Les Calistung Hadir untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Anak! - Latiseducation

Les Calistung Hadir untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Anak!

News 620 views

Pendidikan merupakan pondasi bagi perkembangan anak-anak. Di antara berbagai keterampilan yang diajarkan, keterampilan dasar membaca, menulis, dan menghitung, atau yang sering disebut sebagai calistung, memiliki peran penting dalam membentuk fondasi

Halo sahabat Latis!

Pendidikan merupakan landasan bagi perkembangan anak-anak. Di antara berbagai keterampilan yang diajarkan, keterampilan dasar membaca, menulis, dan menghitung, atau yang sering disebut calistung, memiliki peran penting dalam membentuk fondasi belajar anak-anak. Inilah mengapa les calistung menjadi langkah yang sangat penting dalam pendidikan anak-anak.

Baca juga:  bimbel simak ui 

Mengapa Anak Harus les calistung?

Mari kita telaah beberapa alasan mengapa anak harus mendaftar les calistung:

1. Membentuk Dasar Kemampuan Berpikir

Les calistung mengajarkan keterampilan membaca, menulis, dan menghitung dasar bagi kemampuan berpikir kritis dan analitis. Proses membaca melatih otak untuk memahami dan menafsirkan informasi, sedangkan menulis membantu anak menyusun pikiran mereka dengan jelas. Sementara itu, keterampilan menghitung mengajarkan logika, memecahkan masalah, dan memikirkan matematis yang penting untuk menyelesaikan berbagai tantangan.

2. Mendorong Kemandirian dan Percaya Diri

Seteleh mengikuti les calistung, anak akan berhasil menguasai keterampilan membaca, menulis, dan menghitung. Anak tentu merasa lebih percaya diri dalam mengeksplorasi dunia sekitar mereka. Mereka dapat mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik dan merasa lebih mandiri dalam belajar dan mengatasi tantangan.

3. Menumbuhkan Keinginan untuk Belajar

Sukses saat belajar di les calistung bisa menjadi dorongan besar bagi anak untuk terus belajar dan berkembang. Ketika mereka merasakan kepuasan dari kemajuan yang mereka capai, mereka akan lebih termotivasi untuk terus belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru.

 Baca juga: karantina simak ui  

 

Manfaat les calistung

 

Simak beberapa manfaat penting dari les calistung bagi perkembangan anak-anak.

1. Meningkatkan kemampuan membaca

Pembelajaran membaca menjadi bagian penting untuk perkembangan bahasa dan pemahaman anak-anak. Les calistung membantu anak-anak SD memahami abjad, kata-kata, dan frase secara lebih efektif.

2. Membangun Keterampilan Menulis

Les calistung juga membantu anak-anak memperoleh keterampilan menulis yang kuat. Melalui latihan menulis, anak-anak belajar menyusun kalimat, memahami struktur bahasa, dan mengungkapkan ide secara jelas.

3.Membantu Mengatasi Kegagalan Belajar

Les calistung juga memainkan peran penting dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar. Dengan memberikan pendekatan individu dan bantuan tambahan, guru les calistung dapat mengidentifikasi area di mana anak mengalami kesulitan dan memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Membangun Disiplin Belajar

Les calistung juga membantu membangun disiplin belajar yang penting bagi kesuksesan akademik jangka panjang. Dengan rutin menghadiri sesi les, anak-anak belajar nilai kerja keras, ketekunan, dan tanggung jawab.

 

Metode les calistung yang Tepat Untuk Anak

Berikut adalah beberapa metode yang digunakan oleh les calistung:

  • Metode Phonics untuk Membaca

Metode dari les calistung mengajarkan anak untuk menghubungkan bunyi huruf dengan huruf itu sendiri, membantu mereka memahami hubungan antara suara dan huruf. Dengan memahami bunyi huruf, anak dapat membangun keterampilan membaca dengan lebih cepat.

  • Metode Whole Language untuk Membaca

Pendekatan les calistung berfokus pada pengenalan kata secara keseluruhan, bukan hanya menghafal bunyi huruf. Anak diajak untuk menghubungkan kata dengan gambar atau konteksnya, memahami makna secara keseluruhan, dan memperkaya pemahaman mereka.

  • Metode Montessori untuk Menulis

Pendekatan dari les calistung tekanan penggunaan materi belajar yang dirancang khusus untuk mempromosikan pengembangan motorik halus anak. Anak diajak untuk menulis dengan menggunakan metode fisik, seperti menulis di atas pasir atau menggunakan blok huruf.

  • Metode Bermain untuk Menghitung

Anak-anak cenderung belajar dengan lebih baik melalui permainan. Metode dari les calistung mengajarkan konsep matematika dasar, seperti penjumlahan dan pengurangan, melalui permainan yang interaktif dan menyenangkan.

  • Metode Visual untuk Menghitung

Les calistung menggunakan gambar atau kartu angka dapat membantu anak memahami konsep matematika dengan lebih baik. Anak diajak untuk menghasilkan jumlah dengan representasi visualnya, membantu mereka memahami konsep angka.

Belajar les calistung Berdasar Usia Anak

Berikut adalah panduan belajar les calistung berdasarkan usia anak:

1. Usia 3-4 Tahun

les calistung yang mendampingi Anak-anak usia 3-4 tahun umumnya masih dalam tahap awal perkembangan bahasa dan motorik kasar. Pada usia ini, fokus pembelajaran dapat ditekankan pada pembelajaran Visual. Menggunakan gambar dan warna cerah untuk memperkenalkan huruf, angka, dan konsep dasar matematika.

Guru juga bisa menggunakan buku-buku cerita yang berwarna-warni dan interaktif untuk membantu anak mengenal abjad dan mengasah keterampilan bahasa.

2. Usia 5-6 Tahun

Pada usia ini, les calistung fokus pada pengembangan kemampuan motorik halus dan kognitif yang lebih baik. Beberapa pendekatan yang bisa digunakan yaitu guru mulai mengajarkan anak membaca kata-kata sederhana dan memperluas wawasan mereka melalui bacaan bersama dan cerita pendek. Selain itu, guru juga mulai mengajarkan anak untuk menulis huruf dan kata-kata sederhana dengan menggunakan metode yang menyenangkan seperti melalui bermain dengan pasir, air, atau kertas dan pensil besar.

3. Usia 7-8 Tahun

Pada usia ini, les calistung fokus untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca anak. Melibatkan anak dalam membaca cerita yang lebih kompleks dan meningkatkan pemahaman membaca melalui diskusi tentang isi cerita. Mengajarkan anak untuk menulis kalimat yang lebih panjang dan memperkenalkan konsep tata bahasa dasar seperti subjek, predikat, dan objek.

Baca juga: les simak ui 

Cara memilih calistung


Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam memilih les calistung yang sesuai untuk anak:

1. Evaluasi Kebutuhan Anak Anda

Sebelum memilih les calistung, pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan spesifik anak Anda. Apakah mereka memerlukan bantuan ekstra dalam membaca, menulis, atau menghitung? Atau mungkin mereka memerlukan bantuan di semua area tersebut? Memahami kebutuhan individu anak Anda akan membantu Anda memilih program yang tepat untuk membantu perkembangan mereka.

2. mempertimbangkan Metode Pengajaran

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Beberapa mungkin lebih responsif terhadap pendekatan belajar yang interaktif dan berbasis permainan, sementara yang lain mungkin lebih menyukai pendekatan yang lebih tradisional. Cari tahu metode yang digunakan oleh les calistung yang Anda ingat dan pastikan itu sesuai dengan gaya belajar anak Anda.

3. Tinjau Kurikulum dan Materi Pelajaran

Periksa kurikulum yang ditawarkan oleh les calistung. Pastikan bahwa materi pelajaran yang diajarkan sesuai dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan anak Anda. Apakah mereka akan belajar membaca dengan menggunakan metode fonetik atau pengenalan kata? Bagaimana dengan keterampilan menulis dan menghitung? Pastikan bahwa materi pelajaran tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan Anda.

4. Periksa Kredibilitas dan Reputasi

Cari tahu reputasi les calistung yang Anda tenangkan. Mintalah rekomendasi dari teman, tetangga, atau rekan kerja yang telah memiliki pengalaman dengan lembaga tersebut. Tinjau juga ulasan online dan testimonial dari orang tua dan siswa sebelumnya.

5. Mempertimbangkan Lokasi dan Jadwal

Pastikan bahwa lokasi dan jadwal les calistung sesuai dengan kebutuhan Anda dan anak Anda. jarak tempuh dari rumah atau sekolah anak Anda serta ketersediaan waktu Anda untuk mengantarkan dan menjemput mereka.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon  (021) 77844897  atau kamu juga bisa menghubungi kami melalui  085810779967 . Atau klik  www.latiseducation.com  untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai bertemu di Latis Education!

Referensi :

1.gramedia.com

2.suaramerdeka.com