Bagian Tubuh Tumbuhan, Contoh Soal & Pembahasannya|IPA Kelas 4 SD - Latiseducation

Bagian Tubuh Tumbuhan, Contoh Soal & Pembahasannya|IPA Kelas 4 SD

Konsep Pelajaran 729 views

Tumbuhan adalah organisme hidup dengan bagian tubuh tumbuhan yang sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Setiap bagian tumbuhan memiliki fungsi khusus yang mendukung proses kehidupan mereka. Memahami bagian-bagian tumbuhan membantu dalam memaham

 Halo Sahabat Latis!

Tumbuhan adalah organisme hidup dengan bagian tubuh tumbuhan yang sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Setiap bagian tumbuhan memiliki fungsi khusus yang mendukung proses kehidupan mereka. Memahami bagian-bagian tumbuhan membantu dalam memahami anatomi tumbuhan secara keseluruhan. Anatomi tersebut meliputi akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Pengetahuan ini berguna dalam menganalisis struktur dan fungsi masing-masing bagian.

Ciri-ciri Tumbuhan

Sumber: Freepik

Sebelum mempelajari bagian tubuh tumbuhan lebih lanjut, pahami dulu ciri-ciri tumbuhan seperti berikut:

1.     Organisme Multisel dengan Sel Eukariotik

 Tumbuhan terdiri dari banyak sel, dan sel-sel ini memiliki inti sel (eukariotik). Keberadaan inti sel membedakan tumbuhan dari organisme prokariotik.

2.     Kutikula

Tumbuhan memiliki lapisan pelindung luar yang disebut kutikula. Kutikula ini berperan dalam mengurangi penguapan air dan melindungi tumbuhan dari kondisi lingkungan yang keras.

3.     Autotrof

Tumbuhan adalah organisme autotrof, yang berarti mereka mampu membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Mereka menggunakan energi matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen.

4.     Jaringan Pengangkut

Tumbuhan memiliki jaringan pengangkut yang terdiri dari xilem dan floem. Xilem membawa air dan mineral dari akar ke seluruh tanaman, sedangkan floem membawa hasil fotosintesis ke seluruh tanaman.

5.     Plastida

Plastida merupakan struktur yang sangat penting dalam fotosintesis. Mereka mengandung pigmen hijau klorofil yang memberikan warna pada tumbuhan.

6.     Bereproduksi Secara Seksual atau Aseksual

Tumbuhan dapat berkembang biak melalui berbagai cara, termasuk pembelahan sel, biji, spora, dan proses seksual melalui bunga dan polinasi.

7.     Bernapas Melalui Stomata

Proses pernapasan tumbuhan terjadi melalui stomata, pori-pori kecil di permukaan daun yang memungkinkan pertukaran gas, termasuk masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida.

 

Baca juga: bimbel simak ui 

Bagian Tubuh Tumbuhan

Sumber: Freepik

Tumbuhan adalah organisme hidup yang memainkan peran krusial dalam ekosistem Bumi. Dari hutan lebat hingga taman di halaman belakang kita, tumbuhan hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, menyediakan kebutuhan dasar bagi kehidupan di planet ini. Dalam Berikut ini adalah bagian tumbuhan dan fungsinya:

1.     Akar
Akar adalah bagian tubuh tumbuhan yang terletak di bawah tanah dan bertanggung jawab untuk menyerap air dan nutrisi dari tanah. Akar juga berfungsi sebagai penyangga bagi tanaman, menjaga agar tanaman tetap kokoh dan stabil dalam tanah.

2. Batang
Batang adalah bagian tumbuhan yang menghubungkan akar dengan daun. Fungsi utama batang adalah mendukung struktur tanaman dan menyediakan saluran untuk transportasi air, nutrisi, dan zat organik dari akar ke daun dan sebaliknya.

3. Daun
Daun merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling terlihat dari tumbuhan. Fungsi utama daun adalah melakukan fotosintesis, di mana tumbuhan menghasilkan energi dengan menggunakan sinar matahari, karbon dioksida, dan air. Daun juga berperan dalam pertukaran gas, melepaskan oksigen ke udara dan menyerap karbon dioksida.

4. Bunga
Bunga adalah organ reproduksi tumbuhan yang menghasilkan benih. Fungsi utama bunga adalah memproduksi sel kelamin (sel telur dan sperma) dan mendukung proses pembuahan. Selain itu, bunga juga memiliki daya tarik estetika yang penting untuk menarik serangga penyerbuk.

5. Buah
Buah adalah hasil dari proses pembuahan bunga dan mengandung biji tumbuhan. Buah memiliki peran penting dalam penyebaran biji, karena sering kali disukai oleh hewan yang kemudian membantu menyebarkan biji-biji tumbuhan ke tempat-tempat baru.

6. Biji
Biji merupakan bagian tubuh tumbuhan yang berisi embrio, cadangan makanan, dan lapisan pelindung. Fungsi biji adalah untuk menyimpan dan melindungi embrio tumbuhan serta menyediakan cadangan makanan yang diperlukan untuk pertumbuhan awal tanaman.

7. Stomata
Stomata adalah struktur kecil yang terdapat pada permukaan daun dan batang yang berfungsi untuk mengatur pertukaran gas. Stomata membuka diri untuk memungkinkan masuknya karbon dioksida dan keluarnya oksigen serta uap air.

8. Kambium
Kambium adalah lapisan jaringan meristematik yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sekunder pada tumbuhan. Ini menciptakan jaringan pengangkut, seperti kayu dan kulit, yang membantu tumbuhan menjadi lebih besar dan kokoh.

Baca juga: karantina simak ui 

Manfaat Tumbuhan

Sumber: Freepik

Tumbuhan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dan ekosistem, termasuk:

a. Menghasilkan oksigen

Melalui fotosintesis, tumbuhan menghasilkan oksigen yang diperlukan oleh banyak organisme.

b. Makanan

Sebagian besar makanan manusia berasal dari tumbuhan, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian.

c. Material Konstruksi

Kayu dari pohon digunakan sebagai bahan bangunan dan furnitur.

d. Obat-obatan

Banyak obat berasal dari tanaman atau senyawa yang diisolasi dari tumbuhan.

e. Lingkungan

Tumbuhan membantu menjaga keseimbangan ekosistem dengan menyediakan tempat tinggal dan makanan bagi banyak organisme.

 

Baca juga: les simak ui 

 

Soal Pilihan Ganda

Sumber: Freepik

1. Apa fungsi utama daun pada tumbuhan?
a. Menyimpan cadangan makanan
b. Proses fotosintesis
c. Menyerap air dan mineral
d. Menopang tumbuhan

Jawaban: b. Proses fotosintesis

Pembahasan: Daun pada tumbuhan memiliki klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis, yaitu mengubah energi matahari menjadi energi kimia untuk pertumbuhan tumbuhan.

2. Bagian tubuh tumbuhan yang berfungsi sebagai alat reproduksi adalah...

a. Batang
b. Daun
c. Bunga
d. Akar

Jawaban: c. Bunga

Pembahasan: Bunga pada tumbuhan berperan dalam proses reproduksi seksual, di mana serbuk sari dari bunga jantan dapat mencapai putik bunga betina untuk pembuahan.

3. Fungsi utama akar pada tumbuhan adalah...
a.  Fotosintesis
b. Menyerap air dan mineral
c. Bernapas
d. Menyimpan makanan

Jawaban: b. Menyerap air dan mineral

Pembahasan: Akar pada tumbuhan berfungsi sebagai organ penyerap yang mengambil air dan mineral dari tanah untuk mendukung pertumbuhan dan kehidupan tumbuhan.

4. Apakah fungsi utama batang pada tumbuhan?
a. Menyimpan air
b. Menyimpan cadangan makanan
c. Mendukung tumbuhan dan mengangkut air serta zat makanan
d. Melakukan fotosintesis

Jawaban: c. Mendukung tumbuhan dan mengangkut air serta zat makanan

Pembahasan: Batang pada tumbuhan berperan dalam mendukung struktur tumbuhan dan sebagai jalur pengangkutan air, nutrisi, dan produk fotosintesis.

5. Apa peran stomata pada daun tumbuhan?
a. Menghasilkan oksigen
b. Mengatur penguapan air
c. Menyimpan cadangan makanan
d. Melakukan fotosintesis

Jawaban: b. Mengatur penguapan air

Pembahasan: Stomata adalah pori-pori pada daun yang berfungsi untuk mengatur pertukaran gas, termasuk penguapan air (transpirasi) dari tumbuhan.

6. Apakah yang menjadi fungsi utama tulang daun pada tumbuhan?

a. Menyokong daun
b. Menyimpan air
c. Meningkatkan proses fotosintesis
d. Mengangkut nutrisi

Jawaban: a. Menyokong daun

Pembahasan: Tulang daun memberikan struktur dan dukungan pada daun tumbuhan untuk menjaga kestabilan dan efisiensi fotosintesis.

7. Apa fungsi dari getah pada tumbuhan?

a. Melindungi tumbuhan dari serangan hama
b. Menyimpan cadangan makanan
c. Meningkatkan pertumbuhan akar
d. Melindungi tumbuhan dari sinar matahari

Jawaban: a. Melindungi tumbuhan dari serangan hama

Pembahasan: Getah pada tumbuhan dapat memiliki fungsi protektif, termasuk melindungi tumbuhan dari serangan hama dan patogen.

 

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

1. detik.com

2. Bangkapos.com

 



 



Beri Komentar

wa