Ingin Tahu Contoh Berpikir Kritis dan Berbagai Manfaatnya? Simak Artikel Berikut! - Latiseducation

Ingin Tahu Contoh Berpikir Kritis dan Berbagai Manfaatnya? Simak Artikel Berikut!

News 783 views

Apakah kamu tahu contoh berpikir kritis? Saat di sekolah, mungkin gurumu pernah menyuruhmu untuk berpikir kritis dalam materi pelajaran.

Halo sahabat latis!

 

Apakah kamu tahu contoh berpikir kritis? Saat di sekolah, mungkin gurumu pernah menyuruhmu untuk berpikir kritis dalam materi pelajaran. Namun, beberapa dari kamu mungkin tidak menyadarinya. Ingin tahu apa sebenarnya berpikir kritis itu? Atau bagaimana sih caranya memunculkan pikiran yang kritis itu? Simak artike berikut ini ya.

 

Berpikir kritis itu apa sih?

 

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat 

Sumber: freepik

 

Sahabat latis, tahukah kamu apa itu berpikir kritis? Jadi, berpikir kritis merupakan sebuah kemampuan manusia dalam berpikir secara tertata dan rasional. Berpikir kritis memiliki tujuan untuk bisa memahami hubungan antara fakta atau ide. Pemikiran yang kritis adalah hal yang dapat membantu kamu untuk menentukan apa yang kita yakini.

 

Berpikir dengan kritis menjadi bentuk pemikiran yang rasional. Dimana proses dalam berpikir kritis memakai penilaian yang sistematis, rasional dan tentunya dipikirkan secara matang. Nah, sahabat latis tahu tidak siapa tokoh pemikir kritis yang berasal dari amerika? Ya, dia adalah robert ennis yang merupakan seorang filsuf.

Seorang professor bernama michael scriven mengatakan bahwa berpikir kritis adalah proses disiplin secara intelektual untuk bisa membuat konsep, menerapkan, analisis, sintesis hingga mengevaluasi sebuah informasi. Secara sederhana, berpikir kritis merupakan kemampuan seseorang untuk memakai pemikiran yang rasional untuk melihat sebuah masalah dengan objektif. Dengan begitu, hasil yang didapatkan sesuai dengan fakta yang ada.

 

Baca juga: karantina snbt

 

Lalu, apa manfaatnya berpikir kritis?

  Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik

 

Berpikir kritis sering dihubungkan dengan kesuksesan. Berpikir kritis merupakan sebuah keterampilan yang diperlukan oleh siapa pun dalam bidang tertentu. Berpikir secara kritis tentu memiliki banyak manfaat. Simak berbagai manfaat dalam berpikir kritis:

  1. Memandang permasalahan dengan banyak perspektif

Saat menjalani kehidupan sehari-hari, kamu harus bisa memahami berbagai permasalahan yang telah terjadi. Apabila kamu senantiasa berpikir dengan kritis, maka akan lebih mudah dalam menghargai pendapat orang lain yang berbeda denganmu saat menghadapi permasalahan.

 

  1. Dapat diandalkan

Saat seseorang bisa berpikir dengan kritis, maka seseorang itu dapat diandalkan untuk bisa menyelesaikan permasalahan dengan baik.  Selain itu, kamu bisa mengajak orang lain untuk bisa bekerja dengan efisien dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

  1. Mandiri

Seseorang yang berpikiran kritis dianggap memiliki sifat yang lebih mandiri. Dengan sifat mandiri tersebut, maka kamu akan lebih mampu menyelesaikan permasalahan dengan tepat dan cepat.

  1. Mudah menemukan peluang

Kamu adalah pribadi yang memiliki pemikiran kritis? Tentu kamu memiliki kemampuan lebih cepat dalam menemukan ide yang inovatif. Dengan begitu, kamu lebih cepat mencari peluang dan mewujudkannya.

  1. Lebih mudah beradaptasi

Saat zaman makin berkembang, maka perubahan akan lebih cepat terjadi. Teknologi dan pengetahuan yang berkembang pesat menjadikan manusia dituntut untuk mudah beradaptasi. Untuk memiliki kemampuan tersebut, kamu harus bisa berpikir kritis. Sebab, saat berpikir kritis kamu dapat meningkatkan memapuan intelektual, analisis sebuah informasi dan mengintegrasikan banyak sumber pengetahuan dalam menyelesaian masalah.

 

Baca juga: bimbel masuk ui

 

Bagaimana cara berpikir kritis itu?

 Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik

 

  1. Mengidentifikasi sebuah masalah

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk berpikir kritis adalah mengidentifikasi sebuah masalah dengan baik dan tepat. Makin kamu menganalisa dengan baik dan tepat. Maka akan makin mudah pula untuk menemukan solusi yang tepat.

  1. Mengumpulkan data dan argument

Cara berpikir kritis selanjutnya adalah mencari data dari banyak sumber untuk menyampaikan berbagai sudut pandang yang berbeda pula

  1. Menganalisa dan mengevaluasi data

Apabila kamu telah mengumpulkan data dari berbagai sumber. Maka, kamu perlu memastikan bahwa sumber yang dipakai valid atau dapat dipertanggungjawabkan. Tak hanya itu, kamu juga perlu mencari tahu apakah solusi yang telah dipilih memiliki data yang bisa mendukung kevalidan argument atau hanya sekadar opini saja.

  1. Mengidentifikasi data memakai asumsi

Saat mulai mengasumsikan sebuah sumber yang telah dipakai bias atau tidak. Maka, kita bisa berpikir sekali lagi untuk memilih asumsi tersebut atau tidak.

  1. Memilih hal yang signifikan

Sebagai contoh, yang menjadi hal penting adalah solusi yang telah dipilih apakah relevan dengan permasalahan yang dihadapi

  1. Melatih kesadaran emosional

Kamu bisa melatih diri sendiri agar bisa membandingkan dan mengembangkan sampai mengevaluasi sebuah permasalahan dengan cara teotiris. Dengan begitu, kamu dapat memahami dengan baik melalui mendengarkan bukan konteks yang sedang dibicarakan saja. Namun, juga melakukan pendekatan mengenai berbagai kemungkinan yang ada.

  1. Berpikir seimbang

Berpikir kritis dapat dicapai saat kita berpikir jernih dengan menimbang berbagai hal. Tidak berpikiran buruk yang bisa membuat hilang focus. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan juga karena akan memicu rasa ragu yang berlebihan. Hal itu justru akan membawamu berpikiran bias karena dibawah tekanan perasaan takut.

 

Baca juga: bimbel intensif snbt 2023

 

Rekomendasi buku untuk menumbuhkan pemikiran kritis

 

 Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik

 

  1. Berpikir kritis: kecakapan di era digital karya kasdin sihotang

Buku ini ditulis oleh pengajar di salah satu universitas katolik atma jaya. Buku tersebut berisi tentang esensi dari berpikir kritis. Selain itu, buku ini juga berisi cara mengembangkan pola berpikir kritis di era digital saat ini. Ada pula hal-hal yang penting untuk diupayakan agar bisa menumbuhkan pemikiran yang kritis. Terakhir, ada juga tips dan trik untuk mengatur pola piker yang kritis saat membaca dan menuangkan ide-ide agar bisa dipahami banyak orang.

 

  1. Berpikir kritis: kaidah penerang untuk hidup benar dan selamat karya dr. Saifur rohman

Buku tersebut berisi makna dan cara berpikir kritis. Hal tersebut tentu akan membantu pembaca dalam menemukan berbagai hal yang salah atau benar. Tapi, buku ini juga menganalisis lebih dalam tentang hal-hal yang sering dianggap benar.

Setelah membaca buku ini, sebelum menerima sebuah informasi kamu akan berpikir lebih cermat. Pembahasannya yang memakai bahasa popular sehingga mudah dipahami berbagai kalangan.

  1. Catatan seorang demonstran karya soe hok gie

Buku yang satu ini sangat terkenal di kalangan mahasiswa. Buku yang berasal dari pemikiran kritis mahasiswa aktivis bernama soe hok gie. Penulis akrab disapai gie ini menulis banyak kritik keras melalui media koran. Buku ini menjelaskan pemikiran kritis dari kaca mata seorang mahasiswa.

Melalui bukunya, gie mencoba menggugah keberanian mahasiswa untuk menghadapi sebuah masalah. Gie tentu ingin para pembacanya untuk bia berpikir matang untuk menyuarakan aspirasinya.

 

Baca juga: les intensif snbt

 

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di latis education

 

Referensi :

 

  1. Latisprivat.com

 

  1. Generali.co.id

 

  1. Tutorindonesia.co.id

 



Beri Komentar

wa