7 Rekomendasi Permainan Anak Untuk Melatih Motorik - Latiseducation

7 Rekomendasi Permainan Anak Untuk Melatih Motorik

News 500

7 Rekomendasi Permainan Anak Untuk Melatih Motorik

Keterampilan motorik anak merupakan kemampuan untuk mengendalikan beberapa syaraf motoriknya yang diperlukan untuk bergerak, seperti tangan dan jari. Keterampilan motorik yang baik menjadi salah satu indikator untuk pencapaian akademik anak di masa depan.

Pada tingkat pendidikan taman kanak-kanak, akan dilatih kemampuan motorik anak melalui beberapa kegiatannya selama di sekolah, seperti menggunting kertas, menulis, memainkan teka-teki, mengikat tali sepatu, dan banyak lagi.

Untuk membantu kegiatan ini selama di rumah, berikut 7 rekomendasi permainan yang dapat melatih motorik anak.

  • Bermain tanah liat atau plastisin

Permainan tanah liat berwarna atau plastisin atau biasa disebut dengan lilin mainan memungkinkan mereka untuk merasakan tekstur dan membentuknya sesuai imajinasi merupakan salah satu permainan yang cocok untuk mengasah motorik halusnya.

  • Merajut dengan kertas karton

Dengan merajut, anak dapat belajar untuk teliti dan bersabar untuk mendapatkan sesuatu yang indah dari imajinasinya. Selain itu, tingkat kerumitan merajut juga akan semakin mempertajam motorik halusnya.

  • Menggantung kaus kaki

Menggantung kaus kaki dengan penjepit bukan hanya dapat melatih motorik halusnya saja, namun juga dapat mengajarkannya untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan barang pribadinya.

  • Menggambar dan mewarnai

Dengan mengajarkan mereka untuk menggambar dan mewarnai, maka secara tidak langsung motorik halus mereka akan berkembang.

  • Memasukkan tusuk gigi ke dalam lubangnya

Permainan yang cukup sederhana untuk mengembangkan motorik anak. Anak-anak harus bersusah payah untuk memasukkannya hingga motorik halus mereka dapat membantunya untuk melakukan hal tersebut dengan benar. Mereka harus memastikan posisi yang tepat agar dapat masuk.

  • Membuat gelang dari manik-manik

Membuat mainan ular merupakan hal yang simple untuk dilakukan di rumah. Hanya perlu menyediakan tali dan manik-manik dengan lubang. Masukkan manik-manik berlubang tersebut ke dalam tali hingga terbentuk seperti gelang.

  • Membuat gelang dari sedotan

Hanya perlu menyiapkan benang dan potongan sedotan berukuran sedang. Rangkai hingga menjadi sebuah gelang yang manis.

 

Nah, sekarang Mama sadar kan bahwa untuk mengajarkan si Kecil akan hal-hal baik tidak melulu harus mengeluarkan budget yang besar.

Dengan kreativitas, Mama bisa kok membuat permainan sederhana namun tetap bermanfaat baginya.

Happy playing!

Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa