Mengenal Sistem Periodik Unsur Kimia | Kimia Kelas X - Latiseducation

Mengenal Sistem Periodik Unsur Kimia | Kimia Kelas X

Konsep Pelajaran 10.2K views

Mengenal Sistem Periodik Unsur Kimia | Kimia Kelas X

Mengenal Sistem Periodik Unsur Kimia – Kimia Kelas X

Sebelumnya, sudah dibahas mengenai pendahuluan ilmu kimia dan struktur atom sebagai dasar ilmu kimia. Sekarang, kamu akan mempelajari mengenai sistem periodik unsur kimia, biasa dikenal dengan tabel periodik.

Sistem periodik unsur adalah tabel unsur-unsur yang dikelompokkan berdasarkan kenaikan nomor atom dan konfigurasi elektron yang bertujuan untuk meramalkan sifat-sifat unsur. Tabel periodik disusun berdasarkan nomor atom, yaitu jumlah proton dalam inti atom, konfigurasi elektron, dan keberulangan sifat kimia. Pada sisi kiri tabel periodik bersifat logam, dan sisi kanan bersifat non-logam.

Tabel periodik dapat digunakan untuk menurunkan hubungan antara sifat-sifat unsur, dan memperkirakan sifat unsur baru yang belum ditemukan. Tabel periodik memberikan kerangka kerja untuk melakukan analisis perilaku kimia, banyak digunakan dalam bidang kimia.

Sistem periodik unsur terdiri dari:

Golongan

Berupa kolom vertikal yang berjumlah 18. Dibagi menjadi 8 golongan A dan 10 golongan B atau golongan utama dan golongan transisi. Penempatan unsur yang memiliki elektron valensi yang sama ditempatkan pada satu golongan.

Periode

Merupakan lajur horizontal yang terdiri dari 7 periode. Tiap periode menyatakan jumlah/ banyaknya kulit atom unsur-unsur yang menempati periode tersebut.

Misalnya: 12Mg = 2,8,2 (memiliki 3 kulit, maka terletak pada periode ke-3)

Sifat-Sifat Sistem Periodik Unsur

Memahami sifat-sifat sistem periodik unsur dapat membantumu dalam membaca tabel periodik. Yuk, pahami sifat-sifat periodik unsur dibawah ini:

  1. Sifat Unsur

Berdasarkan sifat unsur-unsur, sistem periodik unsur kimia terbagi ke dalam tiga jenis yaitu logam, nonlogam, dan metalloid. Logam memiliki sifat yang cenderung melepaskan elektron dari nonlogam untuk membentuk ion positif. Sedangkan nonlogam cenderung menerima elektron dari logam. Lain halnya dengan unsur metalloid, yang memiliki kedua sifat seperti logam dan nonlogam.

  1. Jari-Jari Atom

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom ke kulit terluar yang stabil dalam suatu atom dalam keadaan setimbang. Jarak tersebut dapat diukur dalam satuan pikometer atau angstrom. Besarnya jari-jari atom dipengaruhi oleh nomor atom tersebut. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, jari-jari atom cenderung membesar setara dengan pertambahan pada kulit elektron.

  1. Kereaktifan

Kereaktifan sebuah unsur pada tabel periodik dalam satu periode dari kiri ke kanan bertambah hingga golongan VIIA.

  1. Energi ionisasi

Energi ionisasi pertama adalah energi yang diserap untuk melepas satu elektron dari sebuah atom. Sedangkan energi ionisasi atom kedua adalah energi yang diserap untuk melepas elektron kedua dari sebuah atom, dan seterusnya.

  1. Afinitas Elektron

Afinitas elektron adalah jumlah energi yang dilepaskan ketika sebuah elektron ditambahkan ke dalam kolom atom netral untuk membentuk ion negatif. Sifat nonlogam memiliki nilai lebih tinggi pada afinitas elektron daripada sifat logam. Dan afinitas elektron secara umum terus meningkat sepanjang periode.

  1. Keelektonegatifan

Keelektronegatifan merupakan kemampuan atau kecenderungan suatu atom untuk menangkap ataupun menarik kembali elektron dari atom lainnya.

Contoh Soal:

  1. Dalam sistem periodik unsur, golongan menyatakan…

Jawab: jumlah elektron valensi

  1. Unsur dengan konfigurasi elektron 1s2 2s2 berada pada periode dan golongan…

Jawab: periode 2, logam alkali tanah

 

Nah, itu dia beberapa pemahaman mengenai sistem periodik unsur. Agar proses pembelajaran semakin efektif, mari belajar bersama Latis Education. Disini, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan guru les privat dan tutor yang mengasyikan, metode pembelajaran yang menyenangkan dan materi yang dikemas dengan seru. Cari tahu lebih lengkap mengenai Latis Education disini.

 

Sumber: Modul Latis Education



Beri Komentar

wa