Jangan Salah Langkah, Simak Cara Efektif Belajar untuk Ujian Berikut! - Latiseducation

Jangan Salah Langkah, Simak Cara Efektif Belajar untuk Ujian Berikut!

News 218 views

Jika kamu merasa merasa malas belajar, penting untuk mencari cara efektif belajar untuk ujian. Belajar memang menjadi salah satu hal yang sering dianggap membosankan bagi beberapa orang.

Halo sahabat latis!

Jika kamu merasa merasa malas belajar, penting untuk mencari cara efektif belajar untuk ujian. Belajar memang menjadi salah satu hal yang sering dianggap membosankan bagi beberapa orang. Namun, sebenarnya belajar bisa menjadi hal yang mengasyikkan jika kamu menemukan cara yang tepat. Simak berbagai tips belajar yang efektif untuk menghadapi ujian berikut ini.

baca juga : bimbel simak ui

Langkah efektif belajar untuk ujian

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik.com

  1. Buat jadwal harian

Tips yang pertama untuk memotivasi belajar untuk ujian adalah dengan membuat list jadwal belajar. Langkah ini bisa membuatmu lebih produktif dan disiplin untuk belajar. Cobalah untuk membuat jadwal harian, jika perlu jadwal harian rutin dari kamu bangun tidur hingga tidur lagi.

baca juga : karantina ui

Dengan begitu, kamu akan lebih terstruktur dan bisa menentukan durasi waktu untuk belajar. Target belajar untuk ujian pun bisa disusun dengan tepat. Berawal dari membuat jadwal belajar, kamu nantinya akan terbiasa untuk belajar bahkan tanpa melihat daftar jadwal belajar.

  1. Durasi belajar selama 30 menit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kamu disarankan untuk membuat durasi belajar dari tiap mata pelajaran. Mengapa begitu? Tentu saja hal ini bertujuan untuk membuatmu fokus pada satu permasalahan. Umumnya, otak manusia bisa memahami informasi setidaknya 15 menit awal dan 15 menit akhir belajar. Belajar selama 30 menit dianggap sebagai cara yang paling efektif.

Saat sahabat latis belajar dengan durasi lama, kemungkinan untuk menyerap materinya tidak maksimal. Bahkan, belajar dalam durasi lama dianggap kurang efektif karena dalam rentang waktu tertentu otak manusia lebih mudah lupa. Maka dari itu, karena otak manusia tak selalu bisa memahami banyak materi dalam waktu yang sama. Maka, kamu disarankan belajar selama 30 menit.

  1. Membuat skala prioritas

Sahabat latis ingin belajar lebih efektif? Cobalah untuk membuat skala prioritas terlebih dulu. Kamu hanya perlu mengurutkan hal yang penting untuk didahulukan atau dikerjakan. Hal-hal yang paling penting menjadi prioritas yang harus diselesaikan lebih dulu.

baca juga : bimbel ui

Contohnya saja saat sahabat latis akan menghadapi ujian matematika. Maka dari itu, sahabat latis mulai memahami materi, kisi-kisi dan try out soal matematika. Dari hal-hal tersebut, kamu bisa menyusun materi mana saja yang sulit untuk dipahami. Kemudian, pelajari materi yang sulit itu lebih mendalam. Dijamin, kamu mampu menyelesaikan soal dalam waktu singkat.

Trik jitu belajar untuk ujian

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik.com

  1. Belajar untuk ujian membutuhkan jeda

Sahabat latis tentu ingin mendapat hasil belajar yang maksimal, namun di sela belajar untuk ujian kamu juga harus istirahat. Saat sahabat latis sudah belajar setidaknya 30 menit, berilah jeda untuk beristirahat atau melakukan aktivitas yang berbeda untuk membuat pikiran lebih fresh. Kamu bisa membaca novel atau bernyanyi untuk menghibur diri. Belajar dengan trik separuh demi separuh dianggap lebih efektif dari pada menyerap semua materi dalam satu waktu. Maksimalkan kinerja otakmu dengan belajar selama 30 menit dan memberi jeda sejenak.

  1. Memberi timer saat menyelesaikan soal sulit

Saat sahabat latis sedang mengerjakan soal yang sulit, kamu tentu akan merasa pusing mencari jawaban yang tepat. Cobalah untuk memakai timer selama 30 menit untuk membuatmu fokus tanpa harus memikirkan sisa waktu yang tersedia. Saat kamu memasang timer, dijamin juga akan lebih fokus dan akan memudahkanmu dalam menyelesaikan soal dengan tepat dan cepat.

baca juga : simak ui s2

  1. Mengatur waktu

Tips yang selanjutnya, pasang alarm, vitamin dan buku pelajaran. Kebanyakan dari sahabat latis pasti akan belajar semalaman suntuk untuk memahami sebuah mata pelajaran. Akan tetapi, cara ini dianggap kurang efektif. Sahabat latis bisa mencoba untuk memahaminya dengan cara membaginya menjadi beberapa waktu belajar. Misal saat malam hari, kamu belajar selama 2 jam, tentu sudah dengan jeda 30 menit ya. Lalu, saat siang hari kamu bisa melakukan hal yang sama. Beri nutrisi untuk tubuhmu agar tidak mudah sakit, makan makanan yang bernutrisi dan miliki waktu tidur yang cukup. Jangan sampai waktu belajarmu mengorbankan kesehatanmu.

Tips ampuh belajar untuk ujian

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik.com

  1. Belajar untuk ujian jangan menghafal, pahami materi

Mungkin beberapa dari sahabat latis masih ada yang belajar untuk ujian dengan cara menghafal ya? Sebaiknya, cara ini tidak lagi digunakan. Belajar dengan menghafal akan lebih mudah dilupakan oleh otak. Cobalah untuk memahami materi pelajaran secara mendalam. Saat sahabat latis benar-benar memahami materi dengan baik. Tentu kamu bisa menguasai berbagai jenis soal. Efek baiknya, materi juga akan disimpan di dalam otak dalam waktu yang lebih lama. Maka dari itu, bila kamu belajar pahamilah materinya dengan baik. Bila sulit, kamu bisa meminta orang tua untuk mendaftarkan les privat.

  1. Minimalisir penggunaan gadget

Seiring perkembangan teknologi memang akan membuatmu membutuhkan gadget, bahkan hingga ketergantungan. Namun, saat kamu belajar cobalah untuk menjauhkan gadget agar lebih fokus. Sebenarnya kamu bisa mencoba untuk memakai laptop atau gadgetmu untuk belajar dan menemukan berbagai informasi. Manfaatkan teknologi untuk memudahkanmu dalam belajar.

Panduan belajar untuk ujian

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik.com

  1. Belajar untuk ujian dari jauh-jauh hari

Beberapa sahabat latis tentu sering belajar memakai sistem kebut semalam. Cara belajar seperti itu tentu tidak efektif karena justru akan mengurangi jam tidurmu. Saat seseorang kurang istirahat, kamu akan mudah sakit sehingga menjadi tidak fokus dalam menjawab soal ujian.

Selain itu, saat sahabat latis tidak mempunyai waktu tidur yang cukup otak akan bekerja tidak maksimal. Bahkan bisa blank dengan materi yang telah dipelajari.

  1. Ikut belajar kelompok

Saat belajar, tentu sahabat latis sering merasa bosan. Untuk membuat belajar lebih menyenangkan, sahabat latis bisa ikut belajar kelompok dengan teman-teman yang lain. Namun, tetap batasi jumlah teman belajarnya ya. Kamu hanya perlu dua sampai tiga teman saja agar suasana belajar tetap kondusif. Jika terlalu banyak orang, yang ada justru tidak fokus belajar dan banyak berbincang-bincang.

Sudah cukup untuk meminimalkan terlalu banyak mengobrol dan bercanda sehingga menjadi tidak fokus belajar.

  1. Memahami kisi-kisi

Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian di sekolah, ada baiknya kamu memahami kisi-kisi yang biasanya disampaikan oleh guru. Umumnya, kisi-kisi itu akan keluar di soal dengan bahasa yang berbeda. Model soalnya biasanya tidak terlalu jauh dari kisi-kisi.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di latis education.

 

Referensi :

 

  1. Latisprivat.com

 



Beri Komentar

wa