11 Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak - Latiseducation

11 Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

News

11 Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Lingkungan dapat menjadi tempat mendidik anak yang paling utama. Terutama lingkungan keluarga yang sangat dekat. Namun, pendidikan anak di sekolah dan rumah harus seimbang. Maka dari itu, orang tua berperan penting dalam keberhasilan anak di bidang pendidikan.

Berikut 11 peran orang tua dalam pendidikan anak:

  1. Menciptakan keluarga yang harmonis. Suasana keluarga yang harmonis akan mendukung proses belajar yang baik saat di rumah. Keluarga yang harmonis dapat memberikan pelajaran tentang tanggung jawab, kejujuran, kemandirian, dan disiplin.
  2. Membangun komunikasi selama kehamilan dan proses persalinan.  berbicara pada bayi yang masih di dalam kandungan akan memberikan pengaruh baik. Komunikasi ini akan membuat bayi merasa tenang, merangsang kecerdasan otak, dan yang terpenting memiliki ikatan batin yang kuat dengan sang Ibu.
  3. Mengatur waktu bermain anak. Seimbangkan waktu bermain anak di dalam dan luar rumah, begitu pula dengan memberinya permainan yang bisa mendidik.
  4. Orang tua menjadi guru saat di rumah, bantu mereka dengan pelajaran yang didapat dari sekolah online.
  5. Menjadi pendengar yang baik saat anak berkeluh kesah atau sedang ingin menceritakan apa yang ada di pikirannya.
  6. Beri perhatian kepada anak dalam hal sekecil apapun. Pastikan mereka mendapat perhatian yang diinginkan dari orang tuanya.
  7. Berpartisipasi dalam kegiatan anak. Tunjukkan kepada anak bahwa Anda akan selalu mendukung semua kegiatan anak. Misalnya, anak akan memiliki acara di sekolah. Maka, Anda bisa datang untuk mendukungnya.
  8. Mengapresiasi hasil kerja anak. Beri respon positif pada setiap pencapaiannya. Hal ini dapat membuat anak merasa bangga dan melatih kepercayaan dirinya, serta melatih anak untuk melakukan yang lebih baik lagi.
  9. Mengawasi pertemanan anak. Pastikan anak memiliki lingkup pertemanan yang positif.
  10. Bangun komunikasi yang demokratis. Komunikasi ini melatih anak menjadi disiplin, mandiri, berani,  dan mampu memecahkan masalah dengan sendiri.
  11. Membuat rencana pendidikan anak yang matang.Pendidikan yang baik akan menjadi gerbang utama untuk kehidupan anak di masa depan. Anak akan merasa bingung saat ingin menentukan pilihan untuk pendidikan selanjutnya. Sebagai orang tua, penting untuk membantu dalam memberikan penjelasan yang baik atas pilihan-pilihan anak. 

 

Nah, itulah beberapa peran orangtua dalam pendidikan anak. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa