Metode Belajar Buat Kamu yang Suka Eksperimen! - Latiseducation

Metode Belajar Buat Kamu yang Suka Eksperimen!

News 4.3K views

Metode Belajar Buat Kamu yang Suka Eksperimen!

Metode VARK telah menyimpulkan bahwa setiap orang memiliki gaya dan metode belajarnya masing-masing. Ada empat kategori gaya belajar, yaitu visual, auditory, read/writing, dan kinesthetic. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang metode kinesthetic.

Gaya belajar kinesthetic

Gaya belajar ini menyenangi belajar yang melibatkan gerakan. Biasanya orang yang tipe ini, merasa lebih mudah mempelajari sesuatu tidak hanya sekadar membaca buku tetapi juga mempraktikkanya. 

Dengan melakukan atau menyentuh objek yang dipelajari akan memberikan pengalaman tersendiri bagi tipe kinestetik. Makanya, orang yang memiliki gaya belajar tipe kinestetik biasanya tidak betah berdiam lama-lama di kelas nih. Misalnya, kamu lebih suka pelajaran olahraga, atau lebih suka pada saat pergi ke lab saat pelajaran Biologi, dibandingkan dengan membaca teorinya di kelas.

Karakteristik gaya belajar kinestetik:

electronic circuit boards near tester

  1. Menyenangi belajar dengan metode praktik
  2. Menyukai aktivitas yang melibatkan gerakan tubuh seperti olahraga atau menari
  3. Berbicara dengan perlahan
  4. Saat berkomunikasi banyak menggunakan isyarat tubuh
  5. Menghafal dengan cara berjalan atau melihat
  6. Menggunakan jari sebagai petunjuk saat membaca
  7. Tidak dapat duduk diam untuk waktu yang lama

Cara belajar yang tepat untuk kinestetik:

person holding laboratory flasks

  1. Saat mendapatkan materi belajar, bila memungkinkan segera coba praktikkan
  2. Belajar sambil melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan, misalnya sambil berjalan atau sesederhana menjentikkan jari
  3. Melakukan eksperimen dari materi yang didapatkan dari guru
  4. Bisa mengunjungi tempat yang berhubungan materi di pelajaran, misalnya untuk pelajaran Sejarah bisa mengunjungi museum
  5. Mengikuti ekstrakurikuler seperti seperti KIR (Kelompok Ilmiah Remaja)

 

Nah, itulah informasi mengenai metode belajar secara kinestetik dan beberapa tips untuk memaksimalkan metode ini. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa