Morfologi dan Semantik: Apa Itu? - Latiseducation

Morfologi dan Semantik: Apa Itu?

Konsep Pelajaran 1.4K views

Morfologi dan semantik kerap dibahas dalam soal-soal SNBT. Kalian harus mengenalnya lebih jauh ya!

Hai Sahabat Latis! Buat kalia yang sedang mempelajari lingustik, pastinya tidak asing dengan cabang ilmu linguistik “Semantik dan Morfologi”. 

Memang banyak artikel yang membahas hubungan semantik dengan cabang linguistik lainnya. Akan tetapi ada baiknya kalian mengenal lebih dekat dulu apa itu Morfologi dan Semantik sebelum ikutan Les Privat SBMPTN

Pengertian Semantik

Sumber : Pixabay

Semantik merupakan sub-bagian kajian linguistik deskriptif yang memiliki khusus kajian pada makna. Chaer (2009) menjelaskan bahwa semantik pada umumnya mengkaji tentang makna yang terdapat pada sebuah bahasa. Pendapat lain dikemukakan oleh Chaer (2012: 60) yang menyatakan bahwa dalam semantik yang dibicarakan adalah hubungan antara makna dari kata serta hal-hal lain yang merujuk makna itu yang berada diluar bahasa. Makna sendiri sebagai maksud dari pembicara yang dapat mempengaruhi pemahaman persepsi manusia (Kridalaksana, 2011: 148). Makna sangat dipengaruhi oleh dari sebuah kata, karena didalamnya berisi ungkapan atau wacana ditentukan oleh konteks yang ada.

Semantik sendiri adalah cabang ilmu linguistik yang memilki keterkaitan hubungan dengan cabang ilmu linguistik lainya, semantik sama halnya memiliki hubungan sdengan morfologi. Morfologi adalah ilmu yang membicarakan tentang proses bentuk-bentuk dan pembentukan kata (Chaer, 2015: 3). Objek kajian morfologi adalah morfem dan kata, lalu dilanjutkan oleh proses morfologi dengan melibatkan komponen seperti:

Dasar (bentuk dasar)

Alat pembentuk (afiks, duplikasi, komposisi, abreviasi, akronimisasi, dan konversi)

Makna gramatikal

Keterkaitan hubungan morfologi dengan semantik justru dapat terlihat jelas apabila ditinjau dari proses derivasi (pengimbuhan afiks yang bersifat infleksi pada bentuk dasar untuk membentuk kata). Menurut Haspelmath (2002:166) menjelaskan bahwa terdapat satu contoh kata yaitu undoable. Undoable merupakan derivasi dari kata do yang mendapat penambahan prefiks –un dan sufiks –able. Contoh kata dalam bahasa Indonesianya, seperti: orang mengalami reduplikasi menjadi orang-orang, rumah menjadi rumah-rumah, pohon menjadi pohon-pohon, dan sebagainya.

Sesuai dengan penjelasan di atas, dapat diketahui adanya hubungan antara semantik dan morfologi.

Baca juga: bimbel snbt

Pengertian Morfologi

Sumber : Pixabay

Adalah ilmu yang berkaitan tentang bentuk dan pembentukan kata, sedangkan semantik adalah ilmu yang digunakan untuk mengkaji makna dari proses morfologi. Berikut contoh lainnya:

Penggunaan kata dasar “baca” dengan diimbuhi beberapa imbuhan akan menghasilkan makna yang berbeda.

Membaca = memiliki makna melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis

Pembaca = orang yang sedang melakukan aktivitas baca

Bacaan = buku dan media cetak maupun noncetak yang dibaca

Terbaca = hal yang dapat dibaca sehingga mampu mengetahui sesuatu yang tersirat di dalamnya

Soal - Soal SNBT

sumber Pixabay

1. Mengonsumsi Buah yang Benar dan Sehat

Disarankan mengonsumsi buah 20—30 menit sebelum makan. Hal itu akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. Buah juga akan menjadi detoks yang efektif untuk tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Sementara itu, mengonsumsi buah setelah makan akan membuat penyerapan tubuh atas fruktosa menjadi lebih lambat sehingga memicu begah, bahkan diare atau sakit perut.

Disarankan makan buah satu jam sebelum berolahraga karena buah akan menjadi suntikan nutrisi yang baik dan meningkatkan energi tubuh tanpa membuat kekenyangan atau mual.

Buah segar jauh lebih baik. Buah-buahan memang kaya akan serat dan berbagai vitamin. Namun, tidak demikian dengan buah kalengan, buah beku, atau buah yang telah diproses. Buah yang seperti ini umumnya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, bahkan dapat pula mengandung pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang bisa membahayakan tubuh.

 Berdasarkan pernyataan pada poin 3, dapat diasumsikan bahwa .... 

a. buah kalengan atau buah beku tidak dapat dikonsumsi karena berbahaya.

b. buah dengan kandungan gula yang tinggi membahayakan kesehatan tubuh.

c. kandungan yang tidak baik untuk tubuh mungkin terdapat pada buah beku. 

d. pengawet atau bahan kimia tambahan menyebabkan buah tidak dapat dikonsumsi.

e. kandungan gula yang tinggi dan pengawet terkandung dalam setiap buah kalengan.

Kunci Jawaban: C

2. Berdasarkan bacaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa .... 

a. buah segar harus dikonsumsi karena kaya serat dan berbagai vitamin 

b. buah mengandung vitamin dan merupakan detoks yang efektif bagi tubuh 

c. lambatnya penyerapan fruktosa menyebabkan begah, diare, dan sakit perut 

d. mengonsumsi buah tepat sebelum berolahraga dapat meningkatkan energi 

e. konsumsi buah usai makan membuat penyerapan buah oleh tubuh tidak maksimal 

Kunci Jawaban: E

Baca juga: Bimbingan alumniUI

Program Latis Education

sumber Pixabay

Nah untuk mempermudah kalian, Latis Education punya berbagai solusi nih. 

A. Program Intensif Privat

bisa dilaksanakan secara ONLINE/OFFLINE. Tutor datang ke rumah dengan protokol kesehatan ketat dan sudah di vaksin.

B. Karantina UTBK

Program unggulan jaminan masuk PTN Favorit. Tahun 2022 siswa Karantina SBMPTN berhasil lolos 94% ke PTN Favorit.

C. Intensif Privat SIMAK UI

Program jaminan masuk UI dengan sistem pembelajaran bisa tatap muka atau online. Tutor datang langsung ke rumah dengan metode belajar lebih fokus.

D. Karantina SIMAK UI

Program jaminan masuk UI sistem karantina selama 30 hari di Premium Apartemen Bintang 4 plus Coaching Langsung alumni UI S1/S2/S3

E. Intensif Privat kedokteran

Program terbaik dengan metode belajar intensif sehingga LEBIH FOKUS dan NYAMAN dengan Tutor berkualitas serta berpengalaman lulusan UI S1/S2/S3

F. Karantina Kedokteran

Program terfavorit dengan sistem karantina selama 30 hari di Apartemen Premium. Langsung di coaching DOKTER profesional Lulusan UI. Atau ikut aja bimbel karantina.

Oiya, jika kalian ingin mendapat kan proses belajar mengajar yang efektif, kalian bisa cek  Les Privat SBMPTN untuk topik-topik menarik lainnya! Atau kalian bisa kontak langsung ke 085810779967. Dijamin, pengalaman belajar dengan tutor yang tidak ingin kalian lewatkan. Selain menyenangkan, materi-materi yang asyik bisa kalian dapatkan di Guru Les Private, siapa tau bisa menjadi salah satu alternatif belajar kalian nantinya!

Refrensi :

supercampalumniui.com

latiseducation.com

les privat, bimbel snbt, les privat terbaik, les privat sbmptn, bimbel masuk ptn, bimbel kedokteran



Beri Komentar

wa