7 Peran Orangtua Dalam Merawat Anak Di Masa Pandemi - Latiseducation

7 Peran Orangtua Dalam Merawat Anak Di Masa Pandemi

News 716

7 Peran Orangtua Dalam Merawat Anak Di Masa Pandemi

Selama masa pandemi, banyak hal yang berubah. Sebut saja pelaksanaan sekolah jarak jauh. Anak-anak melewati masa-masa pertumbuhan emas mereka di sekolah. Hal ini bisa menyebabkan anak menjadi stres, tidak percaya diri, dan sebagainya. Maka dari itu, peran orang tua sangat penting dibutuhkan dalam merawat anak di masa pandemi ini.

Meskipun pasti tidak hanya anak saja yang merasa stres, orang tua pun memiliki beragam kesulitan sendiri pula. Tetapi, ada juga banyak cara bagi para orang tua untuk memberikan bimbingan pada anak di masa pandemi ini.

Berikut beberapa peran orang tua dalam mendidik anak di masa pandemi yang dilansir dari UNICEF:

1. Bersikap tenang dan proaktif

Dalam memberi tahu anak mengenai situasi pandemi ini, orang tua perlu bersikap tenang dan proaktif. Anak-anak pada umumnya belum bisa memahami mengenai situasi yang ada sekarang ini.

Beritahu mereka mengenai gejala-gejala yang mungkin dapat dialami dan bahwa kondisi ini tidak akan terjadi selamanya.

2. Miliki rutinitas yang bersifat fleksibel

Selama di rumah saja, cobalah untuk membangun rutinitas bersama anak-anak. Misalnya, Anda dan anak akan memiliki waktu untuk menonton film keluarga setelah ia bersekolah online.

Dengan begini, anak dapat mengurangi rasa bosan dan stres mereka dengan aktivitas yang ada.

3. Membuka diskusi dengan anak

Cobalah untuk tidak mengabaikan rasa kekhawatiran anak di masa pandemi ini. Pastikan untuk mengakui perasaannya dan meyakinkannya bahwa wajar untuk merasa takut tentang hal-hal ini.

Tunjukkan bahwa sebagai orang tua, Anda mendengarkan dengan memberinya perhatian penuh, dan pastikan anak memahami bahwa ia dapat berbicara dengan orang tua kapanpun yang ia mau. Diskusikan mengenai berbagai hal yang ada di kepala anak Anda.

4. Tanyakan apa yang Anak ketahui

Di masa seperti ini, tidak sedikit orang-orang yang menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya. Maka, Anda perlu memastikan anak tidak termakan berita palsu.

Tanyakan kepada mereka berita apa saja yang akhir-akhir ini mereka dengar. Sebagai orang tua, Anda perlu memastikan kebenarannya melalui situs-situs terpercaya.

5. Kontrol penggunaan gadget anak

Penggunaan gadget memberikan anak kesempatan untuk terus belajar, ikut bermain dan tetap berhubungan dengan teman-temannya secara online. Tetapi peningkatan akses online membawa risiko yang lebih tinggi untuk keselamatan, perlindungan, dan privasi anak-anak.

Maka itu, kontrol penggunaan gadget anak untuk mengurangi risiko online, terutama untuk anak-anak yang lebih kecil. Jangan lupa untuk mengajarkan anak bahwa ia tidak perlu berbagi foto diri atau informasi pribadi lainnya untuk mengakses pembelajaran digital.

6. Memantau perilaku diri sendiri sebagai orang tua

Wajar bagi Anda sebagai orang tua untuk merasa cemas dan lelah di masa seperti ini. Cobalah melakukan apa yang bisa untuk mengelola kecemasan, dan tidak membagikan ketakutannya secara berlebihan kepada anak. Ini mungkin berarti harus menahan emosi, yang terkadang sulit, terutama jika mereka merasakan emosi itu dengan cukup intens.

7. Melakukan sesi bimbingan

Miliki sesi bimbingan bersama pihak sekolah agar Anda dapat mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan dalam mendidik anak di rumah.

Kelompok orangtua atau kelompok masyarakat juga dapat menjadi cara yang baik untuk saling mendukung dengan kegiatan bimbingan di rumah selama masa pandemi.

 

Nah, itu dia beberapa informasi 7 peran orang tua dalam mendidik anak di masa pandemi ini. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa