Kimia Unsur: Pengertian dan Contoh Soal | Kimia Kelas XII - Latiseducation

Kimia Unsur: Pengertian dan Contoh Soal | Kimia Kelas XII

Konsep Pelajaran 15.1K views

Kimia Unsur: Pengertian dan Contoh Soal | Kimia Kelas XII

Di sekitar sobat Latis terdapat unsur–unsur dan persenyawaan unsur golangan utama seperti, gas oksigen, air dan lain - lain. Banyak persenyawaan dari unsur–unsur golongan utama yang bermanfaat bagi kehidupan di muka bumi ini, maupun yang membahayakan. 

Yuk, hari ini kita pelajari materi kimia tentang kimia unsur!

Kelimpahan Gas Mulia di Bumi

Unsur-unsur gas mulia dalam sistem periodik terletak pada golongan VIIIA, yang meliputi: Helium (He), Neon (Ne), Argon (Ar), Kripton (Kr), Xenon (Xe), dan Radon (Rn). Sesuai dengan namanya, unsur-unsur gas mulia memiliki elektron valensi penuh sehingga di alam tidak ditemukan dalam bentuk senyawa, melainkan dalam bentuk atom-atomnya, dikatakan sebagai unsur bebas. 

Unsur gas mulia yang paling banyak terdapat di udara adalah argon, sedangkan unsur gas mulia yang paling sedikit adalah radon yang bersifat radioaktif dengan waktu paruh yang pendek (4 hari) dan meluruh menjadi unsur lain. 

Kelimpahan Halogen

Unsur golongan halogen sangat reaktif, sehingga di alam hanya ditemukan dalam bentuk senyawanya. Halogen berasal dari bahasa Yunani dari kata halo yang berarti garam, karena umumnya ditemukan dalam bentuk garam anorganik. Kelimpahan unsur-unsur halogen ini banyak terdapat di lautan. 

Kelimpahan Alkali

Unsur logam alkali terletak pada golongan IA dalam sistem periodik unsur. Unsur logam alkali bersifat sangat reaktif sehingga hanya kita jumpai dalam bentuk senyawanya di alam. Salah satu unsur alkali yang banyak di alam adalah Natrium dalam bentuk ion Na+ yang banyak ditemukan di dalam air laut dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari contohnya sebagai garam dapur (NaCl). 

Kelimpahan Alkali Tanah

Unsur golongan alkali tanah terletak pada golongan IIA dalam sistem periodik unsur. Unsur-unsur logam alkali tanah hanya ditemukan di alam dalam bentuk senyawa karena bersifat reaktif. Berilium ditemukan dalam bentuk mineral yang disebut beril dan magnesium ditemukan dalam mineral air laut seperti dolomit. 

Sifat-Sifat Unsur Kimia

Sifat-sifat Gas Mulia 

Gas mulia adalah unsur-unsur golongan VIIIA (18). Disebut mulia karena unsur-unsur ini sangat stabil (sangat sukar bereaksi), memiliki elektron valensi ns2 np6 kecuali Helium. 

Sifat fisika golongan gas mulia adalah sebagai berikut: Tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan sedikit larut dalam air; Sebagai gas monoatomik; Bersifat non polar; Titik cair sangat rendah karena memiliki gaya London antar molekulnya, sebanding dengan massa molekulnya.

Sifat Kimia: Kulit terluarnya sudah penuh sehingga bersifat stabil; Sangat inert, hanya beberapa senyawa yang dapat dibentuk. Senyawa tersebut adalah XeF2, XeF4, dan XeF6. 

Sifat-sifat Halogen

Sifat Fisika: Titik didih relatif rendah karena memiliki gaya Van Der waals antar molekulnya. Titik didih relatif bertambah dari unsur Fluorin ke Iodin; Fluorin berupa gas berwarna kuning muda, klorin berupa gas berwarna hijau muda, Bromin berupa zat cair merah kecoklatan dan Iodin padatan berwarna ungu muda; Kelarutan dalam air berkurang dari F ke I. Iodin larut dalam KI; Kerapatan bertambah dari Fluorin ke Astatin

Sifat kimia: Oksidator kuat atau mudah direduksi , dengan kenaikan sifat oksidator dari Fluorin ke Iodin.

Sifat-sifat Alkali

Sifat Fisika: Logam Alkali bersifat lunak; Jika dibersihkan berwarna putih mengkilap. (Na berwarna pink); Penghantar panas dan listrik yang baik (konduktor); Titik leleh dan titik didihnya semakin kebawah semakin rendah, disebabkan kerapatan delokalisasi elektron (ikatan logam) yang makin rendah sehingga atom–atomnya mudah dipisahkan

Sifat kimia: Sangat reaktif, sehingga di alam tidak ditemukan sebagai unsur bebas; Reduktor kuat, sehingga mudah teroksidasi; Bereaksi dengan Halogen.

Sifat-sifat Alkali Tanah

Sifat fisika: Relatif lunak tetapi lebih keras dibanding logam Natrium dan Kalium. Barium bersifat keras seperti timbal; Berwarna perak mengkilat; Penghantar listrik (konduktor); Titik didih tinggi dan menurun dari Li ke Cs.

Sifat Kimia: Sangat reaksi atau mudah bereaksi; Kereaktifan menurun, Ba > Sr > Ca > Mg > Be; Oksidator kuat; Bereaksi dengan Halogen

Pemanfaatan Unsur Kimia

  • Gas mulia diperoleh dari distilasi bertingkat dan ekstraksi udara cair
  • Halogen diperoleh dari elektrolisis leburan garamnya
  • Proses pembuatan logam Alkali dan Alkali tanah diperoleh dari elektrolisis leburan garamnya.
  • Pemanfaatan unsur golongan Halogen, Alkali dan Alkali Tanah banyak dalam bentuk persenyawaannya.
  • Persenyawaan gas mulia belum banyak dibuat dikarenakan reaktifitas gas mulia sangat rendah.
  • Karena sifatnya yang radioaktif dan waktu paruhnya pendek, Rn, At, Fr, Ra maka pemanfaatan secara komersial masih sangat rendah. 

Contoh Soal

  1. Persenyawaan unsur golongan utama yang jarang ditemukan di alam adalah senyawa dari … 
  1. Golongan alkali
    B. Golongan alkali tanah
    C. Golongan halogen
    D. Golongan gas mulia
    E. Golongan oksigen

Jawab: D

  1. Diantara kumpulan atom-atom berikut ini yang tersusun berdasarkan kenaikan elektronegativitas adalah…. 
  1. F, Cl, Br
    B. F, Br, Cl
    C. Br, Cl, F
    D. Br, F, Cl
    E. Cl, Br, F 

Jawab: C

Baca juga: Blog Supercamp Almuni UI

Gimana sobat, udah mulai paham kan dengan materi ini? Supaya kamu makin paham dengan materi lainnya, bisa jawab PR dan tugas di sekolah dengan mudah dan prestasimu meningkat tajam, kamu bisa coba ikutan les privat Latiseducation lho.. gurunya bagus-bagus dan biayanya hemat. Bisa online dan tatap muka juga

Nah, itulah pembahasan materi kali ini. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

les privat

Sumber: Repositori Kemdikbud



Beri Komentar

wa