Wajib Tahu Pengunaan Struktur Teks Eksplanasi dalam Contohnya! - Latiseducation

Wajib Tahu Pengunaan Struktur Teks Eksplanasi dalam Contohnya!

Konsep Pelajaran 84K views

Contoh teks fenomena alam menggunakan struktur teks eksplanasi yang akhirnya dikembangkan menjadi sebuah informasi bagi banyak orang.

Saat membaca sebuah teks dari proses terjadinya fenomena alam, apa yang ada di benak Anda? Jika dilihat lebih lanjut, ini bisa menjadi salah satu contoh dari beragam jenis teks yang ada pada Bahasa Indonesia. Contoh teks tersebut menggunakan struktur teks eksplanasi yang akhirnya dikembangkan menjadi sebuah informasi bagi banyak orang.

Untuk menceritakan atau menjelaskan sebuah peristiwa yang terjadi baik itu sosial, budaya, hingga fenomena alam, dibutuhkan deretan-deretan fakta. Ini semua akan dirangkai menjadi sebuah kronologis secara berurutan dan tentu saja memiliki hubungan sebab-akibat. Contoh dari penggunaan teks ini sangat mudah dan banyak ditemukan, tapi sebelumnya memahami lebih lanjut menjadi ilmu dasar penting.

Baca juga : Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas X

Memahami Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi

Sumber gambar : Freepik - Study

Kurang lebihnya penjelasan dari teks eksplanasi sama seperti diatas. Secara lebih dalam, maka teks ini akan berisi pemaparan informasi dari sebuah fenomena yang disebut kausalitas atau peristiwa sebab-akibat. Ini masuk dalam pelajaran Bahasa Indonesia di bangku sekolah bahkan sampai perkuliahan. Sehingga tidak lagi asing, jika satu materi ini akan masuk dalam ujian sekolah atau seleksi masuk perkuliahan.

Bayangkan jika Anda tidak memahaminya dengan lebih jelas, maka soal yang seharusnya jadi mudah ini mengurangi nilai ujian. Menurut salah satu penulis bernama Ida Widaningsih, adapun pengertian dari jenis teks ini dibagi atas tiga bagian yaitu pernyataan umum, sebab-akibat, dan terakhir yaitu interpretasi.

Sehingga ini juga bisa disebut sebagai struktur yang di hampir semua teks bacaan eksplanasi mengandung ketiga unsur utama tersebut. Sebuah kejadian yang ada di dunia nyata tidak mungkin dibuat-buat sembarangan hanya untuk menarik perhatian pembaca. Lebih dari itu, ini akan menjadi informasi penting yang tidak boleh dilewatkan.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi

Sumber gambar : Freepik - Study

Ada banyak sekali jenis teks yang menjelaskan sebuah fenomena alam, tetapi belum tentu bisa dikategorikan dari teks ini. Ada tiga kategori yang masing-masingnya akan dijelaskan dibawah ini.

Lihat juga Bimbel Intensif SBMPTN 2022

Identifikasi Fenomena dalan Pernyataan Umum

Bagian pertama menjadi bagian yang akan menjelaskan mengenai gambaran umum dari sebuah fenomena atau lebih akrab dikenal peristiwa alam. Penyebab proses tersebut bisa terjadi adalah karakter utamanya. Selain itu, disini juga akan muncul pernyataan-pernyataan yang bersifat umum.

Rangkaian Kejadian sebagai Deretan Penjelas

Jika sudah mengetahui secara umum proses dari fenomena tersebut, selanjut akan lebih luas lagi membahas penyebab dan akibat yang dapat ditimbulkan. Melalui struktur ini akan dilakukan pendeskripsian dalam beberapa paragraph terkait dari sebab dan akibatnya. Dari bagian ini juga bisa disebut sebagai deretan penjelas teks eksplanasi. Pastikan untuk menceritakan secara berurutan sesuai dengan sebab dan akibatnya.

Interpretasi dan Penarikan Kesimpulan

Sebagaimana pada kebanyakan jenis teks yang memiliki penutup, eksplanasi juga memiliki kesamaan pada hal tersebut. Tetapi pada bagian ini akan disebut sebagai interpretasi atau penarikan kesimpulan. Tentu saja kebanyakan kalimat merupakan tanggapan atau pernyataan yang berhubungan dengan pembahasan fenomena alam tersebut. Tetapi ini tidak bersifat wajib alias opsional, karena boleh ada atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi

Sumber gambar : Freepik - Study

Pembelajaran Bahasa Indonesia memang seringkali terkesan mudah, tetapi jika ditelusuri ada banyak hal yang harus didalami. Kaidahnya secara khusus akan berbeda dengan jenis lainnya. Selain ciri khusus dan penjelasan struktur, kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi juga harus diperjelas. Kami ungkap hal ini agar bisa membuat teks atau menjawab soal terkait dengan lebih mudah.

  • Penggunaan kalimat pasif akan dibuktikan dengan kata kerja yang memiliki awalan di- atau ter-.
  • Bersifat informatif adalah hal paling penting, karena bertujuan untuk memberikan informasi kepada setiap pembaca.
  • Penggunaan konjungsi kasuan dan temporal yang berarti kata hubungnya menyatakan hubungan antara sebab-akibat alias kasualitas. Selain itu kata hubung akan menunjukkan urutan waktunya (temporal).
  • Penggunaan kata kerja material dan rasional, dimana kata kerja akan menyatakan tindakan yang melibatkan kelima panca indra alias material.
  • Terakhir adalah penggunaan istilah ilmiah di dalam teks dengan adanya topik bahasan dalam yang hanya terdapat dalam beberapa bidang ilmu tertentu saja.

Penggunaan Struktur dalam Contoh Teks Eksplanasi

Sekarang saatnya untuk langsung melihat setiap posisi struktur teks eksplanasi dalam masing-masing contohnya. Karena semua itu akan lebih memperjelas kebingungan yang selama ini dipertanyakan. Dari setiap contoh akan berbeda sebab-akibat dan kesimpulan yang disebutkan nantinya.

Baca juga : Contoh Teks Eksplanasi dalam Bahasa Indonesia yang Banyak Ditemukan!

Contoh Tentang Air Laut

  • Pernyataan Umum

Laut merupakan kumpulan dari air yang menjadi penghubung suatu benua dengan benua lainnya, suatu pulau dengan pulau lainnya. Secara lebih lengkap, laut adalah kumpulan air yang sangat luas dan banyak di permukaan bumi. Pertanyaannya, mengapa air laut memiliki rasa asin?

  • Eksplanasi

Penyebab air laut menjadi asin yaitu kandungan kadar garam didalamnya sangat tinggi. Rata-rata kadar yang terkandung adalah 3,5%, dimana dari nilai ini dapat diartikan bahwa dari 2,5 liter (2.500 ml) air laut akan mengandung 60 gram garam. Perlu diketahui bahwa, rasa asin dari air laut ini berasal dari daratan yang terjadi saat hujan turun di daratan dan air meresap ke dalam tanah.

Air tersebut sedikit demi sedikit akan keluar kembali melalui sungai-sungai hingga bisa sampai ke laut. Dari perjalanan menuju laut, air tadi juga membawa garam-garam mineral, itu sebabnya air laut terasa lebih asin. Pada batuan dan tanah terkandung garam mineral dan akhirnya laut dipenuhi garam mineral dari seluruh penjuru dunia.

Dari ukuran permukaan laut yang luas bisa menyebabkan penguapan air ikut besar. Ketika terjadi penguapan ini, maka hanya air saja yang menguap, garam-garam mineral tetap tinggal di laut. Sumber garam mineral lainnya juga didapatkan saat ombak laut memukul bebatuan di pantai.

  • Interpretasi

Jadi adanya setiap proses dari air mengalir sampai ke laut, penguapan air laut, sampai pada aktivitas ombak yang memecah karang membuat rasa air laut semakin asin.

Lihat juga Bimbingan Alumni UI 

Dari satu contoh saja sudah bisa dilihat bagian-bagian strukturnya. Bukan berarti ini bisa dengan sembarangan diletakkan posisinya, karena harus melihat sampai dimana bagian-bagian penjelasannya. Anda bisa mendapatkan lebih banyak contoh struktur teks eksplanasi dari pembelajaran bersama Latis Education. Kami siapkan begitu banyak contoh, agar ketika ujian tiba, ini bukan hal yang sulit lagi untuk dijawab. Yuk cek semua programnya di www.latiseducation.com dan hubungi nomor 085810779967 segera yuk.

Referensi : 

detik.com/edu/detikpedia/d-6328689/5-contoh-teks-eksplanasi-beserta-strukturnya

akupintar.id/info-pintar/-/blogs/teks-eksplanasi-pengertian-struktur-ciri-ciri-dan-contoh

 



Beri Komentar

wa