Rumus Alat Optik Fisika Terlengkap dalam Kehidupan Sehari-Hari - Latiseducation

Rumus Alat Optik Fisika Terlengkap dalam Kehidupan Sehari-Hari

News 317

Mata adalah media optik paling sederhana dan jenis lainnya yang memiliki rumus alat optik untuk bisa menghasilkan perbesaran atau pantulan

Meski jarang diminati oleh banyak siswa-siswi di Indonesia, ternyata penerapan fisika dalam kehidupan sehari-hari sangat mudah untuk ditemukan. Salah satunya adalah implementasi media optik yang sangat dekat penggunaannya. Yaps! Mata adalah media optik paling sederhana dan jenis lainnya yang memiliki rumus alat optik untuk bisa menghasilkan perbesaran atau pantulan.

Melihat adanya penerapan media optik yang sangat erat, lalu apa pengertian dari media optik itu sendiri? Definisi dari media optik sendiri adalah segala jenis alat yang menggunakan lensa atau cermin dengan memanfaatkan sifat-sifat dari cahaya. Disinilah bisa terjadi kondisi pantulan atau pembiasan yang merupakan prinsip dari cahaya.

Baca juga : Alat-Alat Optik | Fisika Kelas XII

Pengertian dan Jenis-Jenis Alat Optik Di Kehidupan Sehari-Hari

alat optik

Sumber gambar : Freepik - Optical Instrument

Tahukah Anda apa saja yang bisa disebut sebagai media optik dalam kehidupan sehari-hari manusia? Kacamata, kamera, mikroskop, hingga teropong disebut sebagai bagian optik. Setiap benda ini juga akan membutuhkan mata untuk melihatnya. Karena pada umumnya mata juga merupakan optik, maka ini disebut sebagai media optik alamiah.

Cara kerjanya benar-benar luarbiasa dalam menerima, memfokuskan, serta metransmisikan cahaya melalui lensa mata. Adapun yang dihasilkan adalah bayangan objek untuk ditangkap selanjutnya oleh retina mata. Setiap bagian dari mata memiliki fungsinya masing-masing untuk saling bekerja sama. Sementara itu, untuk alat optik buatan yaitu kaca mata, kamera, kaca pembesar (lup), mikroskop, dan berbagai jenis teropong.

Setiap jenisnya memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda meski tidak cukup jauh perbedaannya. Saat ini akan dibahas lebih jauh mengenai rumus-rumus dari setiap alat agar semakin memperjelas cara kerjanya. Karena pada umumnya pelajaran fisika bagian optik bisa menjadi lebih seru dan menyenangkan jika dibawa dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Rumus Teropong Bintang (Alat Optik), Cara Kerja dan Panjangnya

Rumus Alat Optik Fisika dan ContohTerdekat dalam Kehidupan

alat optik

Sumber gambar : Freepik - Optical Instrument

Dengan adanya implementasi optik ini akan membantu hidup manusia dalam berbagai hal, khususnya pada bidang kesehatan yaitu mikroskop. Sekarang, mari kita bahas bagaimana rumus pada setiap media yang membuat hidup lebih mudah dan berarti ini.

1.      Optik Alamiah : Mata

Sebagaimana yang sudah dijelaskan secara ringkas diatas bahwa mata adalah bagian dari optik alamiah. Mata sebagai indra penglihatan dapat menyaksikan adanya perubahan dan perbedaan pada cahaya. Cara kerjanya dengan menerima, memfokuskan yang kemudian mentransmisikan cahaya dari sebuah lensa. Optik alamiah ini tidak memiliki rumus khusus yang harus dipahami.

2.      Optik Buatan : Kacamata

Memiliki mata yang sehat sangat harus disyukuri, karena tidak perlu menggunakan alat bantuan untuk melihat. Lalu bagaimana jika mata kemudian mengalami gangguan? Maka dari itu harus menggunakan kacamata yang tersusun dari lensa cekung dan cembung serta kerangka sebagai tempat meletakkan lensa.

Fungsi utama Kacamata adalah mengatur bayangan akan jatuh di titik dekat atau jauh mata dan akan disesuaikan dengan jenis pada cacat mata setiap orang. Daripada itu, hubungan matematis dari jauh dekatnya bayangan lensa akan dituliskan pada sebuah rumus alat optik seperti di bawah ini.

1/s + 1/s’ = 1/f

Keterangan rumus :

s = Jarak benda ke lensa (m)

s’ = Jarak bayangan ke lensa (m)

f = Jarak fokus lensa (m)

Tidak hanya rumus itu, ada juga rumus lain untuk menghitung kekuatan atau disebut juga daya lensa. Adapun pengertian dari daya lensa adalah kemampuan untuk menetapkan titik fokus terhadap sinar oleh lensa yang diterima sejajar dengan lensa. Persamaan yang bisa digunakan dalam hal ini adalah sebagai berikut.

Baca juga : Gejala Pemanasan Global | Fisika Kelas XI

P = 1/f

Keterangan rumus :

P = kekuatan atau daya lensa (dioptri)

F = jarak fokus lensa (m)

3.      Optik Buatan : Kamera

Untuk mengabadikan sebuah momen yang bisa disimpan bisa menggunakan kamera. Sebagai sala satu alat teknologi yang canggih akan menghasilkan suatu bayangan dari hasil fotografi pada film negatif. Saat ini pemakaian kamera tidak hanya penangkapan gambar, tetapi juga bisa melakukan rekaman dari sebuah peristiwa atau kegiatan.

Setiap komponen atau bagian-bagian dari kamera akan bersatu dan saling melakukan fungsinya masing-masing. Rumus yang dipakai tidak berbeda dengan rumus sebelumnya yaitu pada kacamata. Maka dari itu jika ada soal yang berkaitan dengan kamera, rumus atau kedua persamaan diatas bisa digunakan.

4.      Optik Buatan : Lup (Kaca Pembesar)

Meski tidak terlalu dipakai dalam kehidupan sehari-hari, tetapi beberapa profesi dan kegiatan juga membutuhkan alat optik bernama lup ini. Lebih sering dikenal dengan kaca pembesar, lalu pengertiannya sendiri adalah sebuah lensa cembung yang digunakan dalam melihat benda berukuran kecil. Tujuannya agar terlihat lebih jelas dan besar sesuai dengan prinsip dari lensa cembung itu.

Terdapat prinsip kerja dari lensa cembung yang akan membentuk sebuah persamaan alias rumusnya. Sebagaimana yang diketahui, pada optik buatan ini akan ada tiga jenis rumus dari perbesaran anguler, yaitu.

  • Perbesaran Anguler Lup untuk Mata Berakomodasi Maksimum

Terdapat sebuah rumus seperti berikut,

M = Sn / f + 1

  • Perbesaran Anguler Lup untuk Mata Tidak Berakomodasi

Selanjutnya untuk rumus satu ini dituliskan sebagai berikut,

M = Sn / f

  • Perbesaran Anguler Lup untuk Mata Berakomodasi pada Jarak Tertentu

M = Sn | 1/f + 1/x

Dengan keterangan untuk ketiga rumus diatas adalah sebagai berikut :

M = perbesaran anguler pada mata yang berakomodasi maksimum, tidak berakomodasi, dan berakomodasi pada jarak tertentu

Sn = jarak baca yang dianggap normal dengan titik dekat mata normal bernilai 25 cm

f = jarak fokus dari lup

x = jarak mata yang berakomodasi

5.      Optik Buatan : Mikroskop

Beberapa hal yang ukurannya sangat kecil tidak bisa dilihat oleh mata telanjang atau dengan bantuan dari kaca pembesar (lup) saja. Sehingga sebuah mikroskop diciptakan secara khusus dengan susunan sejumlah lensa pembesar. Biasanya ini akan digunakan untuk melihat mikroorganisme, tetapi juga bisa untuk benda-benda lainnya. Adapun rumus alat optik daripada mikroskop adalah

d = S’ob + Sok

Keterangan rumus :

d = panjang mikroskop

S’ob = jarak bayangan lensa objektif ke lensa objektif

S’ok = jarak bayangan objektif ke lensa okuler

M = Mob x Mok

Keterangan rumus mikroskop sebagai alat optik:

M = perbesaran total yang dihasilkan oleh mikroskop

Mob = hasil dari perbesaran yang diperoleh dari lensa objektif

Mok = hasil perbesaran sudut yang diperoleh lensa okuler

Terdapat tiga rumus lainnya yg berfungsi untuk setiap kondisi, seperti rumus hasil perbesaran dengan menggunakan lensa objektif

Mob = S’ob / Sob

Rumus perbesaran sudut dalam pengamatan yang tanpa akomodasi dituliskan sebagai berikut.

Mok = Sn / fok

Serta rumus terakhir untuk mengamati pada mata dengan akomodasi maksimum.

Mok = Sn / fok + 1

Dimana fok merupakan panjang dari fokus lensa okuler.

Lihat juga Optika Fisis dan Geometri : Fisika UTBK

Sebagaimana rumus alat optik dalam pelajaran fisika di kehidupan sehari-hari akan sangat berguna untuk beberapa profesi yang membutuhkan. Ini juga akan dipelajari pada pelajaran sekolah dan akan lebih mudah memahaminya bersama bimbingan belajar terbaik. Masih bingung mencari bimbel yang ajarkan berbagai rumus fisika? Latis Education jawabannya. Bisa dilihat seluruh pengalaman teman-teman lain yang sudah ikut bimbingan di www.latiseducation.com dan nomor 085810779967.

Referensi : 

kabarkan.com/category/fisika/

ardra.biz/topik/pengertian-jarak-bayangan-lensa-objektif-okuler/

les privat

 

 



Beri Komentar

wa