Mengenal Unsur Instrinsik Buku Fiksi yang Harus Dipahami - Latiseducation

Mengenal Unsur Instrinsik Buku Fiksi yang Harus Dipahami

News 20292

Pernahkah Anda membaca sebuah buku novel atau cerita pendek yang ada di majalah? Yap, keduanya merupakan contoh dari cerita dan buku fiksi.

Pernahkah Anda membaca sebuah buku novel atau cerita pendek yang ada di majalah? Yap, keduanya merupakan contoh dari cerita dan buku fiksi. Tentu saja ada lebih banyak lagi contoh-contoh yang bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari. Hanya saja, sering kali tidak menyadarinya dan mengacuhkannya. Padahal ini menjadi pelajaran paling dasar yang didapatkan saat sekolah.

Secara singkat, buku dan cerita fiksi diperkenalkan kepada anak-anak Sekolah Dasar. Kata fiksi sendiri memiliki pengertian yaitu sesuatu yang dibentuk. Kata tersebut berasal dari bahasa latin fictum dan artinya adalah membuat, menciptakan, membentuk, dan mengadakan. Sampai sejauh ini mungkin sudah mulai sedikit terbayang bagaimana contohnya, tetapi yuk mengenalnya lebih dekat.

Baca juga : Cerita Fabel│Bahasa Indonesia Kelas 7

Mengenal Jenis-Jenis Buku Fiksi

buku fiksi

Sumber gambar : Freepik - Books

Buku merupakan kumpulan dari beberapa lembar kerta yang memiliki arti dalam setiap tulisannya. Oleh karena itu, jika berbicara mengenai jenis-jenis dari buku fiksi, maka akan berbicara tentang cerita fiksi yang dikumpulkan. Apa sajakah contoh-contohnya? Di bawah ini adalah sebagian dari penjelasan yang bisa dipahami.

1.      Fiksi Historis

Tipe yang pertama ini akan lebih dipercaya kondisinya, karena telah berdasarkan pada fakta sejarah. Dilihat dari penulisannya, maka cerita akan dibuat berkaitan dengan fakta-fakta yang dikumpulkan melalui berbagai penelitian dan sumber, serta ditambahkan dengan ruang gerak untuk cerita fiksinya. Adapun contohnya adalah novel dari ‘Surapati dan Robert Anak Surapati’ yang diciptakan oleh Abdoel Moeis.

2.      Fiksi Biografis

Seperti halnya cerita fiksi historis, jenis yang satu ini akan berdasarkan pada fakta biografis. Untuk melihat contohnya bisa dari salah satu karya Cindy Adam yang berjudul ‘Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat’.

3.      Fiksi Sains

Meski dibuat untuk menciptakan sesuatu yang baru, tetapi fiksi sains akan berlandaskan pada fakta dari ilmu pengetahuan. Contoh penulisan dari cerita fiksi adalah novel yang dibuat oleh George Orwell dengan judul ‘1984’.

4.      Cerita Pendek (Cerpen)

Jenis yang satu ini tentu sudah banyak ditemukan di buku-buku majalah, koran, bahkan waktu sekolah juga disuruh untuk membuat satu cerita pendek untuk masing-masing anak. Cerpen atau cerita pendek merupakan bentuk dari prosa pendek dan dianggap paling mudah untuk dibuat.

Lihat juga Bimbel Karantina

5.      Novelet

Kadang kala, membuat sebuah cerita pendek rasanya tidak cukup untuk menghidupkan suasana pembacanya. Oleh karena itu, banyak yang mulai menciptakan sebuah karya lebih panjang dari cerpen dan lebih pendek dari novel dan ini disebut sebagai novelet.

6.      Novel Remaja/Roman

Novel merupakan sebuah bentuk prosa yang menyajikan permasalahan secara kompleks dengan adanya unsur-unsur secara luas dan detail. Sementara itu, secara khusus dibuat juga novel untuk remaja yang tujuannya adalah penyajian masalah anak remaja.

7.      Dongeng, Fabel, dan Hikayat

Jangan khawatir, tidak semua cerita atau buku fiksi yang dibuat dengan cukup berat. Bagi anak-anak bisa membaca jenisnya seperti dongeng dan fabel. Dimana dongeng merupakan sebuah cerita yang secara penuh menjadi hasil imajinasi atau khayalan dari para penulis. Sementara itu, fabel dibuat lebih khusus lagi untuk menceritakan binatang dengan perilaku seperti manusia. Contohnya adalah Si Kancil dan Buaya.

Unsur Instrinsik dalam Buku Fiksi

Buku Fiksi

Sumber gambar : Freepik - Books

Dari setiap jenis buku atau cerita fiksi tersebut bisa dipastikan memiliki beberapa unsur instrinsik untuk menciptakan karya lebih baik. Setidaknya ada tujuh unsur yang biasa terkandung di dalam karya fiksi tersebut, yaitu.

Unsur Tema dalam Buku Fiksi

Unsur pertama yang paling penting yaitu tema dan menjadi pokok dari permasalahan dalam suatu cerita. Misalnya untuk sebuah karya novel ada tema romansa, perjuangan, dan lain sebagainya yang sudah dibuat oleh pengarang.

Baca juga : Contoh Judul Buku Fiksi Indonesia Terbaik untuk Dibaca

Unsur Tokoh dan Karakter

Dalam buku fiksi, tidak mungkin tidak diciptakan sebuah tokoh yang memiliki karakter khusus untuk membedakan dengan tokoh lainnya. Penokohan atau tokoh merupakan pemberian watak atau karakter untuk masing-masing pelaku dalam sebuah cerita.

Unsur Alur Cerita yang Digunakan dalam Buku

Setiap jenis karya fiksi, bisa dipastikan memiliki alur yang berfungsi sebagai rangkaian-rangkaian kejadian jalannya sebuah cerita. Ada dua pembagian alur yaitu alur maju dan alur mundur, tetapi sebagian lagi kini mulai menggunakan alur maju mundur.

Unsur Gaya Bahasa yang Dipakai

Unsur selanjutnyajuga tidak kalah penting didalam sebuah buku fiksi, dengan penggambaran dan penghidupan dari cerita yang bisa membuatnya menjadi lebih indah. Gaya bahasa ini bisa membuat pembaca merasa lebih mudah terjun langsung ke ceritanya dan terbawa suasana.

Unsur Latar Dari Penggambaran Kejadian

Penggambaran latar juga jadi bagian penting unsur instrinsik setiap karya fiksi. Latar merupakan sebuah penggambaran ketika sebuah kejadian dalam suatu cerita terjadi. Umumnya, latar bisa mencakup waktu, tempat dan suasana. Bisa dipastikan bahwa latar dalam sebuah karya tidak cukup 1 tempat, waktu, dan suasana, karena tidak diceritakan pada satu latar saja.

Unsur Sudut Pandang Pengarang

Dalam sebuah buku fiksi, jika ada penempatan diri dari sisi pengarang, maka bisa disebut sebagai unsur dari sudut pandang. Pengertian lain dari sudut pandang pengarang juga cara untuk melihat kejadian atau peristiwa dalam sebuah cerita yang akan dijelaskan untuk para pembaca.

Unsur Amanat Dalam Buku Fiksi

Terakhir sebagai penutup, unsur dari sebuah buku fiksi adalah amanat yang akan disampaikan oleh penulis kepada seluruh pembaca. Artinya pesan tersebut terkandung dalam sebuah karya fiksi seperti novel, cerpen, dan lainnya. Tentu saja amanat ini yang bisa menciptakan kesan lama bagi seorang pembaca dan membuat karya tersebut semakin populer.

Tugas dasar sekolah umumnya akan diminta untuk menjelaskan masing-masing unsur instrinsik dalam sebuah karya. Tetapi, karya yang ditawarkan untuk dibedah adalah karya ringan seperti cerpen. Ini agar setiap anak lebih mendapatkan poin-poin penting dan tidak hanya membaca sekilas saja. Bisa juga untuk menciptakan sebuah karya fiksi akan dimulai dari menentukan unsur-unsurnya dan kemudian dikembangkan.

Lihat juga Les Privat SBMPTN

Bagaimana dengan penjelasan untuk lebih mengenal seluruh bagian dari unsur-unsur instrinsik? Disamping itu, ada juga unsur enstrinsik yang akan melengkapi seluruh karya buku fiksi. Untuk lebih jelas lagi, yuk bergabung bersama tim Latis Education yang bisa dibaca secara lengkap programnya di www.latiseducation.com dan nomor 085810779967.

Refrensi : 

detik.com/edu/detikpedia/d-5842119/mengenal-novel-jenis-unsur-unsur-dan-cirinya

gramedia.com/best-seller/cerita-fiksi/

Les Privat, Guru Les Privat, Guru Privat



Beri Komentar

wa