Jangan Sepelekan Hal-Hal Berikut saat Persiapan Masuk SMA, Dijamin masuk SMA Favorit! - Latiseducation

Jangan Sepelekan Hal-Hal Berikut saat Persiapan Masuk SMA, Dijamin masuk SMA Favorit!

News 390 views

tentu banyak dari sahabat latis yang baru lulus SMP dan sedang melakukan persiapan masuk SMA. Jangan asal memilih sekolah ya, sebab jurusan dan sekolah yang kamu pilih tentu akan sangat menentukan di masa yang akan datang. terlebih, untuk sahabat lat

halo sahabat latis!

 

tentu banyak dari sahabat latis yang baru lulus SMP dan sedang melakukan persiapan masuk SMA. Jangan asal memilih sekolah ya, sebab jurusan dan sekolah yang kamu pilih tentu akan sangat menentukan di masa yang akan datang. terlebih, untuk sahabat latis yang hendak melanjutkan ke bangku perkuliahan, tentu harus mempersiapkan sejak SMA.

baca juga : les privat sbmptn

Hal Penting terkait Persiapan Masuk SMA

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  • Persiapan masuk SMA, Perhatikan prestasi akademik

hal pertama yang harus kamu perhatikan tentunya adalah kualitas dan reputasi sebuah sekolah. seperti masa transisi kurikulum saat ini, ternyata masih banyak lho sekolah-sekolah yang belum memakai kurikulum merdeka. saat sebuah SMA memakai kurikulum merdeka, maka siswa akan dituntut untuk mempunyai kemandirian sebab akan dibimbing untuk menentukan mapel yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

baca juga : bimbel snbt

orang tua juga wajib mengetahui metode pembelajaran apa saja yang dipakai, kurikulum yang diterapkan, hingga reputasi yang dimiliki oleh sebuah sekolah. hal ini tentu penting untuk mempersiapkan sejak dini sebelum anak-anak memasuki jenjang perkuliahan melalui jalur masuk SNBP.

  • fasilitas yang dimiliki sekolah

Hal penting yang tak boleh dilupakan saat hendak memilih sekolah adalah memperhatikan fasilitas yang dimiliki sekolah tersebut. meskipun tidak ada aturan khusus terkait hal ini, namun orang tua tentu ingin anaknya mendapatkan sekolah yang fasilitasnya lengkap. sebab, fasilitas yang lengkap tentu akan menunjang keberhasilan belajar anak.

lihatlah apakah ada fasilitas seperti fasilitas seni, teknologi yang memadai, perpustakaan, laboratorium dan ruang olahraga.

orang tua mana sih yang tidak ingin anaknya berada di sekolah yang terbaik? jadi, jangan sungkan untuk mempertanyakan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah ya. sekolah yang bagus tentu juga mempunyai fasilitas untuk mengembangkan minat bakat siswa.

  • kegiatan ekstrakulikuler

saat hendak memilih SMA, perhartikan juga terkait kegiatan ekstrakulikulernya. banyak sekolah yang bagus karena mempunyai prestasi di bidang musik, olahraga dan kegiatan ekstrakulikuler yang lain. kegiatan yang variatif membuat sisa mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan kemampuan sosial dan bakat anak.

baca juga : bimbel masuk ptn

selain itu, kegiatan ekskul tentu bisa menjadi pertimbangan untuk perguruan tinggi karena anak telah memiliki portofolio. sebab, banyak PTN favorit yang mempunyai jalur prestasi sebagai jalur masuknya.

  • keamanan lingkungan

anak yang baru masuk SMA adalah remaja yang masih labil untuk mengontrol semosinya. selain itu, anak juga rentan terkena aksi kejahatan, maka dari itu orang tua wajib mempertimbangkan keamanan lingkungan sekolahnya. tentu orang tua yang sibuk bekerja tidak akan merasa tenang saat anaknya bersekolah di lingkungan yang berbahaya. orang tua bisa memperhatikan akses masuk sekolahnya. namun, tak hanya lingkungan luar sekolah, lingkungan di dalam sekolah itu sendiri amatlah penting. jangan sampai anak-anak menjadi korban pembullyan dari siswa lain yang semena-mena.

baca juga : bimbel sbmptn

Tips untuk Persiapan Masuk SMA

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  • persiapan masuk SMA, cari tahu reputasi sekolah

kamu bisa mencari tahu seputar reputasi sekolah melalui warga sekitar sekolah dan laman website sekolahnya. tentu untuk mengetahui reputasi sebuah sekolah tidak akan terlalu susah. hal yang perlu diingat adalah reputasi sekolah ini hal yang penting. sebab, dengan hal ini orang tua bisa mencari sekolah yang terbaik.

  • value sekolah

value ini mengacu kepada prinsip dan keyakinan yang dipakai sebagai panduan keberjalanan belajar mengajar seperti toleransi, integritas, kolaborasi, religiusitas, rasa hormat, kemandirian, kreativitas dan keadilan. value tersebut tentu akan mencerminkan sikap sekolah dalam melihat kebenaran dan hal yang penting. value itu bisa memberikan pengaruh tentang cara anak memandang dunia, bersikap, berinteraksi dan mengambil sebuah keputusan. value tersebut dapat dipakai untuk memilih dan memilah mana sekolah yang terbaik.

  • biaya Pendidikan

salah satu hal yang tidak kalah penting tentunya adalah biaya Pendidikan. meski pada beberapa sekolah negeri biaya Pendidikan digratiskan. namun, orang tua tetap harus mengalokasikan dana untul Pendidikan.

terlebih jika orang tua hendak menyekolahkan anak di sekolah swasta. biaya Pendidikan adalah dana yang akan menyita banyak keuangan keluarga. maka dari itu, orang tua harus mempersiapkan dengan matang. biaya Pendidikan juga meliputi seragam sekolah, peralatan sekolah, ekstrakulikuler, transportasi, belum lagi biaya praktek lainnya.

Strategi persiapan masuk SMA

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  • Persiapan masuk SMA, perhatikan jurusan di sekolah

sekolah menengah kejuruan atau SMA tentu tidak sama dengan SMP. saat anak melanjutkan pendidikannya di tingkat SMA, maka anak akan menemui beberapa jurusan di jenjang SMA seperti jurusan bahasa, IPA dan IPS. saat orang tua hendak menentukan SMA untuk anaknya, penting untuk memperhatikan jurusan yang tersedia.

dengan begitu, orang tua dan anak akan lebih mudah dalam menentukan SMA yang terbaik untuk anak. untuk menentukan jurusan yang tepat sesuai minat, bakat dan keinginan anak tentunya. selain itu, mengapa memilih jurusan penting? sebab jurusan yang telah dipilih akan memberikan pengaruh untuk masa depan siswa. misalnya anak ingin masuk kuliah kedokteran, tentu sejak SMA anak masuk jurusan IPA.

  • Perhatikan nilai akhir

tentu semua orang tua ingin memilihkan SMA yang terbaik untuk anak. namun, keinginan itu tentu harus diikuti pula oleh nilai akhir yang baik. nilai akhir yang anak miliki memadai atau tidak tentu akan berpengaruh pada tingkat penerimaannya di sekolah.

sekolah favorit tentu akan mematok nilai akhir yang lumayan tinggi. dengan begitu, orang tua tetap harus realistis dalam menentukan SMA sesuai dengan tingkat kemampuan anak. sebab, bila terlalu memaksakan diri, anak bisa saja tertekan dan terbebani. dengan begitu, anak akan kesulitan dalam belajar.

Tips Ampuh Persiapan masuk SMA

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  • persiapan masuk SMA, Diskusikan dengan anak

saat hendak memilih SMA untuk anak, tentu kamu harus melibatkan anak dalam menentukan keputusan. jangan menentukan sekolah tanpa melihat pendapat dari anak. hal ini sama saja dengan memaksakan kehendak orang tua ke anak, padahal anaklah yang akan menjalani sekolah.

  • jangan memaksakan kehendak

meminta persetujuan dan pendapat anak dalam pengambilan keputusan tentu penting. hal ini akan membuat anak lebih semangat bersekolah, tentu juga mendidikn anak agar lebih bertanggung jawab. bila anak lebih semangat belajar, tentu prestasi di sekolah juga akan menjadi baik.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

1. latisprivat.com

 

 

 

 



Beri Komentar

wa