Ingin Masuk Sekolah Internasional Jakarta? Simak Hal-hal Penting Berikut Ini! - Latiseducation

Ingin Masuk Sekolah Internasional Jakarta? Simak Hal-hal Penting Berikut Ini!

News 453 views

Seiring berkembangnya zaman, banyak orang tua yang ingin anaknya menempuh pendidikan di sekolah internasional jakarta.

Halo sahabat latis!

Seiring berkembangnya zaman, banyak orang tua yang ingin anaknya menempuh pendidikan di sekolah internasional jakarta. Sekolah internasional dikenal mempunyai benefit yang bisa mendukung kesuksesan anak di kemudian hari. Untuk biaya di sekolah internasional tentunya tidak sama dengan sekolah dengan kurikulum nasional ya.

Namun, tentu saja biaya sesuai dengan benefit yang akan diterima anak. Saat orang tua menyekolahkan anaknya di sekolah internasional, maka anak akan dididik dengan cara pandang yang lebih global dan luas, serta tentu saja memakai bahasa internasional. Dengan begitu, dijamin anak akan berkembang menjadi lebih cerdas dan kreatif.

 

Apa itu sekolah internasional?

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik

 

Sahabat latis, sekolah internasional sendiri adalah satuan pendidikan yang diselenggarakan atas kerjasama di antara lembaga pendidikan asing yang diakui dan lembaga pendidikan indonesia pada jalur formal dan informal. Memang awal kemunculannya, sekolah internasional dibuka untuk warga negara asing yang tinggal di indonesia. Namun, seiring berkembangnya zaman banyak masyarakat indonesia yang ingin anaknya menempuh pendidikan di sekolah internasional.

Pada sistem kurikulum sekolah internasional terdapat tiga mata pelajaran wajib yakni kewarganegaraan, agama dan bahasa indonesia. Lalu, bagi warga negara asing diberikan pula mata pelajaran budaya indonesia. Pelajaran-pelajaran di atas tentu saja dipakai untuk menanamkan nilai cinta tanah air pada siswa. Sehingga, siswa memiliki perasaan kompetisi standar internasional tetapi tetap memiliki karakter yang mencerminkan bangsa indonesia yang luhur.

 

Baca juga: Bimbel karantina

 

 

Kurikulum apa yang dipakai sekolah internasional?

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

 

Sumber: freepik

 

 

  1. Kurikulum cambridge international

Kurikulum yang satu ini berasal dari negara inggris. Kurikulum terkait juga telah melewati proses perencanaan dan juga pembinaan secara langsung dari universitas cambridge. Lewat kurikulum tersebut, siswa akan dididik agar memiliki pikiran yang lebih kritis untuk menganalisis.

 

Terdapat empat aspek yang menjadi fokus kurikulum cambridge ini. Aspek tersebut meliputi urgensi memahami bahasa inggris bagi siswa, cara pandang internasional, metode pendidikan modern yang dipakai dan peluang bagi semua siswa untuk dapat melanjutkan studi ke universitas luar negeri.

  1. Kurikulum montessori

Untuk kurikulum yang satu ini hanya diaplikasikan pada jenjang sekolah usia dini dan juga sekolah dasar. Hal tersebut dikarenakan objek utama yang berupa aktivitas pengembangan karakter, adaptasi diri dan perilaku.

  1. Kurikulum singaporean primary school

Kurikulum yang satu ini berasal dari negara singapura. Model pembelajaran pada kurikulum singaporean primary school ini mempunyai fokus pada tingkat fleksibilitas belajar berdasarkan minat dan bakat siswa. Sebab, kurikulum ini memiliki tujuan untuk meningkatkan data saing siswa pada ranah yang lebih luas yakni ranah internasional.

  1. Kurikulum international baccalaureate

Kurikulum ini berasal dari negara swiss dan sudah dipakai sejak tahun 1960. Kurikulum international baccalaureate tersebut bukan hanya menekankan siswa agar berpikir kreatif saja. Namun, kurikulum tersebut lebih mengajarkan pada siswa tentang kemampuan intelektual yang diiringi oleh kecerdasan sosial dan emosional yang baik. Tak hanya itu, kurikulum ib tersebut juga dipakai karena mampu melatih perasaan solidaritas dan empati antar siswanya. Sehingga, akan muncul rasa peduli yang tinggi pada lingkungan di sekitarnya dan juga kepedulian pada sesame makhluk hidup.

  1. Kurikulum international primary curriculum

Banyak sekolah internasional yang memakai kurikulum ini pada materi pelajaran siswanya. Kelebihan kurikulum yang satu ini adalah adanya fokus untuk membentuk karakter dan kepribadian siswa. Pada kurikulum ini tidak hanya berfokus pada pendidikan akademis saja, namun kurikulum tersebut juga memfokuskan diri pada upaya dalam membentuk karakter dan kepribadian yang unggul baik di tingkat nasional ataupun ranah internasional sebagai bentuk sasaran utamanya.

 

Baca juga: Les privat sbmptn

 

Bahasa asing sebagai bahasa sehari-hari

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik

 

Saat kamu bersekolah di sekolah internasional tentu akan menemukan atmosfer yang berbeda dengan sekolah nasional umumnya. Untuk kurikulum yang dipakai tentu berpengaruh pula pada penyelengaraan proses ujian di sekolah. Jika pada sekolah nasional biasanya mewajibkan siswanya untuk mengikuti ujian tengah semester dan juga ujian akhir semester. Saat kamu bersekolah di sekolah internasional terdapat beberapa tambahan ujian resmi yang berlandaskan pada kurikulum internasional yang dipakai.

Tak hanya perbedaan kurikulum dan adanya ujian tambahan, bahasa yang dipakai pada sekolah internasional bukan hanya bahasa internasional tetapi juga memakai bahasa indonedia. Berarti, pada sekolah internasional memakai dua bahasa. Saat kamu belajar di sekolah internasional memakai bahasa pengantar berupa bahasa inggris. Guru dan tenaga pendidik juga selalu memakai kedua bahasa tersebut untuk menyampaikan materi pelajaran. Jika dibandingkan dengan sekolah nasional di tingkat negeri atau swasta mewajibkan memakai bahasa indonesia sebagai bahasa utama. Sedangkan, untuk bahasa inggris hanya ada pada mata pelajaran pada umumnya saja. tentu kebijakan ini memiliki manfaat tersendiri.

 

 

Baca juga: Bimbel intensif sbmptn 2023

 

Benefit mengenyam pendidikan di sekolah internasional

 Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: freepik

 

  1. Lingkungan dengan beragam budaya yang menumbuhkan toleransi

Saat anak disekolahkan di kelas internasional yang memakai kurikulum internasional memberikan peluang besar untuk anak melakukan interaksi. Anak akan berada di lingkungan yang memiliki budaya multikultural dan membiasakan siswa memakai bahasa internasional sejak kecil.

Mendaftarkan anak untuk bersekolah di sekolah internasional nyatanya mempunyai pengaruh besar dalam membentuk perilaku anak dan pola berpikirnya. Dengan demikian, lingkungan yang beragam dari tenaga pendidik yang juga berasal dari beragam jenis negara tentunya membuat anak bisa berkembang dan memiliki rasa toleransi yang tinggi.

  1. Kesempatan berkembang bagi siswa

Saat anak bersekolah di sekolah internasional tentu bisa memberikan banyak kesempatan untuk anak bisa berkembang dengan pola pikir yang lebih luas. Selain itu, anak juga bisa lebih mempersiapkan diri untuk mampu bersaing pada tingkat internasional.

Selain itu, ada keuntungan lainnya saat kamu bersekolah di lingkungan internasional. Keuntungan itu berupa keberagaman kegiatan ekstrakulikulernya. Sekolah internasional ini tentu dilengkapi dengan berbagai program yang sangat menarik. Anak akan diberikan beragam jenis ekstrakulikuler seperti dalam bidang olahraga, seni hingga bahasa asing lainnya yang menarik untuk dipelajari. Dengan demikian, anak memiliki bekal berupa pengetahuan umum, keterampilan, kemampuan emosional dan sosial, serta kekayaan intelektual yang sangat luas.

  1. Sarana prasarana yang unggul

Benefit yang akan anak terima lainnya adalah sarana dan prasarana yang unggul dan mumpuni. Misalnya saja seperti perpustakaan yang menunjang proses belajar dan laboratorium yang bersih dan terawat. Biasanya, siswa sekolah internasional mempunyai minat dan bakat yang luar biasa. Maka dari itu, tentu mereka membutuhkan sarana prasarana yang unggul. Agar dapat menghasilkan prestasi yang optimal.

 

Baca juga: Intensif utbk

 

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

1. latisprivat.com

 

2. pintar.id

 

3. tutorindonesia.co.id

 

 

 

 



Beri Komentar

wa