Nilai Kehidupan Novel: Bahasa Indonesia - Modul - Latiseducation

Nilai Kehidupan Novel: Bahasa Indonesia - Modul

Konsep Pelajaran 14.5K views

Nilai Kehidupan Novel terdiri atas beberapa nilai dengan maknanya masing-masing

Nilai Kehidupan Novel sarat akan pesan yang akan diberikan pada para pembaca. Adapun nilai-nilai tersebut antara lain:

A. Nilai Moral

Adalah nilai dalam cerpen/novel yang bekerjasama dengan perangai, kecerdikan pekerti, atau tingkah laris insan terhadap sesamanya. Biasanya nilai ini sanggup diketahui melalui deskripsi tokoh, korelasi antartokoh, dialog, dan lain-lain.

Contoh:

Awalnya, saya mau berteman dengan siapa saja, namun sehabis mengetahui kelebihanku, saya mulai menentukan sahabat yang bisa erat denganku. Apalagi dengan otakku yang pandai, semakin banyak sahabat yang menyukaiku. Maka, saya pun mulai menentukan sahabat dari golongan menengah ke atas. Aku tidak lagi mau berteman dengan anak yang setara padaku.

Nilai yang terkandung adalah kesombongan hanya ingin berteman dari golongan menengah ke atas menggambarkan kesombongan yang merupakan sifat buruk.

B. Nilai Sosial

Nilai dalam cerpen/novel yang bekerjasama dengan dilema sosial dan korelasi insan dengan masyarakat (interaksi sosial antar-manusia). Biasanya nilai ini sanggup diketahui dengan penggambaran korelasi antar-tokoh.

Contoh:

Dua penumpang laki-laki, ketika melihat Lail dan ibunya masuk, bangkit memperlihatkan daerah duduk, "Terimakasih". Lail dan ibunya segera duduk.

(Kutipan Novel "Hujan" karya Tere Liye)

Apa nilai sosial dari novel tersebut? Digambarkan oleh sikap sopan santun dua penumpang pria yang memperlihatkan daerah duduknya kepada Lail dan ibunya yang gres masuk. Kemudian Lail dan ibunya mengucapkan terimakasih, yang menggambarkan bahwa Lail dan ibunya menghargai sopan santun kedua pria itu.

C. Nilai Religius

Nilai dalam cerpen/novel yang bekerjasama dengan kepercayaan atau anutan agama tertentu. Biasanya nilai ini sanggup diketahui dengan simbol agama tertentu, kutipan atau dalil dari suatu kitab suci, dan penggambaran nilai-nilai kehidupan yang dilandasi panutan agama yang bersifat universal.

D. Nilai Budaya

Nilai dalam cerpen/novel yang bekerjasama dengan moral istiadat, kebudayaan, serta kebiasaan suatu masyarakat. Biasanya nilai ini sanggup diketahui dengan penggambaran moral istiadat, bahasa dan gaya bicara tokoh yang mencerminkan bahasa tertentu, dan kebiasaan yang berlaku pada daerah para tokoh.

E. Nilai Pendidikan

Nilai dalam cerpen/novel yang bekerjasama dengan pengubahan tingkah laris dari baik ke jelek (pengajaran) atau bisa juga bekerjasama dengan sesuatu hal yang mempunyai latar belakang pendidikan/pengajaran.

F. Nilai Etika

Nilai Etika yakni nilai dalam cerpen/novel yang bekerjasama dengan sopan santun dalam aspek kehidupan. Merupakan pecahan dari nilai moral.

Masih ada beberapa nilai lainnya seperti politik, estetika, dan lainnya. 

Nah, itu dia penjelasan mengenai Nilai Kehidupan Novel. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latiseducation.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Komentar

F
Fatimah
30 Sep 2022

" Nilai-nilai kehidupan yang telah disebutkan di atas, termasuk teori siapa? terima kasih "

Beri Komentar

wa