Evolusi: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas XII - Latiseducation

Evolusi: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas XII

Konsep Pelajaran 6.8K views

Evolusi: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas XII

Halo sahabat Latis, pernahkah kamu berfikir bagaimana manusia bisa tercipta dan terus beradaptasi dari zaman dulu? Kamu bisa mempelajarinya pada  materi biologi tentang evolusi kali ini!

Teori evolusi dapat mengajari kita dalam memahami beberapa hal, diantaranya ialah memahami proses kepunahan; kemampuan proses bertahan hidup; dan terjadinya perubahan secara kontinyu dalam waktu yang lama.

Teori Evolusi

teori evolusi

Evolusi adalah perubahan genotip pada satu populasi yang berlangsung secara perlahan-lahan dan dalam waktu yang sangat lama. Beberapa teori yang menjadi dasar lahirnya teori evolusi adalah: 

a) Teori Kreasionisme

Penciptaan makhluk hidup terjadi dalam sekali saja secara lengkap, tidak ada evolusi atau perubahan lagi terhadap makhluk hidup.Tokoh yang mendukung teori ini adalah Aristoteles. Tidak valid karena terdapat beberapa makhluk hidup pada zaman yang berbeda. 

b) Teori Katastropisme

Terjadi bencana alam (katastrofi) yang tiba-tiba yang menyebabkan tumbuhan dan hewan di tempat itu mati. Masuk bentuk kehidupan baru dari daerah lain. - Akibatnya, terjadi perubahan spesies yang tiba-tiba. Tokoh: George Cuvier, ia menemukan lapisan batuan fosil yang mewakili tiap zaman yang berbeda yang menjadi petunjuk dari teori ini. 

c) Teori Gradualisme

Evolusi: Perubahan geologis berlangsung pelan-pelan tapi pasti. Tokoh: James Hutton 

d) Teori Uniformitarianisme

Evolusi merupakan proses geologis, pola seragam, kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu. Contoh: terbentuknya gunung serta erosi gunung yang terjadi membuktikan keseimbangan. Tidak menjelaskan terbentuknya spesies. Tokoh: Charles Lyell 

e) Teori Evolusi Jean Lamarck 

Pokok-pokok pikiran teori evolusi Lamarck. Makhluk hidup sederhana adalah nenek moyang dari makhluk hidup yang sempurna. Makhluk hidup akan senantiasa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Organ yang mengalami perubahan karena terus-menerus dipakai dan berkembang makin sempurna. Sedangkan organ yang tidak diperlukan lagi perkembangannya akan menurun, dan akhirnya rudiment (teori use and disuse). Evolusi organik terjadi karena perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan dapat diturunkan. 

f) Teori Darwin

Pengalaman Darwin di kepulauan Galapagos memunculkan ide tentang evolusi yang pokok pikirannya adalah: spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies-spesies yang hidup di masa silam; Evolusi terjadi melalui seleksi alam.

Petunjuk Evolusi

fossil dinosaurus petunjuk evolusi

Beberapa bukti yang dianggap memberikan petunjuk adanya evolusi antara lain: 

a. Variasi makhluk hidup 

Variasi adalah perbedaan yang ditemukan pada individu-individu dalam satu spesies. Jika varian tersebut hidup pada lingkungan yang berbeda, maka akan menghasilkan keturunan yang berbeda pula. Jadi, adanya variasi merupakan petunjuk adanya evolusi yang menuju ke arah terbentuknya spesies baru. 

b. Fosil 

Fosil-fosil yang ditemukan dalam lapisan bumi dari lapisan tua sampai muda menunjukkan adanya perubahan secara berangsur-angsur. Dengan membandingkan fosil-fosil yang ditemukan di berbagai lapisan bumi dapat diketahui adanya proses evolusi. Sejarah perkembangan kuda merupakan satu contoh yang paling dikenal untuk menerangkan adanya perubahan-perubahan bentuk dari masa ke masa. 

c. Homologi dan analogi organ tubuh 

Homologi adalah organ-organ makhluk hidup yang mempunyai bentuk asal (dasar) yang sama, kemudian berubah strukturnya sehingga fungsinya berbeda. Misalnya, sayap burung homolog dengan tangan manusia. Kaki depan kuda homolog dengan sirip dada ikan paus

Mekanisme Evolusi 

Proses evolusi dapat terjadi karena adanya seleksi alam dan variasi genetik sehingga akan memunculkan sifat-sifat baru yang akan diwariskan pada keturunanya. Adanya seleksi alam mengharuskan semua makhluk hidup berjuang untuk bertahan hidup. Dalam upaya agar dapat lolos seleksi alam, setiap makhluk hidup dapat mengalami perubahan baik secara morfologis, fisiologis, dan tingkah laku. 

Berikut faktor-faktor yang berperan dalam mekanisme evolusi, meliputi: 

  • Mutasi
  • Genetic drift
  • Aliran gen
  • Rekombinasi seksual
  • Seleksi alam dan adaptasi

 

Contoh Soal

  1. Teori abiogenesis runtuh karena percobaan yang dilakukan oleh....
    A. Aristoteles
    B. Alexander Oparin
    C. Harold Urey
    D. Anthonie van Leeuwenhoek
    E. Louis Pasteur 

Jawab: E

  1. Hal - hal berikut yang bukan merupakan petunjuk evolusi adalah....
    A. fosil pada berbagai lapisan batuan
    B. anatomi perbandingan yang bersifat analog
    C. anatomi perbandingan yang bersifat homolog
    D. embriologi perbandingan
    E. perkawinan silang

Jawab; E

Baca juga: Blog Supercamp Alumni UI

Gimana sobat, udah mulai paham kan dengan materi ini? Supaya kamu makin paham dengan materi lainnya, bisa jawab PR dan tugas di sekolah dengan mudah dan prestasimu meningkat tajam, kamu bisa coba ikutan les privat Latis Education lho.. gurunya bagus-bagus dan biayanya hemat. Bisa online dan tatap muka juga.

Nah, itulah pembahasan materi kali ini. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

les privat

Sumber: Repositori Kemdikbud



Komentar

T
Taufik Hidayat
02 Jan 2023

" Sangat bagus untuk mempelajari teori evolusi "

Beri Komentar

wa