Mahasiswa Baru Wajib Tahu Cara Belajar Mahasiswa UI yang efektif Berikut Ini! - Latiseducation

Mahasiswa Baru Wajib Tahu Cara Belajar Mahasiswa UI yang efektif Berikut Ini!

News 344 views

Beberapa sahabat latis tentu sering bingung menentukan cara belajar mahasiswa ui yang efektif. Untuk bisa menemukan cara belajar yang tepat

Halo sahabat latis!

Beberapa sahabat latis tentu sering bingung menentukan cara belajar mahasiswa ui yang efektif. Untuk bisa menemukan cara belajar yang tepat, tentu harus melewati proses yang tidak sebentar. Kamu harus menemukan pola yang tepat untuk memakai gaya belajar yang sesuai kebutuhanmu.

baca juga : les privat snbt

Kendala dalam memilih cara belajar mahasiswa

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

Saat awal menjadi mahasiswa baru, sahabat latis tentu menemukan beberapa kendala dalam menentukan cara belajar mahasiswa. Beberapa faktor penyebabnya yaitu:

  1. Manajemen waktu

Kendala pertama yang dihadapi oleh mahasiswa baru adalah manajemen waktu. Mahasiswa baru kebanyakan belum bisa menentukan prioritas, mengkategorikan kemampuan diri dan berpikir untuk jangka yang panjang. Maka dari itu, penting untuk merubah kebiasaan dengan membuat manajemen waktu belajar. Kurangi melakukan kegiatan yang tidak terlalu penting.

  1. Mencari kompetensi diri

Kendala belajar mahasiswa juga didasarkan pada faktor kurangnya pengetahuan tentang keterampilan yang dimiliki. Kamu harus mulai menentukan prioritas dan hobi yang ingin kamu kembangkan. Cobalah untuk mengikuti organisasi kampus untuk mendapatkan soft skill di luar jam perkuliahan.

  1. Konflik batin

Sebagai mahasiswa baru kerap kali menemukan kendala seperti hubungan dengan dosennya. Sebelum nanti berhadapan dengan atasan saat bekerja, kamu harus belajar mengatasi hubunganmu dengan dosen jika terjadi kendala. Semangat belajar mahasiswa sering kali bermasalah jika mempunyai dosen yang terkenal killer. Kamu harus mengupgrade kapasitas dirimu dengan belajar menyampaikan komunikasi secara formal dan baik.

  1. Perubahan jadwal kuliah

Perubahan jadwal kuliah yang terjadi secara mendadak sering juga menjadi penyebab mahasiswa malas belajar. Misalnya saja dosen menyampaikan akan ujian di minggu pertama, tapi karena ada kendala dan tidak bisa hadir dosen harus mengundur ujiannya. Tentu beberapa mahasiswa ada yang merasa kecewa karena sudah belajar semalaman namun tidak jadi ujian.

  1. Adaptasi lingkungan

Bagi beberapa individu yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan baru tentu akan menjadi kendala besar. Kamu merasa tidak bisa bergaul dengan lingkungan di sekitar, sehingga membuatmu malas untuk masuk kuliah. Tentu hal ini menjadi permasalahan besar jika tidak segera diatasi. Sebab, saat telah menjadi mahasiswa maka tanggungjawab ada di tanganmu karena sudah dikatakan sebagai manusia dewasa.

baca juga : bimbel snbt

Cara belajar mahasiswa yang efektif

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. Cara belajar mahasiswa dengan sistem berkala

Cara belajar yang dianggap cukup efektif bagi mahasiswa adalah dengan cara berulang kali. Kamu bisa memakai langkah ini demi mengoptimalkan gaya belajarmu. Contohnya saja kamu belajar selama 10 menit, namun dilakukan dalam intensitas yang sering. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memahami materi dan mengingat materi bukan menghafalnya. Kamu akan belajar lebih teratur dan makin produktif tanpa memforsir tubuh.

Namun, gaya belajar seperti ini tidak selalu cocok diterapkan pada semua mahasiswa. Kamu tetap bisa mencobanya untuk menemukan kecocokan. Pakailah waktu luangmu selama 10 menit untuk mempelajari berbagai topik selama satu minggu. Dengan cara belajar seperti ini kamu tentu akan menemukan kemajuan belajar.

  1. Menemukan gaya belajar yang tepat

Selanjutnya, kamu perlu mencari gaya belajar yang tepat untuk dirimu sendiri. Tentu tidak mudah untuk menemukan metode tersebut karena tentu bisa berubah sesuai dengan mood. Namun, bila kamu telah menemukan cara belajar yang tepat maka akan lebih semangat belajar.

Cobalah untuk mencari gaya belajar atau menginovasikannya agar kamu tidak bosan. Selain itu, tentu mencari gaya belajar yang lain akan membuatmu memperoleh hasil yang terbaik. Kamu bisa mencoba untuk belajar pada siang hari dengan suasana yang tenang.

Tak hanya itu, sesekali cobalah belajar di tempat umum jika kamu tidak suka dengan situasi yang terlalu sepi. Ada pula beberapa metode belajar yang memakai video dan alat peraga untuk memudahkan memahami materi. Kamu juga akan lebih mudah memahami materi pelajaran.

baca juga : bimbel utbk

Cara belajar mahasiswa yang menarik

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. Cara belajar mahasiswa wajib fokus pada materi

Untuk bisa memahami materi kuliah, kamu wajib fokus dan berkonsentrasi. Jangan mudah terganggu atau menunda tugas jika tidak ingin rasa malas menghantui. Saat belajar, cobalah untuk mengesampingkan ponsel agar tidak tergoda untuk bermain game.

Jika ingin belajar dalam suasana yang tenang, kamu bisa belajar di perpustakaan. Belajar di perpustakaan menjadi solusi paling tepat untuk membuatmu fokus memahami mata kuliah hari ini. Dengan begitu, kamu bisa menyerap materi dengan mudah.

  1. Memakai teknik pomodoro

Kamu mungkin sangat asing dengan istilah ini. Cara belajar dengan teknik pomodoro adalah dengan memasang timer dengan durasi 25 menit untuk belajar. Saat timer telah bungi, kamu bisa memakai durasi 5 menitnya untuk beristirahat.

Dengan begitu, pikiranmu akan lebih rileks dan tenang. Jika waktu istirahat sudah selesai, atur timer lagi selama 25 menit untuk kembali belajar.  Kamu tentu bisa mengatur durasi waktu sesuai dengan target belajar yang kamu kehendaki. Cobalah untuk tepat waktu agar tidak melewati batas waktu yang sudah diatur.

  1. Mengerjakan soal yang sulit dahulu

Saat kamu mengerjakan tugas, cobalah untuk mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri dan termotivasi untuk menyelesaikan materinya.

baca juga : bimbel sbmptn

Cara belajar mahasiswa cerdas

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. Belajar dengan memanfaatkan visual

Tentu kamu akan menemukan titik jenuh saat belajar, maka dari itu cobalah untuk menginovasikan dengan cara belajar memakai gambar atau visual. Hal itu bertujuan agar bisa membantumu memahami materi lebih cepat. Kamu akan makin fokus karena belajar dengan cara yang kamu sukai. Kamu perlu menghindari belajar di tempat yang itu-itu saja agar tidak bosan.

  1. Belajar yang menyenangkan

Tentu belajar akan menjadi hal yang menyenangkan jika kamu meniatkannya dengan hati yang gembira. Cobalah untuk memakai gaya belajar yang fun tapi serius untuk memulai belajarmu hari ini. Contohnya saja, kamu belajar bahasa inggris dengan melihat video atau film dengan bahasa inggris. Tentu cara belajar yang demikian tidak akan membosankan.

  1. Membaca buku

Kamu bisa belajar dari buku, nah sahabat latis bisa memilih buku kuliah yang ada di perpustakaan. Ilmu yang kamu dapatkan dari buku akan bertahan lebih lama karena tidak menghafal. Misalnya saja, sebelum berpidato kamu bisa mempelajarinya lagi dengan cara membaca berulang bukan menghafal. Dengan begitu, kamu bisa mengasah kemampuanmu dengan baik.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

  1. latisprivat.com

 

  1. supercampalumniui.com



Beri Komentar

wa