Demi LOLOS Ujian simak ui 2023, Jangan Lewatkan Artikel Berikut Ini! - Latiseducation

Demi LOLOS Ujian simak ui 2023, Jangan Lewatkan Artikel Berikut Ini!

News 642 views

Sahabat latis yang mengincar universitas Indonesia tentu harus siap menghadapi ujian SIMAK UI 2023. Lalu, sudah sejauh mana persiapannya? Apakah sudah menyiapkan strategi jitu untuk bisa lolos SIMAK UI? Silakan simak artikel berikut untuk mengetah

Halo sahabat latis!

Sahabat latis yang mengincar universitas Indonesia tentu harus siap menghadapi ujian SIMAK UI 2023. Lalu, sudah sejauh mana persiapannya? Apakah sudah menyiapkan strategi jitu untuk bisa lolos SIMAK UI? Silakan simak artikel berikut untuk mengetahui seluk beluk ujian SIMAK UI 2023 ya.

Apa itu ujian SIMAK UI 2023?

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik.com

Ujian SIMAK UI merupakan kependekan dari seleksi masuk universitas Indonesia untuk mahasiswa baru. Dalam SIMAK UI terdapat beberapa tes yang diselenggarakan oleh pihak kampus setelah jalur UTBK SNBT berlangsung. Untuk jalur penerimaan mahasiswa yang satu ini membuka jenjang Pendidikan sarjana (S1) Reguler.

baca juga : les privat sbmptn

Untuk daya tampung SIMAK UI tentunya tetap dibatasi. Maka dari itu, kamu tetap harus mempersiapkan diri untuk menghadapi SIMAK UI. Sebab, tiap tahunnya peminat untuk bisa masuk UI selalu bertambah. Hal tersebut biasa terjadi mengingat bahwa universitas Indonesia adalah kampus favorit dan bergengsi, jadi siapa sih yang tidak ingin masuk UI?

Untuk bisa lolos SIMAK UI, kamu harus melewati ketatnya ujian SIMAK UI yang terkenal sulit. Sebelum menentukan pilihan jurusan, cobalah untuk melakukan riset berapa jumlah daya tampung tiap program studi. Jika jumlah calon mahasiswa dengan kuota penerimaan jurusannya kontras, dapat disimpulkan bahwa peluang lolosnya lumayan kecil.

Tak hanya itu saja, cobalah untuk mengamati jumlah peserta yang mendaftar dan jumlah peserta yang diterima pada tahun yang lalu.

baca juga : bimbel karantina

Apa saja materi ujian SIMAK UI 2023?

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik.com

Untuk materi soal ujian SIMAK UI pada tahun lalu, program sarjana (S1) regular terdiri atas beberapa jenis soal. Soal umum merupakan soal yang dikerjakan oleh semua peserta ujian. Selain itu, ada juga soal yang hanya dikerjakan untuk rumpun jurusan tertentu.

baca juga : bimbel snbt

Untuk jenis soal yang dikerjakan semua peserta ujian SIMAK UI yakni berupa tes kemampuan dasar (KD) yang terdiri atas bahasa inggris, bahasa Indonesia dan matematika dasar.

  1. Rumpun IPA

Untuk peserta yang mengambil jurusan dengan rumpun keilmuan IPA mengerjakan jenis soal kemampuan IPA (KA) yakni seperti berikut:

  • Matematika IPA
  • Biologi
  • Soal kemampuan dasar
  • Fisika
  • Kimia
  1. Rumpun IPS

Untuk peserta yang mengambil jurusan dengan rumpun IPS akan mengerjakan soal jenis kemampuan IPS (KS) seperti berikut ini:

  • Ekonomi
  • Geografi
  • Soal kemampuan dasar
  • Sejarah
  • Sosiologi
  1. Rumpun campuran

Untuk peserta ujian SIMAK UI yang mengambil jurusan dengan jenis rumpun campuran akan mengerjakan soal jenis kemampuan dasar (KD), soal Kemampuan IPA (KA) dan soal kemampuan IPS (KS).

Sistem penilaian SIMAK UI

Kamu tentu harus memahami sistem yang dipakai untuk menilai hasil soal SIMAK UI. Jadi, SIMAK UI memakai sistem penilaian yang mengacu pada sebuah sistem perhitungan nilai secara nasional dengan menghitung skor seperti berikut ini:

  • Tiap jawaban benar diberi poin 4
  • Tiap jawaban salah diberi poin -1
  • Tiap jawaban kosong diberi poin 0

Melihat sistem penilaian SIMAK UI yang demikian, sahabat latis disarankan mengosongi soal yang jawabannya tidak yakin. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga jumlah skormu tetap bagus. Akan tetapi, jika keyakinan pada jawaban tersebut lebih besar, maka kamu lebih baik mengerjakannya untuk memperbesar peluang lolos ke PTN yang kamu impikan.

Alasan kenapa harus LOLOS Ujian SIMAK UI?

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik.com

Universitas Indonesia meruapakan salah satu kampus unggulan dan sangat bergengsi di Indonesia. Kamu tentu akan mendapat banyak keuntungan saat bisa lolos menjadi mahasiswa di kampus yang dikenal dengan sebutan jaket kuning tersebut.

Tak sama seperti jalur penerimaan mahasiswa secara mandiri yang ada di kampus yang lain. SIMAK UI ini memberikan daya tampung yang lebih besar untuk para peserta ujian SIMAK UI. Untuk biaya kuliah yang ditawarkan oleh universitas Indonesia pada tahun sebelumnya meniadakan uang pangkal untuk peserta yang berhasil diterima melalui jalur SIMAK UI regular.

Tak hanya itu saja, benefit lain yang bisa kamu terima saat lolos ujian SIMAK UI regular bagi peserta yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Jalur SIMAK UI ini memberikan fasilitas peserta dengan kartu KIPS untuk memiliki peluang lebih besar. Universitas Indonesia memberikan dukungan dan persaingan yang adil untuk semua peserta agar dapat lolos menjadi mahasiswa baru.

Bagaimana pendaftaran Ujian SIMAK UI?

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik.com

Untuk bisa mendaftar ujian SIMAK UI program sarjana (S1) regular atau program vokasi, kamu bisa melihat situs website resmi universitas Indonesia yaitu ui.ac.id. Kamu bisa memantau informasi terbaru pada website tersebut. Pada website tersebut kamu bisa melihat jumlah kuota kursi, jurusan atau program studi dan persyaratan yang harus dipenuhi. Kamu juga harus rajin melihat situs resmi universitas Indonesia tersebut untuk melihat perkembangan informasi yang valid.

Untuk para peserta ujian harus mengetahui bahwa tempat ujian berada di seluruh daerah di Indonesia seperti medan, jambi, pekanbaru, banda aceh, batam, serang, bandar lampung, Palembang, padang, bogor, Jakarta, semarang, bandung, Yogyakarta, magelang, malang, Surabaya, Banjarmasin, Pontianak, makassar, Balikpapan, palu, manado, Gorontalo, Kendari, jayapura, manokwari, ambon, mataram, Denpasar bahkan sampai kuala lumpur Malaysia lho.

Memastikan kelengkapan dokumen

Jika kamu hanya memperhatikan nilai ujian SIMAK UI mu saja tentu salah. Dalam rangkaian tes masuk universitas Indonesia ini juga akan melewati tes administratif. Untuk kamu yang tidak mempersiapkan dokumen administrasi secara baik, maka kamu tidak bisa mengikuti tes tertulis lho. Panitia ujian SIMAK UI bisa melakukan anulir jika dokumen administrasi yang disiapkan peserta tidak lengkap. Hal tersebut terjadi jika peserta tidak mengisi secara lengkap nilai, absen, hingga diskualifikasi yang disebabkan oleh kesalahan dalam pengisian kode set atau nomor peserta ujian.

Hal tersebut tentu menunjukkan bahwa kamu tidak bisa menyepelekan sedikitpun rangkaian tes yang diadakan panitia SIMAK UI. Menyepelekan sedikit saja dapat berujung fatal, tidak diterima Universitas Indonesia. Jadi, sebaiknya sebelum mulai mengerjakan tes, kamu menyiapkan dokumen dengan baik dan lengkap sesuai arahan panitia. Jangan sampai kamu tidak bisa lolos UI hanya karena berkas atau data yang kamu bawa tidak lengkap. Persiapkan jauh-jauh hari berkas untuk ujian SIMAK UI, selain itu selalu meminta restu orang tua agar segala usahamu berbuah manis.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

  1. Latisprivat.com

 



Beri Komentar

wa