Contoh Teks Eksplanasi dalam Bahasa Indonesia yang Banyak Ditemukan! - Latiseducation

Contoh Teks Eksplanasi dalam Bahasa Indonesia yang Banyak Ditemukan!

News 45442

Jenis artikel informatif terjadinya sebuah bencana alam ini disebut sebagai teks eksplanasi dan untuk contohnya dengan mudah ditemukan di media massa.

Ada banyak kegiatan atau kejadian yang terjadi di kehidupan manusia selama hidup. Salah satunya yaitu kejadian seperti bencana alam yang kemudian dituliskan dalam sebuah artikel informasi bagi banyak orang. Jenis artikel informatif ini disebut sebagai teks eksplanasi dan untuk contohnya dengan mudah ditemukan di media massa.

Jenis teks ini sendiri paling banyak dimuat dalam media berita dan buku-buku teks, seperti buku Sejarah, Geografi, dan IPA. Untuk lebih jauh mengenalnya, akan lebih baik langsung melihat contoh-contohnya. Tetapi, mari simak terlebih dahulu bagian dari pengertian dan tujuan adanya jenis teks ini dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Teks Cerita Sejarah: Bahasa Indonesia - Modul

Pengertian dan Tujuan Teks Eksplanasi

Teks Eskplanasi

Sumber gambar : Freepik - Text Book

Akibat banyaknya kejadian atau fenomena alam dan sosial yang terjadi di kehidupan manusia, akhirnya memaksa untuk berpikir dan membuat berbagai pertanyaan timbul dalam benak. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dibutuhkan informasi tambahan. Teks yang akan menjawab pertanyaan tersebut merupakan teks eksplanasi.

Pengertian umum dari teks tersebut adalah konten dengan penjelasan dari suatu fenomena, secara alam maupun sosial dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, dari salah satu jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan oleh Bukhori Muslim, disebutkan bahwa pengertiannya yaitu penjelasan dari suatu proses yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, ilmu budaya, dan lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya teks ini bisa menjelaskan bagian sebab dan akibat terjadinya sebuah bencana. Saat ini, peserta didik di Indonesia akan mempelajari jenis teks eksplanasi untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan lebih lagi bagaimana respon dalam menghadapi bencana. Dari pengertian ini, maka bisa disimpulkan bahwa jenis teks ini sangat penting untuk kehidupan manusia.

Pada tujuannya, bisa dilihat ada istilah mengapa dan bagaimana yang harus diperhatikan dan disimak sama-sama. Sehingga para pembaca nantinya bisa lebih memahami proses terjadi suatu peristiwa. Bahkan ini bisa menjadi sebuah pemahaman dalam menemukan solusi saat terjadi suatu fenomena. Yuk kita langsung saja ke contoh-contohnya agar semakin paham lagi!

Lihat juga Bimbel Masuk UI

Contoh Teks Eksplanasi dan Struktur yang Terkandung

Teks Eksplanasi

Sumber gambar : Freepik - Text Book

Teks eksplanasi tidak bisa sembarangan dibuat, ini berbeda dengan cerita fiksi yang sebelumnya telah dibahas. Ada data-data yang pasti dan sudah di telaah sebelumnya oleh para ahlinya. Karena hal tersebut, ketika ingin membantah sebuah tulisan jenis teks ini juga harus memiliki data yang akurat. Ada struktur dan ciri khusus yang terkandung di dalam teksnya, kali ini yuk simak contohnya!

1.      Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial

Saat ini di Indonesia terdapat masalah sosial yang cukup tinggi yaitu kemiskinan. Dimana ada banyak masyarakat yang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari. Kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, pendidikan, dan kesehatan yang menjadi landasan paling penting menjalankan hidup. Salah satu contoh kemiskinan ini terletak pada kebutuhan sandang yang tidak sedikit membangun rumah seadanya atau di atas tanah orang lain.

Ada beberapa penyebab terjadinya kemiskinan yaitu, langkanya alat pemenuh kebutuhan dasar, kesulitan mengakses pendidikan, sampai pada pekerjaan yang sulit didapatkan. Hal ini menjadi faktor kesenjangan sosial dalam suatu negara, contohnya Indonesia. Faktor lain yang menyebabkan kesenjangan sosial seperti sikap konsumtif dan pengeluaran tidak sesuai dengan pemasukan. Kemiskinan juga lebih banyak disebabkan karena kurangnya pendidikan. Sebagian besar masyarakat miskin merasa bahwa pendidikan tidak penting. Ini membuat mereka tidak memiliki kemampuan yang baik dan tepat untuk bisa bersaing di dunia pekerjaan.

Melihat keadaan ini, Pemerintah akhirnya membuat program demi mengurangi bahkan menghilangkan kemiskinan. Salah satu contoh yang telah dilakukan adalah dengan menaikkan upah minimum kerja, serta lapangan pekerjaan sudah diperluas. Tidak sampai disitu, pendidikan secara gratis dan harga terjangkau pada tempat tinggal menjadi bukti keinginan untuk meretas kemiskinan. Tetapi, ini semua harus didukung oleh perilaku masyarakat untuk tidak menghamburkan uang, menabung, mengurangi gengsi, hingga membantu orang-orang disekitarnya.

Jika kerjasama antar Pemerintah dan masyarakat bisa terjalin dengan baik, maka mengatasi kemiskinan bukan sesuatu yang sulit. Tidak hidup berfoya-foya adalah satu langkah tepat untuk menghindari kemiskinan yang menimbulkan kerugian pada diri sendiri.

Baca juga : Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas X

2.      Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

Fenomena alam merupakan kejadian yang dirasa cukup jarang terjadi. Tetapi kini ada fenomena alam yang cukup sering terjadi, yaitu Banjir. Keadaan dimana naiknya air di suatu daerah sehingga menutupi permukaan daerah tersebut disebut dengan banjir. Keadaan ini juga bisa menjadi bagian dari siklus air atau bagian dari air di permukaan yang mengalir ke lautan. Jumlah air di permukaan akan dipengaruhi oleh curah hujan serta penyerapan air ke dalam tanah.

Banjir terjadi secara alami, karena curah hujan lokal lebih tinggi dan penyebaran limpasan dari hulu DAS adalah dua faktornya. Tetapi, saat ini ada banjir yang secara tidak ilmiah disebabkan oleh aktivitas manusia. Dimana proses tersebut terjadi akibat tertahannya air oleh tumbuh-tumbuhan yang kemudian masuk ke permukaan dan mengalir ke tempat lebih rendah. Sehingga air akan menguap dan meninggalkan permukaan.

Proses yang tidak wajar akibat ulah manusia paling sering menyebabkan fenomena alam ini terjadi. Membuang sampah sembarangan, khususnya ke aliran air seperti sungai dan laut akan mencegahnya mengalir dengan lancar. Jika ini terus dilakukan maka akan semakin banyak air yang terapung di TPA dan membutuhkan waktu lama untuk menguap keluar.

Proses banjir disebabkan oleh dua hal, yaitu alami dan campur tangan manusia. Hidup di habitat yang dasarnya menjadi dataran banjir seharusnya membuat manusia lebih peka terhadap lingkungan. Karena kerugian yang akan didapatkan akibat banjir sangat besar dan tidak bisa dihindari. Pernyataan bahwa manusia yang akan mendatangi banjir ini sudah cukup dekat dan melekat.

Lihat juga Bimbel UTBK

Masih ada banyak sekali contoh yang bisa ditemukan dengan mudah. Bahkan jika sudah memahaminya dengan benar, Anda bisa membuat dan menggembangkan teks sendiri. Tidak perlu bingung untuk belajar dan mendalami contoh teks eksplanasi ini. Bimbingan belajar di Latis Education pilihan paling tepat untuk bisa menambah luas ilmunya. Semua program belajar yang disediakan bisa dilihat di www.latiseducation.com atau hubungi nomor 085810779967 untuk atur jadwal sesuka Anda! Tunggu apalagi? Pesan sekarang juga!

Referensi : 

gramedia.com/literasi/teks-eksplanasi/

merdeka.com/jateng/contoh-teks-eksplanasi-dan-fungsinya-perlu-diketahui-kln.html

Les Privat, Guru Les Privat, Guru Privat



Beri Komentar

wa