Ujian Sekolah Membuatmu Pusing? Hadapi dengan Tips Berikut Ini! - Latiseducation

Ujian Sekolah Membuatmu Pusing? Hadapi dengan Tips Berikut Ini!

Tips and Trick 327 views

Untuk bisa menghadapi ujian sekolah yang cukup sulit, kamu tentu harus belajar dengan giat. Ujian sekolah sendiri terdiri atas beberapa jenis tes tiap semesternya. Ujian sekolah berguna untuk menguji kemampuan siswa dan mengetahui tingkat pemahama

Halo sahabat latis!

Untuk bisa menghadapi ujian sekolah yang cukup sulit, kamu tentu harus belajar dengan giat. Ujian sekolah sendiri terdiri atas beberapa jenis tes tiap semesternya. Ujian sekolah berguna untuk menguji kemampuan siswa dan mengetahui tingkat pemahaman siswa. Ingin mendapat nilai yang bagus? Simak artikel berikut ini.

baca juga : les privat snbt

Apa saja Jenis Ujian Sekolah?

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

Ujian sekolah terdiri atas beberapa tes seperti penilaian tengah semester (PTS), penilaian akhir semester (PAS) dan penilaian akhir tahun (PAT).

  1. Penilaian tengah semester (PTS)

Jenis ujian sekolah yang pertama adalah penilaian tengah semester. Sebelumnya, ujian ini Bernama ujian tengah semester (UTS). Namun, saat ini untuk penyebutannya ada sedikit perbedaan. Akan tetapi, untuk jenis kegiatannya tidak jauh berbeda. Penilaian tengah semester berisi tes atau ujian sekolah yang biasa diadakan di tengah semester atau tepatnya triwulan.

baca juga : bimbel snbt

Saat pandemi covid menyerang undonesia, metode penilaian yang dipakai adalah dengan portofolio dan dengan tes online. Pada tahun 2021 tersebut juga dipakai untuk mengambil nilai karena saat pandemi itu guru tidak bisa mengajar atau mengadakan ujian secara langsung dengan siswa.

  1. Penilaian akhir semester (PAS)

Jenis ujian akhir semester yang kedua ada penilaian akhir semester. Sebelumnya ujian ini Bernama UAS atau ujian akhir semester. Tak berbeda jauh dengan UAS, ujian ini dilakukan untuk menguji kemampuan siswa. Yang membedakan PAS dengan PTS adalah waktu penyelenggaraannya. Pada tahun 2021, ujian PAS ini juga dilakukan secara online untuk mencegah penyebaran virus corona.

Ujian sekolah ini diadakan di semester ganjir atau semester satu. Karena saat perubahan nama UAS dan PAS saat corona, maka ujian PAS ini dilakukan secara online dan offline. Jadi, siswa tidak selalu mengerjakan tes di ruang kelas melainkan campuran.

baca juga : bimbel kedokteran

Ragam jenis ujian sekolah

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. Penilaian akhir tahun (PAT)

Ujian sekolah jenis ini digunakan untuk menentukan kenaikan kelas. Pada beberapa tahun sebelumnya, tes ini Bernama ujian kenaikan kelas. Akan tetapi, tes ini diganti dengan sebutan penilaian akhir tahun. Ujian sekolah yang satu ini dipakai untuk mengambil nilai siswa secara offline ataupun online.

  1. Penilaian harian

Ujian sekolah juga dilakukan setiap hari lho, untuk tes ini diberi nama penilaian harian. Tes ini diadakan dengan memakai metode perbaikan dan juga pengayaan. Tes ini diselenggarakan sesuai tingkatan kelas dan kompetensi yang dimiliki siswa. Sesuai dengan namanya, penilaian harian ini diadakan dengan cara ulangan harian setelah atau sebelum guru mengajar.

baca juga : persiapan simak ui

Kehadiran penilaian harian ini tentu berguna untuk mengevaluasi tingkat kemampuan siswa mengenai materi yang telah diajarkan. Tak hanya untuk mengumpulkan nilai saja, tes ini bertujuan sebagai tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi. Sehingga, jika ada materi yang masih kurang jelas guru akan mengulang penjelasannya.

  1. Ujian sekolah (US)

Ujian sekolah ini dimaksudkan sebagai ujian yang berguna untuk menentukan kelulusan siswa. Ujian sekolah ini tetap diadakan hingga saat ini. Hal yang membedakannya ada pada teknis atau cara penyelenggaraan ujian sekolah yang agak berbeda.

Ujian sekolah ini cukup memberikan pengaruh pada penentuan kelulusan siswa. Meski, persentase hasil ujian sekolah tidak sepenuhnya menentukan kelulusan.

Perbedaan jenis ujian sekolah berdasarkan jenjang kelas

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

Hingga saat ini, berbagai jenis ujian sekolah ini hanya ada sedikit perbedaan pada soal yang diujikan yakni sesuai dengan tingkat kompetensi siswa. Untuk singkatannya hanya ada sedikit perbedaan, namun masih merujuk ujian yang sama. Perbedaan selanjutnya yakni ada pada cara penyelenggaraannya. Untuk jenis ujian sekolah yang baru bisa diadakan dengan cara online, offline atau campuran keduanya.

Faktor yang melatarbelakangi perbedaan itu tentu sesuai dengan keputusan sekolah masing-masing. Meski begitu, secara umum keseluruhan ujian diatur oleh peraturan Menteri Pendidikan terkait Teknik pelaksanaannya. Berikut beberapa peraturan penyelenggaraan penilaian akhir sekolah (PAS):

  1. Penilaian akhir sekolah menjadi syarat siswa agar bisa naik kelas. Ujian ini didesain untuk mendorong kegiatan belajar siswa. Untuk jenis ujian yang satu ini tidak memerlukan capaian kurikulum secara keseluruhan.
  2. Ujian diadakan dengan bentuk portofolio yakni nilai sikap, nilai rapor dan hasil praktik/karya siswa.
  3. Ujian diadakan dengan adanya penugasan dari pihak sekolah. Tugas diberika sesuai dengan materi yang telah diajarkan.
  4. Ujian ini bisa diadakan bersama penilaian lain yang diatur oleh sekolah seperti penugasan daring, praktik dan ujian lisan

Tips belajar ujian sekolah

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. Belajar untuk ujian sekolah dengan durasi yang efektif

Untuk mulai belajar, kamu perlu untuk menentukan lama durasi belajar. Hal ini tentu penting karena berkaitan dengan porsi belajar yang efektif. Lama waktu belajar tentu sangat menentukan pemahaman siswa. Jika kamu berpikir makin lama belajar akan membuatmu mudah memahami materi tentu salah. Justru waktu yang paling efektif untuk belajar adalah 30 menit.

  1. Mengasah kemampuan

Untuk menghadapi ujian sekolah tentu kamu harus mampu mengasah kemampuan berpikir kritismu. Menjawab ujian sekolah yang cukup sulit tentu membutuhkan kecerdasan berpikir. Kamu bisa mengasahnya dengan cara mengerjakan soal secara rutin. Dengan begitu, kamu akan terbiasa untuk mengerjakan berbagai jenis soal.

  1. Memahami konsep materi

Kamu akan mudah mengerjakan berbagai jenis soal ujian sekolah jika terlebih dulu memahami konsep materinya. Saat sudah memahami materi, kamu akan terlatih untuk menyelesaikan soal dengan tepat dan cepat. Hindari belajar dengan cara menghafal, sebab tidak semua soal yang kamu pelajari persis sama dengan soal yang asli.

  1. Review materi

Tips ini tentu mudah untuk dilakukan, kamu hanya perlu mempelajari Kembali materi yang telah dipelajari. Mereview ulang materi akan membuatmu lebih mudah memahami dan mengingat materi tanpa menghafalnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan evaluasi mengenai tingkat pemahaman materi.

  1. Latihan soal

Tak hanya saat hendak menghadapi ujian UTBK saja kamu mengerjakan soal try out. Untuk menghadapi ujian sekolah kamu juga bisa mengerjakan kisi-kisi soal yang ada. Mengerjakan Latihan soal akan membuatmu lebih siap dalam menghadapi ujian. Selain itu, kamu akan lebih cepat menyelesaikan soal karena sudah terbiasa dengan pola soalnya.

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

1. latisprivat.com

 



Beri Komentar

wa