energi kinetik suatu benda bergantung kepada massa dan kelajuan benda tersebut. Secara matematis energi kinetik dirumuskan sebagai Ek = ½ mv^2

Energi Potensial

Energi potensial merupakan energi yang dimiliki oleh benda karena kedudukannya atau kondisinya. Energi potensial memiliki beberapa bentuk diantaranya: energi potensial gravitasi, energi potensial pegas, energi potensial listrik, dan lain-lain. Energi potensial memiliki rumus Ep = m g h

Energi Mekanik

Sebuah benda yang sedang jatuh bebas sekaligus memiliki dua buah energi, yaitu energi kinetik dan energi potensial gravitasi. Penjumlahan kedua energi tersebut dinamakan energi mekanik. Besarnya energi mekanik yang dimiliki oleh suatu benda pada setiap perubahan posisi selalu tetap. Pernyataan ini dikenal sebagai hukum kekekalan energi mekanik. Artinya jika pada suatu posisi energi potensial yang dimiliki benda maksimal, maka pada posisi tersebut energi kinetiknya minimal.

Energi Thermal

Energi termal didefinisikan sebagai jumlah energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki oleh atom-atom dan molekul-molekul yang membentuk zat. Menurut teori kinetik-molekul, benda panas memiliki energi yang lebih besar dibandingkan dengan benda yang dingin. Energi yang berpindah dari benda satu ke benda lainnya karena perbedaan suhu disebut kalor (heat). Kalor adalah salah satu bentuk energi seperti halnya energi kinetik atau energi potensial, maka satuan kalor sama dengan satuan energi, yaitu joule (disingkat J). Satuan lebih besar yang sering digunakan adalah kilojoule (disingkat kJ).

Energi Listrik

Dibagi menjadi Energi potensial listrik dan Energi Listrik dalam rangkaian.

Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang tersimpan secara kimiawi. Makanan yang kita makan menghasilkan energi kimia yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan adanya energi kimia ini kita bisa beraktivitas. Minyak bumi mengandung energi kimia yang sangat bermanfaat untuk bahan baka

Energi Nuklir

Energi yang dihasilkan dari perubahan massa nuklir disebut energi nuklir. Reaksi fisi dan reaksi fusi adalah dua jenis reaksi nuklir yang menghasilkan energi nuklir yang sangat besar

Sumber Energi

Terbagi menjadi:

  • Sumber energi tidak terbaharui: minyak bumi, gas alam, batubara, dan nuklir
  • Energi alternatif atau terbaharui: matahari, angin, panas bumi, biomasa, air

Contoh Soal

  1. Dalam tenaga nuklir, atom uranium…. 

A. dicampur dan menghasilkan energi panas
B. dibelah dan menghasilkan energi panas
C. dibakar dan menghasilkan energi panas
D. dibelah dan menghasilkan elektron

Jawab: B

  1. Bensin dihasilkan dengan cara menyuling bahan bakar fosil, yaitu…. 

A. gas alam
B. batu bara
C. minyak bumi
D. panas bumi

Jawab: C

Baca juga: Blog Supercamp Alumni UI

Gimana sobat, udah mulai paham kan dengan materi ini? Supaya kamu makin paham dengan materi lainnya, bisa jawab PR dan tugas di sekolah dengan mudah dan prestasimu meningkat tajam, kamu bisa coba ikutan les privat Latiseducation lho.. gurunya bagus-bagus dan biayanya hemat. Bisa online dan tatap muka juga

Nah, itulah pembahasan materi kali ini. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

les privat

Sumber: Repositori Kemdikbud



Komentar

J
Juliati
06 Mar 2023

" Mantap, tambah lagi soalnya kaka "

Beri Komentar

wa