Unsur-unsur Intrinsik Cerpen | Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP - Latiseducation

Unsur-unsur Intrinsik Cerpen | Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP

Konsep Pelajaran 561 views

Cerpen atau cerita pendek memiliki unsur-unsur intrinsik cerpen, apa kalian tahu apa saja itu? Kalau belum, cari tahu penjelasan selengkapnya di artikel berikut ini ya!

Halo, Sahabat Latis Education!

Cerpen atau Cerita Pendek adalah bentuk sastra yang sering dihadirkan dalam kurikulum Bahasa Indonesia untuk siswa kelas 7 SMP. Pada tingkat ini, penting untuk memahami unsur-unsur intrinsik cerpen, yaitu unsur-unsur yang ada di dalam teks cerita itu sendiri.

Nah, di dalam artikel ini, kita akan menjelajahi unsur-unsur intrinsik cerpen yang perlu dipahami oleh kalian semua. Penasaran? Simak sampai habis ya!

Baca juga: bimbel simak ui 

Pengertian Cerpen

Sumber: Freepik

Cerpen, atau Cerita Pendek, adalah suatu bentuk karya sastra yang memiliki cakupan cerita yang singkat, padat, dan terfokus pada satu tema atau peristiwa utama. Dalam cerpen, penulis berusaha menyampaikan pesan atau makna tertentu dengan memanfaatkan kekompakan dan keterbatasan ruang.

Ciri-Ciri Cerpen

Adapun ciri-ciri dari cerita pendek yaitu:

1. Singkat dan Padat

Cerpen memiliki panjang yang relatif pendek dibandingkan dengan bentuk sastra yang lebih panjang seperti novel. Hal ini memungkinkan cerpen untuk menyampaikan cerita atau pesan dalam waktu singkat.

2. Satu Tema atau Konflik Utama

Cerpen sering kali terfokus pada satu tema atau konflik utama. Ini membantu cerpen untuk menjaga fokus dan kejelasan cerita.

3. Tokoh Terbatas

Keterbatasan ruang dalam cerpen membuat jumlah tokoh cenderung terbatas. Penulis berfokus pada karakter utama atau beberapa karakter kunci untuk mengembangkan cerita.

4. Alur Cepat

Alur cerpen biasanya berlangsung dengan cepat. Peningkatan konflik, klimaks, dan resolusi dikemas dalam waktu yang singkat, menciptakan kejutan atau ketegangan.

5. Cerita Terfokus

Cerpen memiliki fokus yang jelas pada cerita utama tanpa terlalu banyak menyisipkan sub-plot yang rumit. Setiap elemen cerita mendukung pengembangan tema utama.

Baca juga: karantina simak ui 

6. Tidak Ada Pembukaan yang Panjang

Cerpen cenderung memulai cerita langsung tanpa memperpanjang pembukaan. Ini memberikan pembaca gambaran cepat tentang esensi cerita.

7. Mengandung Amanat atau Makna

Banyak cerpen menyampaikan amanat atau makna tertentu. Pesan moral atau refleksi terdapat di dalam cerita, memberikan pembaca sesuatu untuk dipertimbangkan.

8. Gaya Bahasa Khas

Penulis sering menggunakan gaya bahasa yang khas untuk menciptakan suasana dan emosi tertentu. Gaya bahasa ini membantu menentukan karakter cerpen.

Cerpen menjadi medium yang efektif untuk mengeksplorasi berbagai tema dan menyampaikan cerita dengan cara yang singkat serta kuat. Dengan memahami ciri-ciri ini, kalian dapat lebih menikmati dan menghargai keindahan cerita pendek lebih baik.

Unsur-unsur Intrinsik Cerpen