Edisi Tokoh Bangsa: Belajar Ala BJ Habibie, Belajar Cerdas dan Bijaksana - Latiseducation

Edisi Tokoh Bangsa: Belajar Ala BJ Habibie, Belajar Cerdas dan Bijaksana

Tips and Trick 312 views

Belajar akan jadi menyenangkan saat memakai cara yang dimiliki tokoh-tokoh penting. salah satunya, ada berbagai tips belajar ala BJ Habibie yang bisa kamu tiru. BJ Habibie adalah presiden RI yang ketiga. beliau terkenal dengan kecerdasaannya, maka ta

Halo Sahabat Latis!

Belajar akan jadi menyenangkan saat memakai cara yang dimiliki tokoh-tokoh penting. salah satunya, ada berbagai tips belajar ala BJ Habibie yang bisa kamu tiru. BJ Habibie adalah presiden RI yang ketiga. beliau terkenal dengan kecerdasaannya, maka tak heran banyak yang ingin menjadi pintar seperti BJ Habibie.

baca juga : bimbel utbk

Kiat Belajar ala BJ Habibie

es privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. bangung di pagi hari

tips belajar ala BJ Habibie yang pertama bisa kamu lakukan adalah kebiasaan bangun pagi. sebab, untuk bisa membuatmu bangun lebih awal maka kamu juga harus memperbaiki tidur malam. jadi, kamu harus mulai mengurangi kebiasaan buruk seperti begadang. cobalah untuk tidur lebih awal, misalnya saja jam 9 atau jam 10 malam.

bila kamu masih merasa kesulitan untuk bisa bangun pagi, cobalah untuk memakai alarm dan jam weker. kamu harus tahu bahwa saat bangun di pagi hari, otak akan cenderung lebih fresh dan jernih. dengan begitu, momen seperti itulah yang tepat untuk digunakan belajar di pagi hari.

  1. rasa ingin tahu

saat kamu hendak membuat semangat belajar meningkat, cobalah untuk mulai menyukai materi atau berbagai hal yang dipelajari. dengan begitu, kamu akan merasa senang selama belajar. saat kamu suka dengan sebuah mata pelajaran, maka rasa ingin tahu tentang informasi mapel itu akan selalu muncul.

tak sampai di situ, kamu juga bisa mencoba untuk membuat daftar pertanyaan sekaligus menjawabnya memakai bahasamu sendiri. kiat belajar ala BJ Habibie ini digunakan untuk membuatmu lebih mudah paham dan mengerti materi dengan cepat.

  1. atur jadwal belajar

hal ini menjadi penting agar waktu belajarmu teratur. jadi, saat kamu belajar tidak memakan waktu yang terlalu banyak dan tidak kurang. sebab, kamu tentu mempunyai aktivitas lain di luar jam belajar.

baca juga : les privat snbt

jadwal belajar ini dibuat menyesuaikan dengan kebutuhan belajarmu. sebab, setiap orang tentu mempunyai kesibukan yang berbeda. maka dari itu, kamu wajib membuat jadwal yang cocok dengan kebutuhanmu. berikan batas waktu untuk belajar dan juga bermain. bahkan, kamu bisa memanfaatkan alarm agar semua kegiatan berjalan tepat waktu.

  1. suka membaca buku

tentu sudah bukan rahasia lagi bila BJ Habibie menyukai buku. membaca buku berguna untuk meningkatkan kemampuan otak. kamu bisa mulai membaca buku dengan genre apa saja, sesuaikan dengan seleramu. tak harus fokus pada satu jenis buku pelajaran, namun kamu bisa membaca buku di luar mata pelajaran.

kamu bisa menyesuaikan dengan selera yang kamu inginkan. jika kamu merasa kesulitan untuk membaca buku secara fisik, maka kamu bisa membaca melalui gadget. saat ini juga sudah ada teknologi yang Bernama audio book lho.

Tips belajar ala BJ Habibie

es privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. memanfaatkan liburan

jika kebanyakan orang memanfaatkan waktu liburannya untuk berlibur dan bermain saja. maka berbeda dengan BJ Habibie, beliau memanfaatkan waktu itu untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat. selain itu, beliau juga melakukan banyak hal yang membuka kesempatan untuk menemukan hal baru. misalnya saja seperti mengikuti lomba atau kompetisi, kerja paruh waktu hingga kursus. dengan begitu, cobalah untuk memulai membuat daftar rencana untuk berlibur. tentu kamu tetap bisa bermain, namun jangan kamu habiskan liburanmu dengan kegiatan bersantai dan bermain saja ya. jangan lupa upgrade diri!

  1. manfaatkan waktu 24 jam

setiap orang tentu mempunyai jatah waktu yang sama yaitu 24 jam selama satu hari. yang membedakannya adalah pada penggunaan waktu tersebut. beberapa orang menggunakan banyak waktu untuk bermain.

namun, banyak pula orang yang menggunakan banyak waktu dalam 24 jam untuk belajar.  BJ Habibie pernah menyampaikan bahwa waktu tidurnya hanya 3 hingga 4 jam saja. selebihnya, BJ Habibie menggunakan waktunya untuk bekerja dan belajar.

menurut BJ Habibie, waktu merupakan hal yang penting dan hendaknya dihargai sebaik mungkin. BJ Habibie tidak pernah menyaia-nyiakan waktunya. namun, bukan berarti kamu harus tidur 3 jam dalam sehari ya. kamu bisa tidur sesuai dengan kebutuhanmu. yang terpenting, manfaatkan waktumu sebaik mungkin.

menurut BJ Habibie, “waktu adalah hal yang tak bisa diubah, masa depan tak bisa diraba”. jadi, manfaatkan waktumu sebaik mungkin.

baca juga : bimbel snbt

Strategi belajar ala BJ Habibie

es privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. seimbangkan 3 elemen

BJ Habibie menganggap terdapat 3 elemen dalam kehidupan yang wajib seimbang yaitu agama, iptek dan budaya. semua hal itu harus seimbang sebab mempunyai keterikatan yang erat. bukan hanya mempunyai ilmu yang tinggi saja, namun juga harus mempunyai pengalaman yang baik tentang pengetahuan itu.

tak hanya mempunyai pengetahuan agama yang tinggi saja, namun juga mempunyai kualitas pengalaman yang terbaik. dan tidak hanya mempunyai pengetahuan sosial yang tinggi saja, tapi juga mempunyai kemampuan yang baik untuk bersosialisasi.

  1. bersinergi

bersinergi merupakan hal yang manjur dalam belajar. belajar adlaah proses yang membuatmu jadi tahu, sebelumnya tidak tahu. proses yang berkaitan dengan mental yang Tangguh. kamu tentu akan menemukan materi yang sulit dan soal yang sulit dikerjakan. namun, bila kamu kuat dan Tangguh, maka sesulit apapun soalnya juga akan selesai.

Belajar ala BJ Habibie yang Wajib ditiru

es privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik

  1. disiplin

BJ Habibie selalu bersikap disiplin dalam segala aspek kehidupannnya. orang di sekitarnya mengakui jika beliau mempunyai sikap yang sangat disiplin. disiplin berarti tidak menunda pekerjaan dan kegiatan belajar. maka dari itu, penting untuk membuat jadwal belajar dan mentaatinya.

saat kamu menjadi orang yang disiplin, maka tanpa sadar kamu menjadi orang yang tepat waktu. orang yang disiplin tidak suka membuang-buang waktu. baginya, setiap waktu adalah berharga dan sangat disayangkan bila tidak dilakukan untuk hal yang bermanfaat.

  1. menjadi mata air

prinsip yang satu ini bermakna mampu memberikan kontribusi nyata untuk bermanfaat bagi orang di sekitar. belajar tentu akan membuatmu menambah pengetahuan. maka dari itu, jadilah mata air yang senantiasa tidak pelit ilmu dengan orang lain.

baca juga : les privat utbk

setiap pembelajar wajib mempunyai prinsip yang teguh dan kuat karena saat belajar akan bertemu dengan banyak rintangan. kamu harus menemukan berbagai alasan agar semangat belajar terus membara. cobalah untuk meniru tips belajar para tokoh bangsa agar menular semangat belajarnya.


Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

  1. latisprivat.com

 

 

 



Beri Komentar

wa