Jangan Sampai Nilai PTS Jelek, Buruan Ikuti Tips Berikut! - Latiseducation

Jangan Sampai Nilai PTS Jelek, Buruan Ikuti Tips Berikut!

Tips and Trick 763 views

Siapa sih yang tidak deg-degan jika nilai PTS (Penilaian tengah semester) nya jelek? tentu kamu tidak mau kan kalau nilai ujian tengah semesternya jelek. kamu sudah belajar giat tapi nilai PTS nya masih jelek terus? cobalah untuk merubah cara belajar

halo sahabat latis!

Siapa sih yang tidak deg-degan jika nilai PTS (Penilaian tengah semester) nya jelek? tentu kamu tidak mau kan kalau nilai ujian tengah semesternya jelek. kamu sudah belajar giat tapi nilai PTS nya masih jelek terus? cobalah untuk merubah cara belajarmu atau bisa mengikuti les privat ya.

Baca Juga : bimbel simak ui

Pentingnya Nilai PTS

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

Nilai PTS menjadi penting karena tujuan diadakannya ujian ini untuk menjadi bahan evaluasi proses pembelajaran selama setengah semester. dengan adanya tes ini diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi ke depannya, tentu saja supaya semester berikutnya hasil ujian bisa lebih baik. tak hanya itu, ujian PTS ini diadakan untuk acuan dalam mengukur kemampuan murid terkait pemahamannya pada materi pelajaran. cara memahami materi dan konsep menyelesaikan soal tentu memberikan pengaruh pada hasil nilai PTS.

Untuk nilai hasil PTS yang kamu peroleh tentu penting. sebab, nilai ini menentukan rangking akhir, kenaikan kelas siswa hingga kelulusan siswa. maka dari itu, kamu wajib mempersiapkan diri untuk lebih siap menghadapi penilaian tengah semester.

Baca Juga : bimbel masuk ptn

Aplikasi pengolah nilai PTS

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

seiring berkembangnya teknologi, nilai PTS kini bisa diolah dengan memakai sebuah aplikasi. perhitungan yang rumit dan harus teliti itu kini sudah bisa dibantu aplikasi yang tentu saja memudahkan pekerjaan guru. aplikasi itu Bernama input nilai KD yang bermanfaat untuk memasukkan nilai kompetensi dasar siswa.

simak berbagai fitur yang ada di aplikasi ini:

  1. bobot nilai kompetensi

fitur ini hadir untuk menentukan jumlah bobot yang ada di masing-masing unsur nilai kompetensi dasar. untuk berbagai nilai kompetensi dasar itu terdiri dari portofolio, ulangan harian, tugas kelompok, kuis dan tugas individu.

untuk menentukan bobot nilai kompetensi tentu tidak sama pada tiap mata pelajaran dan kompetensi dasarnya. tentu semua itu dikembalikan lagi pada kebijakan tiap sekolah.

  1. bobot nilai rapor

untuk jenis fitur yang satu ini berguna untuk menghitung total nilai akhir semester pada rapor siswa. untuk aspek-aspeknya terdiri dari nilai ulangan harian, tuga, PTS dan PAS.

fitur jenis ini berguna dalam menentukan besaran persentase untuk nilai rata-rata kompetensi dasar, PTS hingga PAS. untuk besaran persentase nilai ini tidak sama untuk tiap mata pelajaran.

  1. SKBM

Fitur input SKBM ini memiliki fungsi untuk memasukkan detail standar kompetensi atau kompetensi dasar pada tiap mata pelajaran secara otomatis. cara input nilai SKBM dengan fitur ini memiliki bentuk tabel yang akan membantu hingga memudahkan guru saat menghitung nilai. selain itu, fitur ini juga bisa membantu menentukan kelulusan siswa pada tiap mata pelajaran.

  1. rekapitulasi

jenis fitur yang satu ini mempunyai tujuan untuk memaparkan jumlah keseluruhan nilai. untuk jumlah itu berdasarkan pada jenis ruang, kelas dan jurusan. jumlah rekapitukasi ini bisa berguna saat ada orang tua siswa atau wali yang menanyakan detail rincian nilai siswa.

  1. input nilai ekstra

setiap sekolah tentu mempunyai kegiatan ekstrakulikuler. meski bukan mata pelajaran pokok, tetapi program ini tetap memiliki nilai. untuk beberapa sekolah bahkan mempunyai kegiatan ekskul yang wajib diikuti oleh siswa. jumlah persentase nilai kegiatan ekskul dan mata pelajaran poko tentu tidak sama. maka dari itu, nilai ekskul ini dimasukkan ke fitur nilai ekstra demi mempermudah perhitungan nilai. dengan adanya fitur ini, guru akan lebih terarah dan cepat dalam menghitung nilai ekstrakulikuler siswa.

  1. input nilai kepribadian

nilai di sekolah bukan hanya tentang nilai akademik saja, melainkan ada pula nilai kepribadian. bahkan, kamu bisa saja tidak naik kelas karena kepribadianmu yang buruk. misalnya saja tidak disiplin, tidak rajin dan berani pada guru.

baca juga : bimbel snbt

nilai kepribadian ini dipakai sebagai bahan untuk mempertimbangkan nilai akhir semester. untuk fitur yang satu ini berguna untuk membantu guru saat menginput hasil perhitungan nilai kepribadian tiap siswa.

  1. input nilai PAS dan PTS

Tentu sama dengan nama fitur ini, kegunaannya untuk membantu guru untuk menginput nilai PAS atau PTS. Selain itu, fitur ini juga membantu menginput nilai ketuntasa mapel tertentu. bagi siswa yang memiliki nilai di bawah batas minimum, maka diarahkan untuk remidi.

baca juga : les privat sbmptn

Penyebab Nilai PTS kurang bagus

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

 

Sumber: Freepik

  1. kehabisan waktu saat mengerjakan soal membuat nilai PTS jelek

salah satu faktor yang memberikan pengaruh besar pada nilai PTS adalah waktu pengerjaan soal. biasanya, kebanyakan siswa akan terjebak pada soal yang sulit. padahal, siswa bisa mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu. jangan hanya fokus pada satu soal dan membuatmu kehabisan waktu.

cara mengerjakan soal yang seperti itu tentu akan beresiko dan kurang efektif. cobalah untuk mengalokasikan waktu pada tiap soal. selain itu, kamu bisa mengerjakan dari soal yang paling mudah.

  1. tidak belajar sebelumnya

ujian PTS ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kuis dan ulangan harian. ujian PTS ini tetap memerlukan tujuan dan perencanaan yang jelas. jika kamu tidak Menyusun tujuan dan rencana, tentu kamu akan kurang maksimal dalam mengerjakan soal. rencana yang kamu susun tentu bisa membantumu menemukan cara yang tepat dan cepat untuk menyelesaikan soal. setelah itu, kamu baru menentukan target nilai yang ingin diraih tentunya sesuai kemampuan siswa.

Tips Sukses mendapat nilai PTS bagus

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. belajar dengan rutin untuk nilai PTS yang bagus

untuk bisa mendapatkan nilai PTS yang bagus tentu ada hal yang kamu perjuangkan sahabat latis. sebenarnya tipsnya cukup mudah, kamu hanya perlu belajar dengan rutin. jangan belajar hanya saat akan menghadapi ujian saja.

dengan belajar rutin, kamu akan lebih optimal dalam memahami materi pelajaran. belajar dengan rutin bukan untuk memudahkanmu menyelesaikan soal PTS saja. tapi, dengan belajar rutin akan membuatmu memahami materi sampai akar-akarnya.

  1. buat jadwal belajar

sahabat latis perlu tahu bahwa waktu durasi belajar otak yang paling optimal adalah 30-50 menit saja. jika kamu memaksakan diri belajar dalam durasi yang lama, tentu akan sia-sia. kamu justru akan merasa Lelah dan mudah sakit. belajar tidak perlu lama, yang penting rutin. kamu perlu Menyusun skala prioritas materi yang sulit dikuasai.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

  1. latisprivat.com

 



Beri Komentar

wa