Jangan Sampai Stress Saat Belajar, Atasi dengan Tips-tips Berikut ini! - Latiseducation

Jangan Sampai Stress Saat Belajar, Atasi dengan Tips-tips Berikut ini!

Tips and Trick 256 views

Sahabat latis pasti sering merasa stress dan ingin mengatasi stress belajar? Tentu bisa, kamu perlu mengatasi stress belajar untuk menghadapi ujian dengan baik. Ada berbagai jenis penyebab dan cara mudah yang bisa kamu lakukan. Simak ulasan berikut i

Halo sahabat latis!

 

Sahabat latis pasti sering merasa stress dan ingin mengatasi stress belajar? Tentu bisa, kamu perlu mengatasi stress belajar untuk menghadapi ujian dengan baik. Ada berbagai jenis penyebab dan cara mudah yang bisa kamu lakukan. Simak ulasan berikut ini:

baca juga : les privat snbt

Faktor stress belajar

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik

  1. Stress belajar karena mendapat nilai yang jelek

Salah satu penyebab stress belajar terjadi pada siswa bisa saja karena siswa itu pernah mendapat nilai yang jelek. Pengalaman inilah yang menjadikan siswa kecewa dan malas untuk belajar. Akhirnya, setiap siswa hendak belajar justru akan merasa cemas dan stress. Terlebih saat ujian sekolah sudah hampir dekat.

  1. Minim persiapan

Faktor penyebab terjadinya stress belajar juga bisa disebabkan oleh sikap menunda belajar. Biasanya, saat kamu menunda kegiatan belajar justru akan membuatmu stress saat waktu ujian sudah makin mendekat. Minimnya persiapan untuk menghadapi ujian tentu akan membuatmu merasa cemas dan stress.

  1. Takut mendapat nilai jelek

Terakhir, faktor yang bisa menjadi penyebab kamu merasa stress saat belajar adalah adanya perasaan takut saat mendapat nilai jelek. Perasaan takut gagal inilah yang membuatmu makin stress saat waktu ujian makin dekat. Siswa biasanya akan merasa tertekan karena dibayangi mendapat nilai yang buruk.

baca juga : bimbel snbt

Trik jitu mengatasi stress belajar

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik

  1. Mengatasi stress belajar dengan persiapan

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa penyebab stress belajar adalah minimnya persiapan yang dilakukan siswa. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan ini kamu bisa memaksimalkan persiapan belajarnya. Jika kamu sudah mengetahui jadwal ujian sekolahmu, maka persiapkan dirimu sejak bulan sebelumnya atau beberapa minggu sebelum waktu ujian tiba. Apalagi jika kamu akan menjalani ujian sekolah atau ujian utbk. Tentu persiapannya harus maksimal ya.

  1. Mengatur waktu belajar

Kamu tidak ingin merasa stress saat belajar? Cobalah untuk mulai mengatur dan membuat jadwal belajar. Buatlah jadwal belajar sesuai dengan waktu yang kamu sukai. Pastikan juga bahwa kamu akan mematuhi jadwal belajar yang kamu buat tersebut. Selain itu, mulailah belajar dengan durasi waktu yang tepat yakni selama 30 menit agar tidak merasa stress berlebihan.

  1. Komunikasikan dengan guru

Jika kamu akan belajar untuk menghadapi ujian sekolah, maka kamu bisa bertanya pada gurumu. Pertanyaan itu terkait jenis-jenis tes yang diujikan atau minta kisi-kisi soalnya. Kamu bisa mengkomunikasikan pada gurumu tentang perasaan cemas yang kamu rasakan saat menghadapi ujian sekolah. Tentu guru akan memberimu saran untuk lebih siap menghadapi tes dan menghilangkan perasaan cemas atau stress.

  1. Memperlajari metode relaksasi

Tentu kamu mengenal sebuah cara untuk mengatasi stress selama belajar. Cobalah untuk menenangkan diri untuk menghadapi stress dengan cara relaksasi. Kamu hanya perlu menarik napas dalam-dalam, tutup mata dan bayangkan hal-hal positif atau hal-hal yang kamu suka. Cara ini sudah terbukti bisa membuatmu rileks dan tidak merasa stress berlebihan lho.

  1. Mengonsumsi makanan bergizi

Saat belajar, otak manusia tentu memerlukan bahan bakar agar bisa berfungsi dengan baik. Bahan bakar tersebut tentu berasal dari makanan yang bergizi dan cairan yang cukup. Maka dari itu, meski kamu sedang mempersiapkan ujian sekolah, jangan sampai melewatkan waktu makan dan minum air putih sesuai kebutuhan.

baca juga : bimbel masuk ptn

Jangan hanya memforsir tubuh untuk belajar. Kamu perlu minum setidaknya 2 liter air putih tiap hari. Jika perlu, jauhi minuman bersoda dan minuman manis agar gula darah tidak meningkat. Jangan minum-minuman yang berkafein dan minuman berenergi yang bisa memicu perasaan cemas berlebih.

Aktivitas untuk mengatasi stress belajar

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik

  1. Olahraga untuk mengatasi stress belajar

Saat kamu merasa stress dan cemas berlebihan saat belajar, cobalah untuk meluangkan waktu untuk berolahraga. Melakukan aktivitas olahraga tidak hanya membuat badanmu menjadi sehat. Olahraga juga bisa memberikan manfaat mengurangi perasaan cemas dan stress. Hal itu dikarenakan saat berolahraga tubuhmu akan melepaskan hormone penyebab stress yakni kortisol dan adrenalin. Tak hanya itu saja, saat kamu berolahraga maka hormone endorphin akan meningkat. Hormon ini berguna untuk meningkatkan suasana hati agar membaik.

  1. Tidur yang cukup

Hindari sistem belajar kebut semalam saat menghadapi ujian sekolah. Begadang semalaman tidak akan membuatmu memahami materi dengan baik. Yang ada justru kamu akan kekurangan waktu tidur. Akibatnya, konsentrasimu akan terpecah dan sulit untuk fokus. Justru kamu akan merasa makin stress. Upayakan untuk bisa tidur setidaknya 8 atau 9 jam setiap harinya.

  1. Kurangi sikap perfeksionis

Sifat perfeksionis memang bagus, akan tetapi bila berlebihan akan memberi dampak yang kurang baik untuk dirimu sendiri. Sikap ini akan membuatmu makin mudah lelah dan stress saat belajar. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi sikap perfeksionis.

baca juga : bimbel utbk

Cobalah untuk menerima dan memaafkan diri sendiri saat membuat kesalahan atau saat lelah belajar. Terkadang, saat kamu melakukan kesalahan akan menjadijanmu lebih baik karena belajar dari kegagalan di masa lalu. Saat kamu belajar mengerjakan soal-soal ujian dan masih menerima hasil yang tidak baik, cobalah untuk mengendalikan diri sendiri. Teruslah belajar dan jangan pernah menyerah.

Langkah mengatasi stress belajar

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik

  1. Mengatasi stress belajar dengan aktivitas fisik

Untuk mengatasi masalah stress belajar, kamu hanya perlu melakukan aktivitas fisik selama beberapa menit saja lho. Aktivitas ini bisa kamu lakukan hanya di kamar. Namun, jika kamu ingin lebih fresh cobalah untuk datang ke tempat gym atau lapangan olahraga. Kamu bisa melakukan berbagai gerakan dengan bebas, mengeluarkan keringat juga bisa membuat dirimu lebih rileks.

  1. Isi energi saat stress belajar

Ujian memang sudah dekat, namun belajar terus menerus tentu akan membuatmu stress. Agar kamu tidak stress cobalah luangkan waktu untuk pergi menonton bioskop, menonton film, menenangkan diri di taman dan bertemu dengan teman-temanmu. Hal-hal itu tentu akan membuatmu lega dan melepaskan kepenatan atau ketegangan saat belajar menghadapi ujian. Stress saat belajar tentu hal yang tidak baik. Maka dari itu, cobalah untuk mengalihkan sejenak perhatianmu. Kamu juga bisa melakukan hobimu untuk menghilangkan perasaan stress, misalnya dengan naik sepeda atau membaca buku.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

1. latisprivat.com

 

2. riliv.co

 



Beri Komentar

wa