Artikel Opini: Bahasa Indonesia - Modul - Latiseducation

Artikel Opini: Bahasa Indonesia - Modul

Konsep Pelajaran 1.4K views

Artikel opini merupakan jenis artikel yang mengutarakan pendapat seseorang

Artikel opini adalah sebuah karya jurnalistik yang didalamnya memuat pandangan, pendapat, atau pikiran seseorang yang diuraikan dalam bentuk artikel dimana dalam pembuatannya lebih mengedepankan pada pendapat yang didukung dengan data dan fakta.

Ciri-ciri

Datang dari masalah aktual, yang artinya permasalahan tersebut memang ada dana selama ini masih menjadi perbincangan diantara masyarakat.

Pada umumnya, teknik menyusun opini untuk artikel biasanya menggunakan pola deduktif – induktif.

Artikel opini bersifat subjektif, yang artinya artikel itu dibuat berdasarkan asumsi dari sebuah pihak atau pribadi namun dalam pengambilan kesimpulan tetap menggunakan data dan fakta.

Jenis-jenis

Artikel Opini Khusus: Artikel ini dibuat oleh orang-orang khusus yang memang menjadi bagian dari anggota dari media atau orang diluar media.

Artikel Opini Umum: sedangkan untuk artikel opini umum dibuat oleh masyarakat pada umumnya, dimana masyarakat tersebut mengirimkan tulisannya kepada sebuah media untuk dipublikasikan.

Cara Membuat

1. Memilih Tema yang akan Kamu Tulis

Pertama, kamu harus menentukan tema yang akan pilih kamu jadikan artikel. Seperti yang sudah kami katakan, pilihlah tema-tema yang ringan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam penentuan tema ini kamu bisa melihat dari kejadian yang saat itu sedang happening. Beberapa contoh seperti padangan tentang gaya bersosial media generasi millenial, atau hal lainnya.

Kamu bisa memulai untuk menentukan ide utamanya, lalu mempersempit dengan beberapa batasan, lalu mengambil sesuatu yang menjadi inti yang mungkin akan disukai oleh media yang akan kamu kirimi artikel.

2. Perbanyak Referensi yang Sesuai Tema

Beberapa penulis pemula sering menulis sesuai dengan padangan yang mereka ketahui saat itu.

Kita harus sadar bahwa pengetahuan kita itu terbatas, dan mencari referensi sebelum menulis menjadi suatu kewajiban.

3. Membuat Kerangka

Tujuannya membantu artikelmu untuk tetap pada jalurnya.

4. Menentukan gaya bahasa

Gaya penulisan artikel opini yang kamu pilih harus sesuai dengan media yang akan kamu target.

5. Tutup dengan pendapat

Nah, itu dia penjelasan mengenai Artikel opini. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

 

Hubungi kami di  082111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latiseducation.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa