Orang Tua, Bantu Tumbuh Kembang Anak Dengan Lakukan Hal Ini - Latiseducation

Orang Tua, Bantu Tumbuh Kembang Anak Dengan Lakukan Hal Ini

News 1004

Orang Tua, Bantu Tumbuh Kembang Anak Dengan Lakukan Hal Ini

Orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam tumbuh kembang anak. Dari anak masih kecil, orang tua perlu memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang cukup, memantau kesehatan, mengajarkan ilmu baru, dan memantau perkembangannya.

Hal tersebut dilakukan agar anak dapat tumbuh dengan baik, dan menjadi sosok yang sopan, serta hal positif lainnya.

Berikut beberapa peran orang tua dalam perkembangan anak menurut Psikolog Pritta Tyas Mangestuti, M. Psi:

  • Membangun hubungan yang responsif

Peran pertama yang harus orangtua lakukan adalah membangun hubungan yang responsif. 

Hal ini menunjukan orang tua peka terhadap hal-hal apa saja yang jadi kebutuhan dan minat si Kecil. Misalnya, anak usia dua tahun terlihat sangat aktif tidak bisa diam. Bisa jadi minatnya ternyata bergerak. 

Kemudian, sebagai orang tua, Anda dapat memfasilitasinya dengan membuat perosotan, arena memanjat, dan melompat.

Kedua, responsif menandakan Anda mendengarkan pendapat si Kecil. Jangan buru-buru memotong omongan anak. Lebih baik, perhatikan ceritanya, tatap matanya. Hal tersebut membuat anak akan merasa didengar dan dihargai. Jika sudah selesai bercerita, baru beri tanggapan. 

Ketiga, tanda orang tua menghargai kemampuan si Kecil. Beri apresiasi setiap ada hal baru yang bisa dikerjakan oleh si Kecil, sekecil apapun itu. Hal ini dapat menstimulasi syaraf-syaraf di otak anak agar memiliki rasa yang percaya diri.

  • Miliki respon yang sama

Sebagai orang tua, Anda harus kompak saat  membuat aturan untuk anak. Jangan sampai anak kebingungan dan nantinya menyepelekan. 

Misalnya, Papa membolehkan anak makan es krim dan permen setiap hari. Sedangkan Mama melarangnya. 

Nantinya, di mata anak, orang tua terlihat tidak kompak dan konsisten. Hal tersebut bisa membuatnya mengganggu kestabilan si Kecil serta membuatnya bingung harus mendengarkan dan mengikuti aturan yang mana. Alhasil, tak jarang anak akan mengikuti aturan yang mendukung keinginannya. 

  • Secara aktif mengasuh anak secara bersama

Sebagai orang tua, jangan hanya mengandalkan satu pihak dalam mengasuh anak. Biasanya, ibu menjadi orang satu-satunya mendidik anak. Maka, ayah pun juga harus secara aktif terlibat dalam mengasuh dan mendidik anak.

Sebab tak semua hal dapat dipelajari dari Ibu. Misalnya, Ayah mengajarkan tentang kepemimpinan. Anak akan percaya hal-hal tersebut. Sebab, Ayah merupakan pemimpin di dalam keluarga. 

Selain itu, sebuah studi mengemukakan bahwa anak yang selama masa pertumbuhan didampingi oleh sang Ayah maka akan memiliki sedikit masalah.

 

Nah, itulah beberapa peran orangtua yang tak boleh terlewatkan dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anakApabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa