Surat Pribadi dan Surat Dinas│Bahasa Indonesia Kelas 7 - Latiseducation

Surat Pribadi dan Surat Dinas│Bahasa Indonesia Kelas 7

Konsep Pelajaran 31.9K views

Artikel ini akan menjelaskan mengenai definisi dan konsep surat pribadi dan dinas, serta ciri kebahasaan surat pribadi dan surat dinas.

Pernahkah kamu menulis surat? Tahukah Kamu bahwa surat dapat digunakan untuk mengungkapkan aspirasi, misalnya surat untuk presiden. Selain mengungkapkan aspirasi, surat dapat digunakan untuk mengekspresikan rasa rindu kepada teman yang jauh. Jika kamu pengurus OSIS, surat penting untuk korespondensi dengan sekolah dan instansi lain. Oleh sebab itu, Kamu perlu berlatih memahami, menelaah, dan menulis surat.

A. Definisi dan Konsep Surat Pribadi dan Surat Dinas

Ada dua jenis surat, yaitu surat pribadi dan surat dinas.

1. Surat Pribadi

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi.

Di Indonesia, menulis surat pribadi sebenarnya lebih sulit karena perlu memperhatikan hal-hal di luar aturan kebahasaan bahasa Indonesia. Jika bahasa dalam surat resmi lebih baku dan jelas polanya maka tidak demikian dengan surat pribadi. Dalam surat pribadi ini, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu tata etika atau sopan santun. Khususnya jika kamu menulis kepada orang yang lebih dewasa atau orang yang baru saja kamu kenal. Agar kamu mengetahui bagaimana surat pribadi, perhatikan surat pribadi di bawah ini.

Jayapura, 12 November 2015

Salam sayang untuk Bunda

Bunda, Edo merindukan Bunda.

Sudah seminggu Edo di Bandung untuk mengikuti jambore UKS. Di sini Edo tinggal di asrama bersama teman-teman dari seluruh Indonesia. Edo senang belajar dan berteman dengan mereka. Bapak dan ibu instruktur sangat ramah dan baik. Edo mendapatkan banyak ilmu dari mereka.

Meskipun Edo bahagia di sini, Edo tetap merindukan Bunda. Rindu masakan Bunda. Apalagi ada kabar pelatihan UKS diperpanjang hingga tiga hari. Tetapi Bunda tidak usah khawatir. Edo akan baik-baik saja di sini.

Terimakasih sudah mengizinkan Edo mengikuti pelatihan ini. Edo akan segera pulang.

Buah hati Bunda

Edo

2. Surat Dinas

Surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas ini dapat ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi. Dalam menulis surat dinas, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan pada surat dinas ini lebih mudah dibanding surat pribadi. Surat resmi tidak memerlukan bahasa yang “berbunga-bunga”. Bahasa surat resmi singkat dan jelas, serta berpola tetap. Perhatikan contoh surat dinas di bawah ini:

No : 08/K/UKS                                                                      23 November 2015

Lamp : 1 berkas

Yth. Wali Murid Sofia Nazila

Di Tuban

Hal: Permohonan izin

Dengan Hormat,

Dalam rangka upaya untuk lebih mengenal lingkungan pantai dan membantu pelestarian lingkungan, Pramuka SMP Mutiara Harapan 1 akan mengadakan perkemahaman Sabtu dan Minggu pada tanggal 5 s.d. 6 Desember 2015 di kawasan pantai Kelapa, Tuban. Oleh sebab itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu untuk mengizinkan putra putrinya mengikuti kegiatan Persami tersebut. Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan jadwal kegiatan.

Terima kasih atas perhatian dan izin Bapak dan Ibu.

 

Mengetahui,                                                                                   Hormat kami,

Kepala Sekolah                                                                               Ketua Panitia

Ttd                                                                                                  Ttd

 

Imam Mustaqim, M.Pd.                                                                   Rozik Ahmad Zaini

B. Ciri Kebahasaan Surat Pribadi dan Surat Dinas

1. Ciri Penggunaan Bahasa pada Surat Pribadi

a. Pilihan kata sapaan bersifat pribadi (kata emotif dan ekspresif)

b. Bahasa surat pribadi tidak formal tetapi santun

c. Pilihan ragam bahasa tergantung siapa penerima surat

d. Menggunakan sapaan (seperti orang bercakap)

e. Menggunakan kata ganti orang pertama (untuk pengirim) dan kata ganti orang kedua untuk penerima

2. Ciri penggunaan Bahasa pada Surat Dinas

a. Pilihan kata sapaan bersifat formal

b. Bahasa ragam baku

 

Referensi:

Harsiati, Titik. Agus Trianto. Dkk. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Semester I. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.



Komentar

B
BRIAN HELMY WIJAYA
04 Jun 2023

" Assalamu'alikum wr wb "

Beri Komentar

wa