Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya | Ekonomi Kelas X - Latiseducation

Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya | Ekonomi Kelas X

Konsep Pelajaran 2.8K views

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang implikasi dan kelangkaan dalam penggunaan sumber daya, jasa, produksi barang dan pertumbuhannya, kesejahteraan, serta permasalahan kompleks yang menjadi fokus perhatian masyarakat.

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang implikasi dan kelangkaan dalam penggunaan sumber daya, jasa, produksi barang dan pertumbuhannya, kesejahteraan, serta permasalahan kompleks yang menjadi fokus perhatian masyarakat.

Pengertian Ilmu Ekonomi 

Apa itu pengertian ilmu ekonomi? Pengertian ilmu ekonomi secara lanjut dapat dilihat dari bagaimana ekonomi itu lebih dari angka, bersifat pribadi (mikroekonomi) dan universal (makroekonomi), dan ekonomi kompleks. 

Ekonomi Lebih dari Angka 

Yang dimaksud dengan ekonomi lebih dari angka di sini adalah pertaruhan ekonomi dengan bidang lainnya. Seperti halnya geografi, ilmu politik, sosiologi, matematika, teknik, bisnis, hukum, psikologi, dan kedokteran. 

Fokus pembahasan di sini adalah tentang masalah ekonomi di lingkup pribadi dan sosial. Produksi dan pekerjaan, kesehatan, investasi dan tabungan, organisasi dan peraturan industri, kebijakan pemerintah tentang perpajakan dan pengeluaran, perdagangan internasional, uang dan sistem perbankan, urbanisasi, dan masalah lingkungan dan masalah hukum.

Mikroekonomi 

Ekonomi mikro mempelajari tentang implikasi dari tindakan individu yang mempengaruhi kesehatan keuangan seseorang. 

Misalnya seperti membuat keputusan ekonomi dalam kehidupan sendiri dan bagaimana mereka bisa memberi nasihat kepada orang lain secara pribadi ataupun professional. 

Makroekonomi 

Ekonomi bersifat universal atau makroekonomi mempelajari tentang bagaimana perekonomian berperilaku secara keseluruhan. Termasuk tingkat pertumbuhan, tingkat harga, inflasi, pendapatan nasional, serta perubahan tingkat pekerjaan dan produk domestik bruto.

Apapun pekerjaannya, pemahaman tentang ekonomi makro secara menyeluruh akan berdampak kuat terhadap pengambilan keputusan, keterampilan kepemimpinan, dan kemampuan merencanakan masa depan sosial. 

Ekonomi Kompleks 

Ekonomi kompleks adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang pertumbuhan, kemiskinan, kekayaan, perdagangan, pekerjaan, uang, pendapatan, resesi, depresi, monopoli dan harga, serta apa yang membuat dunia bekerja setiap hari. 

Permasalahan Ekonomi 

Permasalahan ekonomi terbagi atas masalah kelangkaan, keterbatasan bahan baku dan sumber daya, dan keinginan yang tidak ada habisnya. 

  1. Masalah ekonomi yang mendasar adalah masalah kelangkaan. Cara terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memproduksi dan mendistribusikan sumber daya.  
  2. Kelangkaan terjadi karena keterbatasan persediaan bahan baku, barang, dan sumber daya. 
  3. Keinginan yang tidak terbatas berarti bahwa manusia tidak ada habisnya menginginkan jumlah barang dan jasa yang ingin dikonsumsi. Karena keinginan yang tidak terbatas tersebut, mereka ingin mengkonsumsi lebih dari yang dapat diproduksi. 

Permasalahan ekonomi tentang kelangkaan dikaitkan dengan beberapa pertanyaan yaitu:

  • Apa yang harus diproduksi?
  • Bagaimana cara menghasilkan?
  • Untuk siapa?

Contoh Permasalahan Ekonomi 

Terdapat beberapa contoh permasalahan ekonomi yang terjadi di kehidupan kita seperti:

  1. Masalah keuangan dalam rumah tangga yang meliputi tentang pendapatan dan kemana pendapatan tersebut didistribusikan.
  2. Mengambil kerja lembur yang memakan waktu libur. Meskipun para pekerja mendapatkan uang tambahan, namun mereka memiliki waktu yang tidak cukup untuk menyenangkan diri sendiri. 
  3. Pengelolaan pendapatan pajak yang bertujuan untuk memberikan tunjungan kepada para pekerja yang bergaji di bawah standar. 

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran Ekonomi kelas sepuluh tentang Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, kamu bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Kamu juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Kamu bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latiseducation.com melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Beri Komentar

wa