Menjuarai Olimpiade Matematika menjadi Mudah dengan Melakukan Hal berikut! - Latiseducation

Menjuarai Olimpiade Matematika menjadi Mudah dengan Melakukan Hal berikut!

Tips and Trick 457 views

Untuk kamu yang terpilih menjadi siswa yang mengikuti olimpiade matematika harus mempersiapkan sebaik mungkin. Untuk menghadapi olimpiade matematika, kamu harus mengasah kemampuan dan meningkatkan ilmu pengetahuan. Olimpiade akademik yang paling terk

Halo sahabat latis!

Untuk kamu yang terpilih menjadi siswa yang mengikuti olimpiade matematika harus mempersiapkan sebaik mungkin. Untuk menghadapi olimpiade matematika, kamu harus mengasah kemampuan dan meningkatkan ilmu pengetahuan. Olimpiade akademik yang paling terkenal di indonesia yaitu osn atau olimpiade sains nasional. Olimpiade ini berlangsung setiap tahun dan sudah ada mulai dari tahun 2002. Olimpiade ini diadakan oleh kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

baca juga : bimbel snbt

Strategi belajar siswa olimpiade matematika

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik

Untuk dapat menyelesaikan berbagai olimpiade secara optimal, kamu disarankan untuk peserta mempersipkan diri secara matang serta merencanakan strategi belajar yang dianggap paling efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Persiapkan dirimu dengan baik untuk menghadapi olimpiade matematika seperti:

  1. Mengerjakan soal yang paling mudah

Untuk bisa menyelesaikan berbagai soal olimpiade matematika, kamu perlu memakai sistem yang bisa membuatmu menyelesaikan soal tepat waktu. Biar makin efektif, kamu bisa mengerjakan soal-soal matematika yang mudah terlebih dahulu. Sebab, bila kamu hanya terfokus untuk menyelesaikan soal yang sulit maka kamu akan membuang waktu. Jangan menyia-nyiakan banyak waktu pada soal yang sulit.

baca juga : les privat snbt

Soal-soal yang ada di olimpiade matematika umumnya ada tiga jenis soal yakni soal dengan level mudah sebesar 50%, soal dengan level sedang sebesar 30% dan soal dengan level yang sulit sebesar 20%. Sehingga, kamu disarankan untuk menjawab pertanyaan agar mengerjakan soal yang paling gampang dulu. Baru setelah selesai semua, kamu bisa menyelesaikan soal matematika dengan level sedang sampai sulit.

  1. Simak mekanisme penilain

Untuk bisa menjadi juara olimpiade matematika, kamu perlu menyimak poin penting. Sebab, sistem penilaian pada olimpiade ini umumnya memakai sistem yang plus dan minus. Bila jawabanmu benar, maka penilainnya akan +4, bila kamu mengerjakan soal dengan jawaban salah penilainnya akan -4, dan saat kamu memilih mengosongi jawabannya, maka kamu akan mendapat nilai 0.

  1. Memilih bidang kompetensi

    tentu dalam olimpiade sains nasional atau osn mempunyai banyak pilihan bidang atau mata pelajaran. Hindari memilih bidang olimpiade atas dasar alasan gengsi. Namun, bila kamu benar-benar menyukai mata pelajaran matematika yang sangat sulit. Maka, tak perlu ragu untuk memilihnya.

Olimpiade yang satu ini tentu tidak membutuhkan aturan untuk memilih bidang atau mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan yang dimiliki peserta. Sehingga, misal kamu berasal dari juurusan ips, maka kamu diperbolehkan mengerjakan olimpiade ipa seperti biologi dan kimia.

baca juga : bimbel masuk ptn

Tips menang olimpiade matematika

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik

  1. Mengumpulkan sumber daya

Sebagai seorang peserta olimpiade, kamu wajib untuk mempunyai gambaran yang paling tepat tentang beragam jenis soal. Selain itu, pahami juga tentang trend soal yang disediakan saat ujian olimpiade. Sehingga, salah saty tips untuk menghadapi olimpiade matematika yang terbaik yakni dengan menyiapkan bahan pelajaran yang diperlombakan untuk dipelajari secara online dan juga offline.

  1. Diskusikan pada guru pembimbing

Untuk guru yang sudah dipilih sebagai guru pembimbing untuk mempersiapkan diri mengerjakan olimpiade pasti bukan guru sembarangan. Guru yang dipilih tentu mempunyai kemampuan dan kompetensi yang baik pada bidang yang kamu pilih. Selain itu, guru juga harus selalu siap untuk membantu menyiapkan kebutuhan belajar siswa.

Sehingga, bila kamu menemukan kendala apapun seperti saat mencari sumber daya dan mengerjakan soal latihan dengan baik. Jangan pernah sungkan dan merasa tidak enak untuk bertanya pada guru. Sebab, saat kamu lebih sering bertanya dan menjalin komunikasi, maka kamu bisa lebih matang untuk mempersiapkan diri.

baca juga : bimbel simak ui

Mekanisme belajar olimpiade matematika

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik

  1. Mengatur waktu belajar

Olimpiade matematika tentu bukan kompetisi yang bisa dianggap remeh ya. Olimpiade matematika ini mempunyai banyak peserta dan tentu semuanya bukan murid sembarangan. Murid yang mengikuti olimpiade tentunya adalah siswa pintar. Sehingga, kamu tidak boleh menganggap remeh sainganmu yang lain. Jangan berpikir bahwa peserta lainnya itu sama dengan teman di kelas atau di sekolah.

Kamu mungkin seorang bintang di sekolahmu, akan tetapi kamu berada di urutan paling bawah waktu bersaing bersama ratuan murid yang cerdas dari semua sekolah lainnya. Maka dari itu, kamu harus tetap fokus untuk siap menghadapi olimpiade dengan belajar.

Kamu harus mulai untuk mengatur jadwal belajar dan pastinya membuat jadwal semua jenis kegiatan yang kamu perlukan. Misalnya saja kurangi main game hingga larut malam, jangan nongkrong bersama teman setiap harinya. Kamu juga diperbolehkan mengikuti ekstrakulikuler yang tentu saja sama-sama menguras energi.

  1. Mengingat esensi

Kamu perlu tahu bahwa strategi terbaik untuk belajar adalah dengan mengingat kembali esensi dan inti materi yang akan kamu pelajari. Hindari untuk menghfal semua tulisan dalam materi itu. Sehingga, bila selama ini kamu adalah tipe manusia yang belajar hanya memakai ingatan semua halaman buku, segeralah ubah mindset itu, sebab, dalam kebiasaan ini dianggap kurang efektif untuk menghadapi olimpiade.

baca juga : les utbk

Serba-serbi persiapan olimpiade matematika

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik

  1. Sering-sering berlatih

Salah satu tips untuk menghadapi olimpiade matematika dianggap paling baik. Kamu bisa sering mepraktekkannya dengan baik. Makin sering kamu berlatih untuk mengenali tipe soal, maka dijamin akan mempunyai kebiasaan dan pengalaman yang diterima bisa mencari rumus atau jawaban dan memilih jawaban paling tepat daripada soal-soal itu.
Saat kamu rajin untuk mengerjakan soal matematika, tentu kamu akan mulai terbiasa menghadapi tekanan. Selain itu, dengan adanya waktu yang dibatasi tentu akan melatih otak untuk melakukan analisa soal dan menemukan strategi paling tepat.

  1. Menjaga kesehatan fisik

Untuk menghadapi olimpiade matematika tentu kamu harus belajar secara teratur dengan memakai langkah yang dianggap paling efektif. Kamu boleh memperbanyak mengerjakan soal karena sangat penting. Namun, penting untuk memperhatikan kesehatan fisikmu. Kamu harus mengatur waktu istirahatmu, makan dengan teratur dan bernutrisi, serta bila perlu kamu bisa melakukan olahraga dengan ringan dan rutin. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan disik dengan baik.

  1. Motivasi

Memiliki rasa percaya diri secara mental menjadi kunci agar bisa tampil baik untuk menghadapi olimpiade matematika. Maka dari itu, kamu bisa membangun semangat yang optimis mulai dari sekarang. Hindari berpikiran buruk dan selalu upayakan untuk bersantai sejenak.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Ate klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Sampai ketemu di Latis Education

 

Referensi :

 

  1. latisprivat.com

 

  1. danacita.co.id

 



Beri Komentar

wa